8 Penyakit Akibat Kolesterol Tinggi dan Bahayanya Bagi Kesehatan Tubuh

Penyakit akibat kolesterol tinggi dan bahayanya bagi kesehatan tubuh. Masalah kolesterol tinggi berhubungan dengan penyakit kardiovaskular seperti stroke, jantung koroner dan penyakit pembuluh darah perifer. Bahkan kolesterol tinggi bisa menjadi penyebab penyakit hipertensi (tekanan darah tinggi) dan penyakit diabetes. Kolesterol adalah zat lemak yang diproduksi hati dan kemudian disalurkan ke seluruh tubuh. Fungsi kolesterol berguna untuk membuat hormon dan vitamin D serta asam empedu, dengan kata lain peran koleterol penting untuk tubuh kita. Namun Ketika kadar kolesterol tinggi atau diatas batas normal maka menimbulkan masalah kesehatan diantaranya menjadi pemicu risiko terkena penyakit-penyakit mematikan.

Loading...

Penyakit akibat kolesterol tinggi yang umum terjadi dialami adalah stroke dan jantung koroner. Kedua penyakit ini masih menjadi jenis yang paling banyak membunuh penderitanya. Memiliki kolesterol tinggi tidak bisa diketahui dengan melihat ciri-ciri atau tanda gejala yang jelas. jadi untuk cara mengetahui kadar kolesterol tinggi harus melakukan tes darah dan mengukur kandungan kolesterol di dalamnya. Penanganan kolesterol tinggi yang paling efektif adalah dengan mengatur pola makan yang sehat, mengkonsumsi obat-obatan medis atau minum obat tradisional penurun kolesterol dan berolahraga secara teratur. Selain itu menghindari jenis makanan penyebab kolesterol tinggi seperti makanan cepat saji atau junk food.

Jenis Kolesterol

Kolesterol tidak selalu membahayakan kesehatan, dalam kadar yang normal malah akan membantu metabolisme tubuh. Kolesterol sendiri memiliki dua macam yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat. Low Density Lipoprotein (LDL) dan High Density Lipoprotein (HDL). LDL sering disebut dengan kolesterol jahat karena dengan kadarnya yang tinggi akan menyebabkan menumpuk atau menempel pada dinding pembuluh nadi koroner, yang bisa menimbulkan penyempitan dan penyumbatan aliran darah.

LDL atau kolesterol lipoprotein dengan kepadatan rendah adalah kolesterol jahat karena menempel pada dinding pembuluh arteri yang menyebabkan pembuluh arteri tertutup, sedang pada HDL kolesterol atau kolesterol lipoprotein berkepadatan yang rendah disebut juga kolesterol baik. Peran kolesterol baik adalah membawa kembali kolesterol baik ke organ hati untuk diproses lebih lanjut. Akibat kolesterol tinggi jenis HDL akan terlindung dari penyakit jantung, namun orang yang dalam kadar kolesterol HDL dalam kategori sangat baik masih tetap berisiko untuk terkena penyakit jantung.

Loading...

Bahaya kolesterol tinggi, jantung kesulitan untuk memompa darah dan  akhirnya berlanjut pada gejala serangan jantung mendadak. Bila penyumbatan itu terjadi pada otak, maka akan menyebabkan stroke dan kelumpuhan. Untuk lebih jelasnya tentang penyakit akibat kolesterol tinggi dan bahaya, simak pembahasannya di bawah ini.

Penyebab Dan Jenis Penyakit Akibat Kolesterol Tinggi

akibat kolesterol tinggi

Penderita kolesterol umumnya diderita oleh orang yang gemuk. Namun tidak menutup kemungkinan orang kurus pun bisa mengalami kolesterol tinggi, apalagi dengan mengkonsumsi makanan modern yang rendah serat namun kandungan lemak yang tinggi. Dan berikut ini beberapa penyebab kolesterol tinggi  adalah sebagai berikut:

1. Faktor Keturunan

Penyakit Kolesterol bisa disebabkan karena keturunan. Oleh sebab itu, orang kurus atau gemuk baik yang belum pernah menderita kolesterol tinggi atau yang sudah pernah mengalaminya, perlu untuk bisa menjaga pola makanan yang sehat. Hal tersebut untuk menjaga terhindar dari kolesterol tinggi dan beberapa penyakit akibat kolesterol tinggi tersebut.  Dengan mengurangi makanan seperti gorengan atau berminyak dan memperbanyak konsumsi makanan berserat, seperti konsumsi buah dan sayur.

2. Faktor Makanan

Kolesterol merupakan susunan dari banyak zat, termasuk trigliserida, LDL kolesterol dan HDL kolesterol. Trigliserida merupakan lemak darah yang cenderung naik seiring dengan konsumsi alkohol, peningkatan berat badan, diet tinggi gula atau lemak serta gaya hidup. Peningkatan trigliserida akan menambah risiko terkena penyakit akibat kolesterol tinggi seperti penyakit jantung dan stroke. Mereka yang mempunyai trigliserida tinggi juga akan mengalami gangguan dalam tekanan darah dan risiko diabetes.

