Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna, Manfaat dan Kandungan Gizinya

Manfaat makanan 4 sehat 5 sempurna dan kandungan gizinya . Pengertian makanan 4 sehat 5 sempurna adalah konsep menu makanan sehat pagi siang malam yang dikampanyekan oleh pemerintah dalam hal ini dinas kesehatan sejak tahun 1955. Dalam konsep 4 sehat 5 sempurna, makanan sehat adalah makanan yang mengandung 4 sumber nutrisi, yaitu makanan pokok, lauk pauk , sayur-sayuran, buah-buahan dan disempurnakan dengan 5 sempurna dengan susu. Tentu Anda tidak asing lagi dengan sebutan makanan 4 sehat 5 sempurna ini, Bahkan ada lagu 4 sehat 5 sempurna sempat tenar pada waktu  dan banyak dihapal syairnya oleh anak-anak sekolah.

Loading...

Makanan 4 sehat 5 sempurna merupakan istilah yang paling melekat kuat pada ingatan, khususnya pada waktu bersekolah di era 80-an ke bawah. Pada pelajaran kesehatan jasmani guru mengajarkan tentang pentingnya asupan makanan untuk kesehatan tubuh kita, yang disebut dengan makanan 4 sehat 5 sempurna. Namun sekarang  nama 4 sehat 5 sempurna seakan mulai hilang mulai dari generasi era 90 an hingga kini, sebagian besar belum mengerti apa itu 4 sehat 5 sempurna. Makanan  bisa disebut 4 sehat 5 sempurna, jika mengandung beberapa nutrisi yang penting dibutuhkan oleh tubuh. Seperti karbohidrat, protein dan vitamin. Untuk memenuhi gizi seimbang inilah maka setiap hari Anda membutuhkan makanan 4 sehat 5 sempurna.

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Dan Kandungan Gizinya

Makanan yang mengandung  gizi yang seimbang  adalah nasi, sayuran, daging, ikan, buah-buahan dan yang terakhir susu. Nasi merupakan sumber karbohidrat, lauk pauk sebagai sumber protein, sayuran adalah sumber mineral dan buah adalah sumber vitamin. Jika Anda rutin dan teratur mengkonsumsi makanan ini maka tubuh Anda akan menjadi lebih sehat. Selain itu, bisa membantu Anda menjaga kesehatan tubuh sehingga tidak mudah sakit. Tidak hanya itu saja, makanan 4 sehat 5 sempurna berguna untuk meningkatkan kesehatan.  Perlu juga melakukan olahraga yang teratur  dan dibarengi dengan asupan air putih minimal 8 sampai 9 gelas per harinya. Untuk lebih jelasnya, akan dibahas secara detailnya di bawah ini.

1. Makanan Pokok Sumber Karbohidrat (Sehat)

Makanan pokok adalah makanan yang berguna sebagai sumber energi atau tenaga bagi tubuh yang mendukung aktivitas sehari-hari. Beberapa contoh makanan pokok antara lain, Nasi, jagung, sagu, singkong, kentang atau umbi-umbian dan gandum. Dari semua makanan pokok tersebut mengandung karbohidrat. Berikut ini nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Loading...
4 sehat 5 sempurna
Makanan 4 Sehat 5 Sempurna, Manfaat dan Kandungan Gizinya | Sumber Gambar : Alodokter.com
  • Kandungan Gizi Makanan Pokok. Nasi merupakan sumber karbohidrat bagi tubuh. Ia mengandung juga gula yang berguna sebagai sumber energi bagi tubuh. Mengonsumsi nasi sebaiknya tidak dilakukan setiap Anda makan. Anda bisa mengganti beras putih dengan beras merah yang memiliki banyak serat dibanding dengan beras putih.

2. Lauk Pauk Sumber Protein (Sehat)

Lauk pauk merupakan makanan yang berfungsi sebagai pemenuhan zat pembangun dalam tubuh. Yang termasuk makanan lauk pauk adalah tahu, tempe, telur, ikan, daging dan lain sebagainya.

3. Sayuran Sumber Mineral (Sehat)

Sayuran merupakan zat pengatur tumbuh untuk tubuh. Kandungan mineralnya akan membantu tubuh dalam tumbuh kembangnya. Contoh jenis sayuran antara lain bayam, tomat, kacang panjang, terong, sawi dan lain sebagainya.

4. Buah-Buahan Sumber vitamin (Sehat)

Buah merupakan sumber vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Mengkonsumsi banyak buah-buahan sangat baik bagi tubuh sebagai pemenuhan vitaminnya. Contoh jenis buah-buahan ini yaitu, buah apel. anggur, jeruk, duren dan masih banyak lagi.

5. Susu Sumber Protein (Sempurna)

Terakhir adalah susu sebagai penyempurna. meskipun tidak ada anjuran untuk mengonsumsi susu namun susu sebagai penyempurna dari jenis makanan-makanan yang termasuk makanan sehat di atas.

