18 Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami Cepat Dan Permanen

18 Cara menghilangkan bau badan secara alami cepat dan permanen. Bau badan merupakan masalah paling umum yang dialami oleh banyak orang. bau badan yang menyengat tentu akan mengganggu orang disekitar kita, bahkan ada sampai yang menutup atau menjepit hidung agar mencium bau tak sedap tersebut. Bau badan yang sering dialami seseorang adalah bau ketiak yang menyengat. Untuk mengatasi bau badan tersebut bisa Anda lakukan dengan menggunakan obat penghilang bau badan di apotik. Namun jika Anda tidak menyukai cara tersebut, ada beberapa cara mengatasi bau badan secara cepat dan mudah seperti menggunakan tawas.

Loading...

Cara menghilangkan bau ketiak yang menyengat dengan tawas termasuk cara yang mudah dan efektif. Selain tawas ini, ada beberapa cara alami untuk mengatasi bau badan dan keringat berlebih serta bau ketiak yang menyengat. Namun sebelum kita bahas lebih lanjut, ada baiknya Anda mengetahui penyebab-penyebab bau badan atau bau ketiak yang menyengat. Berikut ini penyebab bau badan atau bau ketiak yang menyengat dan keringat berlebih yaitu:

  • Stres merupakan salah satu penyebab bau badan. Untuk cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih disebabkan oleh sering stres, maka Anda harus mengatasi stres yang dialami. Mengkonsumsi madu dan cokelat yang dipercaya kandungannya bisa memberi efek penenang. Anda juga bisa mengkonsumsi obat antidepresan untuk mengobati stres.
  • Hormon pada setiap orang berbeda-beda. Hormon merupakan salah satu penyebab bau badan dan bau ketiak yang menyengat. Hormon ini muncul saat berusia 10 tahun ke atas. Hormon yang bisa meningkat namun juga bisa menurun. Saat hormon dalam tubuh meningkat, hal ini menyebabkan bau badan tak sedap meningkat juga

Cara menghilangkan bau badan, bau ketiak yang menyengat dan keringat berlebih Secara Cepat

Cara menghilangkan bau badan
Sumber Image: Medical News Today

Sebenarnya bau badan tak sedap bukan merupakan penyakit. Namun bau badan menjadi masalah saat harus berhubungan dengan orang sekitar. Bau yang menyegat akan membuat Anda dijauhi. Hal itu akan menurunkan rasa percaya diri. Bau badan akan tambah parah ketika berkeringat dan menimbulkan masalah lainnya seperti bau ketiak yang menyengat. Cara cara menghilangkan bau badan tak sedap secara alami dan cepat, sebenarnya sangat mudah untuk Anda lakukan.  Berikut ini cara menghilangkan bau badan dan bau ketiak yang menyengat secara alami, yaitu:

1. Mandi

Mandi merupakan cara menghilangkan badan dan bau ketiak yang menyengat secara alami. Seseorang cenderung memiliki masalah bau badan manakala jarang mandi atau mandi tidak teratur setiap hari. Tubuh setiap hari mengeluarkan keringat melalui pori-pori setelah aktivitas. dari keringat tersebut bakteri akan berkembang, jika tidak dibersihkan secara rutin, maka akan timbul bau badan.

Loading...

Mandi merupakan cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih. Lakukan Mandi yang baik yaitu mandi yang dilakukan dua kali sehari. Untuk lebih baiknya gunakan sabun. Sabun untuk menghilangkan bau ketiak yang menyengat, seperti sabun antiseptik atau sabun yang mengandung antibakteri pada kandungannya.

2. Pakai Deodoran Antiperspiran

Deodoran dan antiperspiran sudah banyak diketahui oleh masyarakat khasiatnya ampuh mengatasi bau badan dan  menghilangkan bau ketiak yang menyengat. Fungsi dari kedua produk ini hampir sama. Namun ada perbedaan pada fungsinya, Deodoran berfungsi untuk cara menghilangkan bau badan dan bau ketiak yang menyengat. Sedangkan antiperspiran memiliki fungsi komplit, bisa mengurangi bau badan dan keringat berlebih.

