Bahaya Akibat Kekurangan Vitamin D Bagi Tubuh

Bahaya akibat kekurangan vitamin D bagi tubuh. Vitamin D sangat dibutuhkan oleh tubuh. Diantara manfaat vitamin D antara lain bisa memperkuat tulang dan gigi, menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kerja otak dan masih banyak yang lainnya. Vitamin d bisa didapatkan dengan mengkonsumsi makanan baik sayuran atau buah-buahan yang mengandung vitamin D.  Selain makanan, kita bisa memperoleh vitamin D dari sinar matahari pagi. Vitamin d banyak terkandung di dalam sinar matahari, tubuh menyerapnya menggunakan kolesterol dan mengubahnya menjadi vitamin D.

Loading...

Akibat kekurangan vitamin D akan membuat tubuh kesulitan untuk menyerap kalsium yang membantu menjaga kesehatan tulang. Dengan kekurangan vitamin d dapat menyebabkan seseorang menderita penyakit osteoporosis atau kerapuhan tulang. Kerapuhan tulang akibat kurang vitamin D ini bisa terjadi pada orang dewasa bahkan pada anak-anak. Untuk lebih jelasnya tentang dampak bahaya akibat kekurangan vitamin D, simak lebih lenjut dibawah ini.

Akibat Kekurangan Vitamin D Pada Kesehatan Tubuh

akibat kekurangan vitamin d

Kekurangan vitamin D dapat dialami siapa saja, dari mulai anak-anak, orang dewasa bahkan pada ibu hamil. Tidak mencukupi kebutuhan vitamin D dapat menyebabkan tulang menjadi tipis dan rawan patah ketika mengalami benturan. Selain Itu kekurangan vitamin D yang terjadi pada ibu hamil akan membahayakan kesehatan ibu dan janin dalam perkembangan tulangnya. Berikut ini bahaya akibat kekurangan vitamin D, yaitu:

1. Obesitas

Loading...

Kekurangan vitamin d dapat menyebabkan seseorang menderita Obesitas atau kelebihan berat badan. Hal ini karena manfaat vitamin D adalah pelarut lemak di dalam tubuh yang dapat mengurangi timbunan lemak berlebih. Untuk mengatasi kekurangan vitamin D maka hendaknya mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin D atau bisa dengan berjemur pada pagi hari antara jam 8 hingga 10 pagi. Dengan kata lain, akibat kekurangan vitamin D akan menjadikan tubuh gemuk dan kurang sehat.

Baca juga: Daftar Buah yang Mengandung Vitamin D Tinggi dan Manfaatnya

2. Masalah Pencernaan

Akibat kekurangan vitamin D juga penyebab terjadinya masalah dalam sistem pencernaan. Seperti yang disebutkan tadi, manfaat vitamin D yaitu mampu membantu tubuh dalam melarutkan lemak. Artinya kekurangan vitamin d dapat menyebabkan seseorang menderita penyakit atau masalah pada pencernaannya untuk melarutkan lemak dalam tubuh. Memang tidak menjadi penyebab utama masalah pencernaan yang terjadi hanya akibat kekurangan vitamin D saja. Banyak penyebab masalah pencernaan seperti kondisi usus, radang usus atau penyakit chron.

3. Sakit Kepala

Akibat kekurangan vitamin D khususnya dari akibat kurangnya paparan sinar matahari pagi menyebabkan seseorang mudah mengalami sakit kepala. Untuk cara mengatasi kekurangan vitamin D akibat kurang terkena sinar matahari yaitu dengan membiasakan diri berjemur pada pagi hari minimal satu kali dalam seminggu.

4. Kepala Selalu Berkeringat

Kekurangan vitamin d dapat menyebabkan seseorang menderita gangguan kesehatan yaitu kepala berkeringat berlebih. Hal ini juga menandakan bahwa Anda sedang mengalami kekurangan vitamin D. Jika saat ini Anda mengalami kepala yang selalu berkeringat maka cara mengatasinya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D tinggi seperti buah dan sayuran.  Keringat berlebih di kepala akibat kekurangan vitamin D juga terjadi pada bayi yang baru lahir. Namun hal itu menjadi salah satu sebab saja selain iritabilitas neomuskular yang umum terjadi.

5. Kurang Bahagia

Selain kekurangan vitamin D menjadikan seseorang mengalami penyakit, ternyata akibat kurang asupan vitamin D juga menyebabkan seseorang akan merasa muram atau kurang bahagia. Hal ini disebabkan hormon otak atau serotonin yang berhubungan dengan suasana hati kekurangan vitamin D dari paparan sinar matahari. Menurut penelitian Seseorang akan lebih bahagia dengan banyak atau sering terkena sinar matahari pagi dibandingkan yang jarang terkena sinarnya . Matahari pagi  mengandung vitamin d banyak terkandung di dalamnya yang baik untuk kesehatan juga.

Demikianlah pembahasan tentang akibat kekurangan vitamin D bagi tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda semua, dan salam sehat!!

Baca juga: Akibat Kekurangan dan Kelebihan Vitamin C Bagi Tubuh

Loading...

Leave a Comment