Demikian tadi kandungan makanan 4 sehat 5 sempurna yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan kita

Baca juga: Bahaya Makanan Junk Food dan Kandungannya Bagi Kesehatan

Manfaat Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

1. Manfaat  Makanan Pokok (beras putih atau beras merah)

  • Menambah energi atau tenaga
  • Mengenyangkan
  • Meningkatkan produksi insulin dalam tubuh.
  • Menjaga keseimbangan hormon dan memproduksi sel DNA dan mengendalikan kolesterol jahat.

2. Manfaat Lauk Pauk (ikan, ayam, tahu, tempe dan telur)

  • Membantu perkembangan Otak
  • Memperkuat jaringan otot dan mengatur keasaman PH tubuh

3. Sayuran (wortel, brokoli, kacang panjang, bayam dan lainnya)

  • Menyehatkan tulang
  • Mencegah kanker
  • Menyehatkan kulit dan rambut
  • Menurunkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan metabolisme tubuh
  • Meningkatkan kesehatan organ pencernaan
  • Memudahkan BAB
  • Sumber serat
  • Mengatasi wasir dan sembelit

4. Buah-buahan (Apel, jeruk, anggur, pisang dan lainnya)

  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Meningkatkan kesehatan mata
  • Menyehatkan organ pencernaan
  • Melawan radikal bebas
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Mencegah peradangan
  • Mencegah kanker dan radikal bebas

5. Susu (susu almond, susu kedelai, susu kambing dan susu sapi)

  • Mencegah Alergi
  • Memenuhi kebutuhan lemak tak jenuh
  • Menambah energi
  • Mengurangi stres

Itulah manfaat makanan 4 sehat 5 sempurna untuk tubuh kita. Maka penting sekali untuk mengonsumsinya.

Fakta Tentang Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Pedoman asupan gizi seimbang rupanya ada perubahan, yang semula 4 sehat 5 sempurna kini lebih baik lagi dengan metode makan aneka ragam. Terlebih lagi pada anak-anak yang sedang membutuhkan banyak asupan nutrisi tepat untuk kebutuhan sehari-hari.

Dr. Endang L. Achadi, MPH, Dr. PH, ketua Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI) mengatakan bahwasanya makanan aneka ragam lebih baik dari pedoman gizi lama atau 4 sehat 5 sempurna.

Sekarang pemerintah, khususnya kemenkes mencanangkan pedoman gizi seimbang dengan sebutan ‘Piring makanku‘ pada 20 desember 2016. Piring makanku merupakan pedoman gizi seimbang yang terdiri dari asupan nutrisi dalam satu porsi makan seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Satu porsi makan dalam metode piring makanku terdiri dari separuh karbohidrat dan lauk (lemak dan protein). Kemudian separuh lagi ditambahkan sayur dan buah-buahan. Namun usahakan perbanyak sayur dan buah-buahannya.

Selain itu. Ia mengatakan bahwa pola makan 4 sehat 5 sempurna sudah tidak lagi ideal bagi asupan gizi yang tepat. Pasalnya, Nutrisi yang terkandung pada susu sebenarnya bisa tergantikan oleh pola makan aneka ragam tersebut. Hal ini bukan berarti mengonsumsi susu tidak diperlukan lagi atau tidak sehat. Susu merupakan sumber protein yang sebenarnya bisa di dapatkan pada lauk pauk, seperti ikan, telur, ayam, daging dan lainnya.

Susu yang berlebel sempurna dalam sebutan makanan 4 sehat 5 sempurna kini sudah tidak lagi dipakai lagi. Hal ini karena telah digantikan oleh gizi seimbang. hal ini karena tidak mengkonsumsi pada menu 4 sehat 5 sempurna tidak menjadi masalah. Karena peranan susu bisa digantikan oleh peranan lauk pauknya.

Dengan hal ini, maka metode 4 sehat 5 sempurna sudah digantikan dengan metode yang lebih baik yaitu Piring Makanku. Metode ini diyakini lebih baik karena mengutamakan keseimbangan gizi, yang mana tidak mengikut sertakan susu dalam metode makanan sehat. Peran susu tak dibutuhkan lagi karena sudah diwakili peran dari lauk pauk.

Memang benar adanya. Asupan protein yang ada pada susu itu sama dengan protein yang terkandung pada lauk pauk. Sebagai penguat fakta ini. Protein bisa diperoleh dari dua sumber yaitu protein nabati dan hewani. Protein nabati sudah ada pada tempe, tahu dan kacang-kacangan. Sedangkan protein hewani juga sudah terdapat pada telur, daging dan ayam. Dalam pemenuhan keseimbangan ini harus memperhatikan kadarnya. Untuk karbohidrat dan kandungan lemak yang mengandung manis-manis disarankan untuk dikurangi

Demikianlah pembahasan tentang Makanan 4 Sehat 5 Sempurna, Manfaat dan Kandungan Gizinya. Ditambah tentang informasi terbaru tentang keseimbangan gizi dengan metode piring makanku. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Seperti Apakah Sih,Makanan Sehat Menurut Pandangan Islam

 

Loading...

Leave a comment