Untuk menghilangkan bau badan tak sedap yang lebih aman, dianjurkan untuk memilih deodoran. Jika Anda memakai antiperspirant, kadang menyebabkan iritasi, peradangan dan biang keringat. Apalagi jika Kulit Anda termasuk kulit sensitif.

3. Ganti pakaian

cara menghilangkan bau ketiak pada baju adalah dengan mengganti pakaian setelah melakukan aktivitas seperti bekerja dan berolahraga. Sebab keringat yang menempel atau yang terserap pada pakaian menyebabkan bau ketiak pada baju. hal itu juga menyebabkan tumbuhnya bakteri dan kuman yang menjadikan bau badan. Dengan teratur mengganti baju atau pakaian setelah beraktivitas merupakan cara menghilangkan bau ketiak pada baju yang ampuh.

4. Olahraga

Cara cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih adalah dengan Olahraga. Olahraga memang banyak manfaatnya untuk tubuh, baik bermanfaat untuk kesehatan dan kebugaran. memang dengan melakukan olahraga akan menyebabkan keringat keluar banyak. Namun dengan berolahraga rutin dapat membuang kuman dan bakteri yang menempel pada tubuh. Lakukan olahraga ringan setiap hari selama 30 menit maka bisa mengatasi bau badan tak sedap Anda.

Cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih Secara Alami dengan Ramuan Obat Tradisional

1. Mentimun

Mentimun merupakan sayur yang banyak manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan. Diantara manfaat mentimun adalah untuk mengatasi mata lelah dan bisa juga menghaluskan kulit wajah. Ternyata timun juga memiliki sifat antibakteri sehingga bisa membantu Anda menghilangkan bau badan. Berikut ini cara menghilangkan bau ketiak yang menyengat dengan mentimun, yaitu:

  • Potong mentimun menjadi beberapa potong.
  • Gosokkan potongan mentimun pada bagian ketiak Anda
  • Lakukan setelah mandi. Selain untuk menghilangkan bau badan, mentimun juga bisa memutihkan ketiak dengan menambahkan madu.

2. Daun Sirih

Daun sirih sejak dahulu dipercaya bermanfaat untuk kesehatan dan pengobatan. Tidak hanya itu saja manfaat daun sirih saat ini digunakan untuk merawat organ kewanitaan. Daun sirih juga bisa membantu Anda untuk mengatasi bau badan. Berikut ini cara menghilangkan bau ketiak yang menyengat dengan daun sirih, yaitu:

  • siapkan beberapa lembar daun sirih dan tumbuk hingga halus.
  • Oleskan tumbukan tersebut ke seluruh tubuh, usahakan menggosok beberapa menit pada bagian ketiak Anda.
  • Diamkan selama 10 sampai 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

Penggunaan obat penghilang bau badan tak sedap dengan teratur maka akan mampu menghilangkan badan dan bau ketiak yang menyengat

Baca juga: Cara Mengatasi Bau badan Secara Alami Dan Cepat

3. Cuka

Bau kecut pada cuka ternyata bisa mengatasi bau badan. rasa asam pada cuka yang menyengat dapat membunuh bakteri yang ada pada keringat berlebih penyebab bau badan. Berikut beberapa langkah menghilangkan bau badan, keringat berlebih dan bau ketiak yang menyengat
dengan cuka, yaitu:

  • teteskan cuka secukupnya pada kapas
  • kemudian oleskan pada ketiak secara merata
  • Anda bisa dengan meneteskan secara langsung pada lipatan-lipatan tubuh yang menimbulkan bau seperti lipatan lutut, lipatan ketiak dan lainnya.
  • hindari pemakaian pada area kewanitaan.

