Menurunkan berat badan

5 Cara Menurunkan Berat Badan Untuk Ibu Menyusui yang Aman dan Mudah

Cara menurunkan berat badan untuk ibu menyusui yang aman. Mengalami Perubahan bentuk tubuh dan naiknya berat badan adalah normal dialami wanita setelah persalinan.  Bahkan masalah berat badan menjadi topik obrolan oleh  sejumlah wanita setelah melahirkan. Mereka menginginkan bentuk badan kembali normal dan dapat mengurangi berat badannya. Ternyata untuk mengurangi berat badan setelah melahirkan khususnya saat menyusui bisa dilakukan dengan aman.

Loading...

Ada banyak cara menurunkan berat badan untuk ibu menyusui diantaranya dengan diet mayo atau mengkonsumsi obat diet untuk ibu menyusui dan lainnya. Selain itu, ibu menyusui bisa menerapkan cara mengurangi berat badan dan cepat kurus dengan melakukan beberapa langkah mudah seperti olahraga untuk ibu menyusui. Supaya lebih jelasnya tentang bagaimana cara menurunkan berat badan untuk ibu menyusui dan cepat kurus?. simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Menurunkan Berat Badan Untuk Ibu Menyusui

cara menurunkan berat badan untuk ibu menyusui

Kebanyakan ibu menyusui khawatir dengan keinginannya untuk menurunkan berat badan. Mereka takut terjadi sesuatu yang buruk akan terjadi pada dirinya dan bayinya. Seperti halnya ingin melakukan diet saat menyusui. Namun sebenarnya ada beberapa langkah cara menurunkan berat badan untuk ibu menyusui yang aman diantaranya yaitu:

1. Olahraga

Loading...

Salah satu cara menurunkan berat badan untuk ibu menyusui yang ampuh dan cepat yaitu olahraga. Mungkin terdengar aneh atau membuat Anda merasa malas melakukannya. Solusinya untuk menghindari malas berolahraga tersebut bisa dengan memilih jenis olahraga untuk ibu menyusui yang menyenangkan. Ada beberapa jenis olahraga untuk ibu menyusui yang menyenangkan seperti jalan-jalan pagi hari dengan sang buah hati dengan meletakkan bayi pada kereta dorong atau dengan menggendongnya selama 30 menit setiap hari.

Baca juga: Inilah 5 Kebiasaan yang Bikin Turun Berat Badan Terasa Mudah

2. Menyusui

Cara menurunkan berat badan untuk ibu menyusui dan menjadi tips langsing setelah melahirkan yaitu menyusui. Menurut survey bahwa kegiatan menyusui bisa meningkatkan pembakaran kalori 200-600 kalori perhari, seperti yang di lansir Ehow.com. Itu sama dengan pembakaran kalori seperti melakukan renang selama beberapa jam atau satu jam bersepeda. Dengan sering Anda menyusui setiap harinya maka pembakaran kalori akan semakin besar dan berdampak pada penurunan berat badan dan melangsingkan. Hal ini dibuktikan dengan adanya fakta bahwa wanita yang menyusui ASI akan lebih mudah langsing daripada yang memberikan susu botol pada bayinya.

 3. Mengubah kebiasaan makan

Cara menurunkan berat badan untuk ibu menyusui selanjutnya adalah dengan mengubah pola makan. Jika makan banyak menjadi kebiasaan saat hamil dan menyusui maka sebaiknya Anda kurangi porsinya. Lebih baik sering makan dalam jumlah porsi sedikit daripada 3 kali makan dalam jumlah porsi banyak. Disamping itu, Hindari sering ngemil seperti snack, jenis makanan gorengan dan coklat. Ibu menyusui akan mudah lapar maka disarankan untuk segerakan makan jika merasa lapar dengan porsi yang dikurangi dari biasanya.

4. Diet seimbang

Diet seimbang merupakan cara menurunkan berat badan untuk ibu menyusui yang tepat. Diet seimbang ini dilakukan dengan cara mengkonsumsi jenis makanan yang memiliki gizi dan nutrisi berimbang seperti biji-bijian dan sayuran dan beras merah. Beras merah sangat membantu diet Anda karena kandungan karbohidrat komplek, kaya serat dan rendah kalori.

Termasuk jenis makanan diet seimbang yang baik sebagai  cara menurunkan berat badan untuk ibu menyusui adalah mengkonsumsi daging sapi rendah lemak. Diet biasanya menjauhkan daging karena kandungan lemak jenuh pada lemak hewani tapi dengan makan daging yang rendah lemak, Anda masih bisa memakannya. Daging sapi rendah lemak bisa diperoleh dari daging sapi bagian luar yang sedikit kandungan lemaknya. Ini akan membantu Anda dalam pembakaran kalori.

Termasuk cara menurunkan berat badan saat menyusui. Bayam juga termasuk sayuran dengan kandungan serat yang tinggi yang dapat membantu mengurangi berat badan saat menyusui. Bayam  juga mengandung Alphalipoic dan glutathion yang bagus untuk kualitas ASI. Disamping mengkonsumsi bayam untuk dijadikan menu harian, penting juga memperhatikan kecukupan kebutuhan air minum. Biasakan minum 2 liter atau 8 gelas air putih setiap hari. Minum air mineral yang cukup akan meningkatkan proses metabolisme tubuh dan membantu  dalam pembakaran kalori.

5. Tidur

Aktivitas tidur yang berkualitas termasuk cara menurunkan berat badan untuk ibu menyusui yang mudah dilakukan. Memang tidur saat menyusui terasa sulit karena akan sering terjaga khususnya malam hari karena menyusui. Menurut para ahli, Ibu menyusui yang tidur 5 jam lebih sulit menurunkan berat badan dibanding dengan yang bisa tidur 7 jam atau 8 jam. Cara untuk bisa tidur yang cukup saat menyusui yaitu dengan tidur saat bayi tidur.

Sebagai informasi tambahan untuk cara menurunkan berat badan untuk ibu menyusui akan terasa ringan yaitu harus memiliki semangat.  Salah satu cara agar termotivasi mengurangi berat badan adalah menempelkan foto Anda. Tempelkan foto Anda saat keadaan masih berat badan ideal. Tempelkan foto tersebut pada  tempat-tempat yang sering Anda temui, seperti lemari, kulkas  dan lainnya. Hal ini bertujuan supaya Anda selalu melihat dan mendapat motivasi menurunkan berat badan.

Demikianlah pembahasan tentang cara menurunkan berat badan untuk ibu menyusui yang aman. Semoga informasi tadi bisa berguna bagi pembaca semua, khususnya ibu yang sedang menyusui yang ingin mengurangi berat tubuh. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: 5 Merk Teh Hijau yang Bagus Untuk Diet Menurunkan Berat Badan

 

Loading...

Author

Ketika apa yang saya tulis disini memberikan informasi yang bermanfaat, disaat itu impian saya terwujud, ketika apa yang kalian baca disini menjadi inspirasi hidup, saat itu pula harapanku jadi Nyata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *