Akibat Kekurangan dan Kelebihan Vitamin C Bagi Tubuh

Akibat kekurangan dan kelebihan  vitamin c bagi tubuh. Manfaat vitamin C memang membantu meningkatkan kesehatan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit. Manfaat vitamin C juga mampu mencegah terserang berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan kanker. Hal ini karena pada umumnya makanan atau buah sumber vitamin C memiliki kandungan antioksidan yang tinggi juga. Namun selain manfaat vitamin C yang penting dan dibutuhkan oleh tubuh, ternyata kekurangan dan kelebihan vitamin C juga menyebabkan beberapa masalah kesehatan dan penyakit.

Loading...

Akibat kekurangan dan kelebihan vitamin C menyebabkan banyak penyakit yang muncul. Beberapa jenis penyakit yang disebabkan kurang vitamin C antara lain, penyakit jantung, rentan terkena penyakit kanker dan mudah terkena penyakit akibat turunnya daya tahan tubuh, seperti mudah terkena flu atau pilek. Selain penyakit tersebut masih banyak akibat kurang vitamin C dalam tubuh.Untuk lebih jelasnya tentang akibat bahaya atau Akibat kekurangan dan kelebihan vitamin C, maka simak yang berikut ini.

Akibat Kekurangan dan Kelebihan Vitamin C

akibat kekurangan dan kelebihan vitamin C

Dampak  kekurangan vitamin C bagi tubuh bisa memunculkan penyakit pada tubuh. Diantara nama penyakit akibat kekurangan vitamin antara lain, penyakit jantung, kanker, maag kronis, Anemia (kurang darah) dan lainnya. Untuk lebih jelasnya tentang akibat kurang vitamin C Berikut ini  jenis penyakit atau gangguan kesehatan akibat kekurangan vitamin C yaitu:

  • Mudah Sakit atau mudah terkena penyakit
  • Penurunan daya tahan tubuh dan penurunan kemampuan tubuh untuk melawan penyakit.
  • Jika kekurangan vitamin C maka akan menderita Gangguan mood dan gangguan psikologi.
  • Kulit mudah luka atau memar.
  • Terjadinya masalah neurologi otak.
  • Jika kekurangan vitamin C maka akan menderita Anemia.
  • Kerusakan jaringan Jantung.
  • Radang gusi dan kulit kering

Nah, itulah beberapa gangguan kesehatan atau nama penyakit akibat kekurangan vitamin C. Selanjutnya apa dampak dari kelebihan vitamin C bagi tubuh, dan apa saja nama penyakit akibat kelebihan vitamin C?.

Loading...

Baca juga: Daftar Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi dan Manfaatnya

Penyakit Akibat Kelebihan Vitamin C

Tidak hanya saat tubuh kurang asupan vitamin C saja yang mendatangkan masalah. Namun kelebihan vitamin C juga akan menimbulkan masalah penyakit juga. Apa bahayanya kelebihan vitamin C?. Kelebihan dosis vitamin C dalam tubuh dinilai kurang baik dan bahkan berbahaya bagi kesehatan tubuh. Berikut ini macam-macam gangguan kesehatan atau penyakit akibat  kelebihan vitamin C, yaitu:

  • Meningkatkan risiko alergi dan iritasi pada kulit
  • Meningkatkan produksi asam lambung yang mengakibatkan gangguan asam lambung dan maag kronis.
  • Penyerapan vitamin B12 terganggu
  • Meningkatkan kadar asam urat pada kandung kemih dan gangguan kesehatan lainnya.

Cara Mengatasi Kekurangan dan Kelebihan Vitamin C

Dalam mengkonsumsi buah-buahan atau sayuran yang merupakan sumber vitamin C sebaiknya jangan berlebihan. Dan hindari juga dengan mengkonsumsi suplemen vitamin C dengan jumlah yang banyak. Anda bisa aturan minum  pada suplemen vitamin C, Pada umumnya suplemen vitamin C diminum sekali sehari. Nah, untuk mengatasi kelebihan vitamin C maka ikuti aturan minumnya.

Untuk cara  mengatasi kekurangan vitamin C, maka yang harus dilakukan adalah mengkonsumsi makanan baik buah atau sayuran yang mengandung vitamin C. Lakukan asupan vitamin C dengan mengkonsumsinya setiap hari. Agar lebih jelasnya tentang cara menanggulangi kekurangan vitamin C, Berikut ini ini adalah beberapa sumber vitamin C dari jenis sayuran yang bisa Anda konsumsi sebagai menu makanan setiap hari.

Baca juga: Daftar Sayuran yang Mengandung Vitamin C Paling Tinggi dan Terbanyak

Demikianlah pembahasan singkat tentang dampak Kekurangan dan kelebihan vitamin C bagi tubuh dan cara mengatasinya. Semoga informasi ini bermanfaat dan salam sehat!!

Loading...

Leave a Comment