4. Daun Kemangi

Jenis tanaman yang sering digunakan untuk lalapan ini, bisa bermanfaat untuk mengatasi bau badan. Aroma yang wangi dan segar pada tanaman ini berkhasiat menghilangkan bau mulut juga. Kandungan mineral yang bersifat antibakterinya bisa membantu untuk mengatasi bau badan. Berikut ini cara menghilangkan bau badan secara cepat dengan kemangi, yaitu: Anda hanya mengkonsumsi daun kemangi secara rutin. Jadikan daun kemangi sebagai menu makanan atau lalapan setiap Anda makan.

5. Daun Beluntas

Cara menghilangkan bau badan secara cepat selanjutnya dengan menggunakan daun beluntas. Daun ini juga sering digunakan untuk lalapan. dan berikut tips menghilangkan bau badan sudah terbukti dengan daun beluntas, yaitu: Dengan menumbuknya dan mengoleskan secara merata pada tubuh, terutama pada lipatan badan seperti ketiak dan lutut bias bermanfaat untuk mengatasi bau badan.

6. Jeruk Nipis dan Lemon

Sudah tidak asing lagi jeruk nipis dan lemon untuk kesehatan. Selain bermanfaat untuk menghilangkan panu, jeruk nipis dan lemon bisa digunakan untuk mengatasi masalah bau badan. Kedua bahan tersebut memiliki kandungan yang bersifat antibakteri, sehingga bisa membunuh kuman dan bakteri penyebab bau badan. Cara menghilangkan bau badan tak sedap dengan jeruk nipis atau lemon, yaitu:

  • peras 2 buah lemon atau jeruk nipis.
  • Campurkan perasan tersebut dengan kapur sirih hingga menjadi pasta.
  • Oleskan pasta tadi secara merata pada ketiak Anda.
  • Diamkan selama 30 menit sampai 1 jam, kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih.

7. Cengkeh

Cengkeh merupakan bahan herbal yang banyak dipergunakan untuk bahan obat tradisional. kandungan minyak cengkeh bisa membantu Anda mengatasi masuk angin. Tidak hanya itu saja, cengkeh juga bersifat antibakteri yang dapat  mengatasi  bau badan , bau ketiak menyengat dan dan keringat berlebih. Berikut ini cara dan tips menghilangkan bau badan sudah terbukti dengan cengkeh, yaitu:

  • Rendam cengkeh dengan menggunakan air hangat.
  • Kemudian minum air rendaman cengkeh secara rutin 3 kali seminggu.
  • Selain itu, Anda bisa menggunakan rendaman air cengkeh untuk dioleskan pada tubuh untuk hasil yang optimal.

8. Jahe

Di indonesia jahe merupakan salah satu tanaman dengan sejuta manfaat. salah satu manfaat jahe yaitu untuk menghangatkan tubuh. Manfaat jahe juga bisa menyembuhkan masuk angin. Tidak hanya itu saja, jahe bisa membantu untuk mengatasi bau badan tak sedap secara cepat. Dengan cukup membuatnya menjadi minuman atau sering disebut dengan wedang jahe. Berikut ini cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih dengan jahe, yaitu

  • Tumbuk jahe atau keprek jahe
  • kemudian rebus tambahkan gula batu atau madu.
  • Minum wedang jahe secara rutin sekali sehari.
  • Sangat bagus diminum pada malam hari. Dengan begitu, bau badan bisa dihilangkan secara bertahap.

9. Daun jambu Biji

Daun jambu biji bisa membantu menghilangkan bau badan tak sedap. Berikut ini menghilangkan bau badan dan bau ketiak yang menyengat dengan jambu biji, yaitu:

  • Ambil daun jambu biji yang segar beberapa lembar
  • Tumbuk halus tambahkan sedikit air.
  • setelah halus oleskan pada ketiak.

Kandungan antibakteri pada daun jambu biji bisa membunuh bakteri yang menyebabkan bau badan, sehingga bau badan bisa diatasi.