Baca juga: Daftar Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi dan Bahayanya

Kadar kolesterol yang tinggi perlu kita waspadai, karena menjadi cikal bakal proses penyumbatan pembuluh darah, terlebih lagi jika dalam keadaan yang meninggi, maka akan berisiko terhadap penyakit yang mematikan. Berikut ini penyakit-penyakit akibat kolesterol tinggi, adalah:

1. Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner adalah termasuk penyakit akibat kolesterol tinggi. dalam keadaan kadar kolesterol yang tinggi maka akan menjadikan penumpukan kolesterol tersebut di dalam pembuluh darah arteri. Semakin lama semakin tebal penumpukan tersebut dan mengeras atau menjadi plak dalam arteri. Sehingga pembuluh darah arteri menjadi keras sehingga menjadi sempit dan menghambat laju aliran darah ke jantung. Biasanya yang terjadi adalah nyeri pada dada bahkan serangan jantung karena terjadi penyumbatan total.

Baca juga: 13 Buah dan Makanan Penurun Kolesterol Tinggi Paling Ampuh

2. Stroke

Penyakit akibat kolesterol tinggi yang mematikan selanjutnya adalah penyakit stroke. Stroke terjadi jika pasokan darah berkurang atau tersumbat di otak dan mengakibatkan pembuluh otak pecah. Sehingga dengan pecahnya pembuluh darah otak oksigen dan nutrisi penting otak tidak terpenuhi sehingga menjadikan fungsi otak mati dan kelumpuhan. Pada umumnya kasus stroke yang dialami akibat kolesterol yang tinggi yaitu kelumpuhan pada sebagian tubuh, baik bagian kiri atau bagian kanannya.

3. Tekanan Darah Tinggi

Darah tinggi atau sering disebut dengan hipertensi merupakan jenis penyakit akibat kolesterol tinggi. Pada kasus ini pembuluh darah arteri mengalami timbunan kolesterol yang keras sehingga jantung bekerja berat untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Akibatnya, tekanan darah menjadi tinggi dan kerja jantung berdegup kencang dari normalnya.

4. Diabetes Melitus

Penyakit diabetes juga termasuk jenis penyakit akibat kolesterol tinggi. Dalam hal ini jenis diabetes tipe 2. Diabetes tersebut ternyata bisa mempengaruhi tingkat kolesterol dalam darah, Bahkan saat kadar gula tinggi maka akan bertambah parah dengan meningkatnya trigliserida yang tinggi pula.

5. Penyakit Pembuluh Darah Perifer

Jenis penyakit akibat kolesterol tinggi selanjutnya yaitu penyakit pembuluh darah perifer (PAD). Pada penyakit ini mirip dengan penyakit kolesterol lainnya yaitu terjadi penumpukan kolesterol pada pembuluh darah arteri. Timbunan lemak tersebut semakin banyak dan mengeras membentuk plak pada pembuluh darah. Pada kasus pembuluh darah perifer penumpukan yang sering terjadi pada pembuluh arteri yang mengarah ke bagian kaki.

6. Impotensi atau Disfungsi Ereksi (DE)

Penyakit ini juga termasuk akibat kolesterol tinggi. Pembuluh darah pada Mr.P termasuk pembuluh darah kecil dibandingkan dengan pembuluh darah yang lainnya. Dengan mengalami DE tersebut merupakan sinyal terjadinya penyempitan dan penumpukan lemak kolesterol pada pembuluh darah pada arteri.

7. Batu Empedu

Penyakit akibat kolesterol tinggi lainnya adalah terjadinya gangguan pada sistem pencernaan. Kadar kolesterol yang tinggi membuat empedu menjadi kurang sehat dan menjadikan ketidakseimbangan fungsi empedu tersebut. Sehingga pada keadaan tersebut batu empedu akan terpenuhi dengan timbunan kolesterol atau disebut batu kolesterol.

8. Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan bisa masuk jenis penyakit akibat kolesterol tinggi. Pada saat pembuluh darah arteri tersumbat oleh timbunan plak yang mengeras maka akan menghambat suplai darah ke lambung dan ginjal. Sehingga yang terjadi adalah rasa perut sakit, mual, muntah dan feses berdarah. Dan bila terjadi penyumbatan pada pembuluh arteri usus bisa menyebabkan sindrom iskemik usus.

Demikianlah ulasan tentang penyakit-penyakit akibat kolesterol tinggi. Semoga informasi di atas bisa berguna menambah wawasan Anda tentang kolesterol. Salam sehat!!

Baca juga: 8 Cara Mengendalikan Kolesterol Dalam Tubuh yang Ampuh Secara Alami

Loading...

Leave a Comment