3 Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar Secara Alami dan Mudah

Cara mengatasi susah buang air besar secara alami dan mudah. Sulit buang air besar merupakan masalah kesehatan yang umumnya disebabkan oleh kurang mengkonsumsi serat. Susah AB disebut juga dengan istilah sembelit. Apa itu sembelit?. Sembelit adalah keadaan dimana seseorang mengalami susah buang air besar (BAB) yang disebabkan oleh adanya pengerasan, penumpukan dan penyumbatan feses yang mengeras sehingga susah untuk dikeluarkan lewat anus. Buang air besar yang normal adalah 2 kali dalam sehari tanpa mengalami kesulitan. jika  BAB hanya 1 kali saja dalam sehari,  itu bisa menjadi tanda mengalami buang air besar yang tidak lancar.

Loading...

Banyak cara mengatasi susah buang air besar tersebut, mulai dari mengkonsumsi obat melancarkan BAB di apotik. Jenis obat untuk mengatasi susah BAB yang banyak digunakan adalah obat susah buang air besar dulcolax, microlax dan lainnya. Nah bagi Anda sedang mengalami buang air besar keras dan ingin menggunakan cara alami, Anda bisa membuat sendiri obat alami susah buang air besar yang ampuh mengobatinya. Untuk lebih jelasnya tentang bagaimana cara mengatasi susah buang air besar secara alami tersebut simak ulasannya di bawah ini.

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar dan Penyebabnya

Sembelit atau susah BAB merupakan bahasa tubuh yang menandai bahwa sedang terjadi ketidakseimbangan bakteri positif dalam tubuh dan memberitahukan bahwa pola hidup dan pola makan Anda yang tidak sehat. Penyebab susah buang air besar tidak hanya dikarenakan kurang serat saja. Banyak hal yang menjadi faktor yang menjadikan buang air besar keras tersebut. Sebelum kita bahas cara mengatasi susah buang air besar, ada baiknya mengetahui juga beberapa penyebabnya. Berikut ini penyebab susah buang air besar, antara lain:

  • Makanan dengan gizi tidak seimbang
  • Kekurangan serat dan sedikit mengandung Enzim
  • Kekurangan konsumsi Air putih ( minimal 2 liter sehari)
  • Ketidakseimbangan fikiran
  • Kurang  berolahraga
  • Efeksamping obat tertentu
  • Kelainan Anatomi sistem pencernaan

Biasanya buang air besar keras ditandai oleh beberapa gejala, diantaranya perut terasa penuh atau bengah, bau badan dan mulut, anus terasa penuh dan harus mengejan keras ketika BAB, dan rambut menjadi kering. Selain itu, Gejala susah buang air besar dapat dirasakan buang angin sesudah makan, kurang nafsu makan dan kuku menjadi mudah patah. Berikut ini cara mengatasi susah buang air besar secara alami, adalah sebagai berikut:

Mengkonsumsi buah secara langsung atau membuatnya menjadi minuman jus ternyata bisa dijadikan cara mengatasi susah buang air besar yang ampuh dan cepat. Buah memiliki serat yang tinggi selain pada sayuran, dengan membuatnya menjadi jus maka bisa dimanfaatkan untuk obat alami susah buang air besar. Diantara jenis buah obat susah BAB yaitu buah pepaya, avokad (alpukat) dan stroberi. Dengan menggabungkan 3 jenis buah tersebut menjadi jus maka akan mengobati sulit BAB dengan cepat. Berikut ini cara membuat jus obat susah buang air besar pada orang dewasa dan anak-anak, yaitu:

Loading...
  • Siapkan 200 gram Pepaya, 200 gram avokad, 150 gram stroberi
  • Campur semua bahan, haluskan dalam blender lalu siap untuk diminum.
  • Minum obat susah buang air besar pada orang dewasa alami ini 1 kali sehari selama mengalami  susah buang air besar maka akan mengatasinya dengan cepat.

Baca juga: 7 Cara mengobati  Susah Buang Air Besar Pada Anak Bayi dan Balita yang Aman

1. Makan Pepaya

cara mengatasi susah buang air besar

Buah pepaya merupakan jenis buah untuk susah buang air besar yang mujarab. Pepaya mengandung vitamin A, B1, B2, C, dan E, niasin, fosfor, magnesium,zat besi, kalium, kalsium dan seng yang sangat baik untuk pencernaan. Kandungan zat-zat tersebut dapat melancarkan buang air besar, selain itu pepaya juga bisa untuk mengatasi demam dan membersihkan kelebihan lendir dari dalam tubuh. Cara mengatasi susah buang air besar dengan pepaya yaitu dengan memakannya selama mengalami sembelit atau membuatnya menjadi jus dengan campuran madu dan buah lainnya.

2. Minum Jus Alpukat

cara mengatasi susah buang air besar

Avokad atau alpukat juga menjadi salah satu buah untuk susah buang air besar yang dengan cepat mengatasinya. Buah alpukat mengandung lemak nabati, karbohidrat, serat, protein, vitamin A, B1, B2,vitamin C, vitamin E, niasin dan kalsium,Kandungan lainnya adalah zat besi, fosfor, kalium, betakaroten, lesitin, asam oleat, asam linoleat dan asam pantotenat. zat-zat pada avokad sangat baik melancarkan pencernaan dan bisa juga membantu mengobati luka lambung dan usus besar Anda, jika Anda maag, makan buah avokad bisa mengatasinya. Cara mengatasi susah buang air besar dengan alpukat yaitu dengan membuatnya menjadi jus dengan tambahan bahan lain seperti pepaya dan lainnya.

Baca juga: 4 Obat Tradisional Susah Buang Air Besar Yang Ampuh dan Alami

3. Makan Stroberi

cara mengatasi susah buang air besar

Cara mengatasi susah buang air besar selanjutnya dengan memanfaatkan buah untuk susah BAB lainnya yaitu stroberi. Stroberi merupakan obat susah buang air besar pada orang dewasa yang alami. Dan buah merah ini bisa juga untuk obat bab anak-anak. Karena buah stroberi  mengandung serat tetapi tetap rendah kalori, serat berguna Mengatasi  sembelit. Selain penuh serat stroberi juga kaya akan antioksidan yang membantu Anda mengeluarkan racun dalam tubuh. Cara menyembuhkan susah BAB dengan stroberi sangat mudah yaitu dengan memakannya secara langsung atau membuatnya menjadi jus dan jadikan minuman selama buang air besar keras.

Sebagai tambahan informasi tentang cara mengatasi susah buang air besar. Disamping mengkonsumsi buah untuk sulit BAB tersebut, Anda juga harus mengimbanginya dengan banyak minum air putih. Tips melancarkan buang air besar adalah usahakan minum air putih 2 liter dan makan banyak sayuran hijau. Penanganan sembelit tersebut sebaiknya dilakukan sesegera mungkin. Sebab jika dibiarkan maka bisa menyebabkan berbagai penyakit, seperti infeksi pencernaan, wasir dan kanker usus. Dan dalam jangka panjangnya akan menyebabkan penyakit  seperti  diabetes, kanker dan jantung koroner.

Baca juga: Cara Mengobati Susah Buang Air Besar Secara Alami

Loading...

Leave a Comment