10. Kecombrang

Kecombrang bisa dijadikan obat alami untuk menghilangkan bau badan. Caranya cukup dengan menggunakan bunga kecombrang yang terkenal kandungan dan senyawa antibakteri dan senyawanya bisa membuat ketiak harum.  Cara cara menghilangkan bau ketiak yang menyengat dan bau badan tak sedap yaitu: Oleskan bunga kecombrang pada ketiak secara merata dan lipatan badan. Hal ini akan membantu Anda mengatasi bau badan Anda secara cepat.

11. Temulawak

Kandungan saponin, minyak atsiri dan flavonoid pada temulawak sangat baik untuk mengatasi bau badan. Anda bisa menggunakan dua cara menghilangkan bau badan dengan temulawak secara cepat yaitu:

  • Cara pertama minum rebusan temulawak seperti minum rebusan pada jahe.
  • Cara kedua yaitu dengan membuatnya lembut, parut temulawak kemudian balurkan ke seluruh tubuh tunggu hingga kering. Kemudian basuh dengan air hingga bersih.

12. Baking Soda

Baking soda bisa mengatasi bau badan. baking soda membantu mengurangi  bau badan dan keringat berlebih . Cara menghilangkan bau badan tak sedap dengan baking soda yaitu, oleskan baking soda di bagian ketiak dan kaki untuk mengurangi keringat.

13. Tawas

cara menghilangkan bau ketiak dengan tawas cukup mudah yaitu dengan mengoleskannya pada ketiak Anda. Dengan pemakaian rutin tawas berguna mengurangi bau ketiak yang menyengat dan bau badan tak sedap berlebihan.

Tips dan Cara menghilangkan Bau Badan Sudah Terbukti Ampuh

Selain menggunakan cara tersebut diatas, Anda bisa melakukan tips tambahan untuk hasil yang maksimal hasilnya. Berikut adalah tips mengatasi bau badan tak sedap, yaitu:

Jauhi Makanan Penyebab Bau Badan

Cara menghilangkan bau badan tak sedap secara cepat Anda perlu memperhatikan terlebih dahulu makanan yang dikonsumsi. Penyebab bau badan selain stres, hormon dan bakteri, bau badan dan keringat berlebih serta bau ketiak yang menyengat juga disebabkan dari makanan yang dikonsumsi. Maka untuk cara menghilangkan bau badan secara cepat alami, sebaiknya Anda hindari makanan penyebab bau badan, yaitu:

  • Rempah-rempah yang biasa digunakan untuk bumbu masak yang menjadikan masakan sedap dan memiliki citarasa yang enak. Namun ada beberapa rempah-rempah yang bisa menyebabkan bau badan dan bau ketiak yang menyengat, antara lain bawang merah, bawang putih, terasi dan bumbu kari. Maka dari itu, sebaiknya Anda menghindarinya untuk mencegah bau badan tak sedap.
  • Daging merah tidak hanya sulit dalam proses mencernanya, daging merah juga menjadi penyebab bau badan tak sedap.
  • Kafein dan alkohol. Kopi merupakan minuman yang memiliki banyak peminatnya, manfaat kopi hitam jika diminum pada pagi hari dapat menenangkan pikiran dan membuat semangat. Namun kopi termasuk penyebab bau badan. Selain kopi, alkohol juga jenis minuman yang menjadi pemicu timbulnya bau badan.
  • Junkfood. makanan cepat saji banyak sisi negatifnya untuk kesehatan. Diantara bahaya junkfood salah satu penyebab penyakit jantung, junk food juga bisa menyebabkan bau badan.
  • Tembakau. Rokok merupakan salah satu penyebab bau badan. Pemicu utamanya adalah bahan kimia pada rokok. Sebaiknya berhenti merokok hal itu akan menghindarkan dari bau badan.

Demikianlah cara menghilangkan bau badan secara alami cepat dan permanen, semoga bermanfaat dan salam sehat!!

Baca juga: 4 Tips Sederhana Cara Menghilangkan Masalah Bau Badan

 

Loading...

Leave a Comment