Anak Susah Makan, Apa Penyebab dan Cara Mengatasinya

Anak susah makan, Apa penyebab dan cara mengatasinya. Kenapa anak susah makan? Mungkin inilah yang menjadi pertanyaan para orangtua saat anaknya tidak mau makan, yang menjadikan bingung dan was-was. Ketika anak kecil dalam usia 1 hingga 10 bulan sangat mudah dan lahap sekali mengonsumsi ASI maupun olahan makanan lunak. Ketika mendapati anak anak susah makan, maka orangtua wajib mencari tahu penyebab kenapa anaknya susah untuk makan. Pada umumnya anak anak susah makan ini terjadi setelah si anak mulai berusia 11 sampai 12 bulan ke atas.

Loading...

Ada dua faktor utama anak mengalami susah makan, yaitu faktor fisik dan faktor psikis. Faktor fisik biasanya terjadi karena si anak sedang mengalami gangguan kesehatan fisik mereka, seperti gangguan sakit gigi, gangguan pencernaan dan infeksi pada tubuhnya. Faktor psikis yang menyebabkan anak susah makan yaitu berkurangnya nafsu makan, kurang selera dengan menu masakan atau bosan dengan menu makanannya. Untuk lebih jelasnya tentang penyebab umum yang menyebabkan anak susah untuk makan, simak berikut ini.

Penyebab Anak Susah Makan

anak susah makan
Anak Susah Makan, Apa Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kehilangan Nafsu Makan

Seperti yang disebutkan diatas bahwa penyebab anak susah makan yaitu kehilangan nafsu makan mereka. Berdasarkan penelitian, hal ini disebabkan oleh faktor kecil yang dialami oleh anak khususnya saat usia bayi. Pada kondisi yang demikian, biasanya bayi cenderung akan menyemburkan makanan atau hanya mengemutnya saja tanpa menelan. Hal ini wajar dialami, namun perlu adanya makanan pendamping yang diasupnya. Namun hal ini relatif, tidak semua bayi mengalaminya.

Rasa Keingintahuan yang Besar

Loading...

Selain kurang nafsu makan, penyebab anak mengalami susah makan adalah rasa ingin tahu mereka yang besar. Fase perkembangan anak maka akan memicu si anak ingin lebih mengetahui dunia luar. Sehingga kadang rasa keingintahuannya ini mengalahkan makan mereka. Cara mengatasinya jika anak bosan makan dengan disuapi maka Anda harus membiarkan mereka makan sendiri. Sebab dalam tahapan tumbuh kembang, anak cenderung menginginkan hal-hal baru untuk dilakukannya.

Tahap Tumbuh Gigi

Saat mengalami tumbuh gigi bisa menjadi penyebab anak susah makan yang paling umum terjadi. Untuk mengatasinya, dianjurkan untuk ibu mengganti menu makanan yang sedikit kasar dengan makanan-makanan yang bertekstur lembut.

Mengalami Flu dan Pilek

Penyebab fisik yang membuat anak susah makan lainnya adalah saat anak mengalami masalah kesehatan yaitu flu atau pilek. Penyebab anak susah makan ini dikarenakan oleh tubuh yang tidak stabil dalam artian anak sedang tidak enak badan. Untuk jangka pendek atau singkat hal ini tidak akan menimbulkan dampak yang berarti, namun jika terlalu lama maka akan berbahaya. Cara mengatasinya adalah dengan cara menyembuhkan flu atau pilek anak secepatnya, dan memberikan menu makanan hangat seperti sup untuk meringankan pilek anak.

Makan Cemilan

Penyebab yang sering dialami yang membuat anak susah makan yaitu anak sudah kenyang dengan makanan cemilan. Dalam hal ini perlu ibu memperhatikan cemilan yang sehat anaknya. Apakah mengandung asupan cukup gizi atau tidak. Jika tidak memenuhi asupan gizi yang baik pada makanan cemilan tersebut, maka sebaiknya bisa membuat jadwal antara makan biasa dengan ngemil mereka.

Makan Manis Sebelum Makan

Baca juga: Tips Cara Supaya Anak Cepat Gemuk

Anak kecil sangat suka makan makanan yang manis, hal ini bisa menyebabkan mereka susah makan. Apalagi makan manis seperti permen sebelum makan. Penyebab susah makan anak ini, sangat umum terjadi. Makan manis ini akan memberi efek kenyang yang sesaat, sehingga mereka enggan untuk makan setelah memakan makanan manis seperti permen tadi. Cara mengatasinya, ibu sebagai orangtua harus pintar menjadwalkan anak kapan boleh makan manis seperti es krim misalnya, dan kapan harus makan utama. Sebaiknya Anda memperbolehkan makan manis setelah anak makan makanan utama harian mereka.

Cara Mengatasi Anak Susah Makan yang Ampuh Dilakukan

Ada beberapa hal yang penting dan harus Anda lakukan untuk mengatasi saat anak susah untuk makan. beberapa tips sederhana ini akan membantu selera makan anak meningkat dan lahap saat makan, yaitu:

Jadikan Saat Makan Seperti Bermain

Terapi bermain ini sangat ampuh untuk mengatasi anak susah makan. pada usia balita anak akan cenderung menyukai permainan dalam aktifitas apa pun, bahkan pada waktu makan mereka. Dengan mengajak bermain maka anak akan merasa senang dan antusias untuk menikmati makananannya yang dibarengi aktifitas bermain mereka. Ajak mereka melakukan sesuatu permainan saat Anda menyuapinya. Buatlah suasana makan si anak lebih ceria dan menyenangkan saat makan mereka.

Mengajarkan Perilaku Makan yang Baik dan Teratur

Jadwalkan jam makan anak secara teratur, dan berikan menu makanan yang bervariasi setiap harinya. Hal ini akan membuat Anak merasa nyaman dan menyukainya. Dengan mengatur waktu dan menu makanan maka si anak akan belajar perilaku makan yang baik dan teratur. Anak akan mulai belajar dan mengerti bahwa dia harus makan pada jam tertentu dan makan yang tidak membosankan mereka. Ajarkan mereka tentang sesuatu yang di makannya itu baik, dan apa manfaat buat tubuhnya jika dia makan tepat waktu.

Berikan Cemilan yang Sehat

Untuk mengatasi susah makan anak bisa dilakukan dengan memberinya cemilan yang sehat. Cemilan yang mengandung gizi seimbang dan baik untuk tubuh mereka. Hal ini akan menggantikan makanan utama. Meskipun anak sedang susah untuk makan tapi tetap memakan cemilan yang disukai dan menyukupi gizi mereka maka tidak akan mempengaruhi kesehatan dan tumbuh kembangnya nanti. Beberapa cemilan sehat yang bisa Anda berikan misalnya, bola kentang isi wortel dan daging atau Roti isi daging dan sayuran dan lain sebagainya.

Berikan Hadiah

Saat anak susah makan, maka cara mengatasinya bisa dilakukan dengan memberinya hadiah. Hadiah ini diberikan dengan syarat mereka mau untuk makan. Berikan hadiah yang ia sukai atau yang ingin dia punyai. Untuk lebih bijaknya, berilah hadiah yang mendidik mereka seperti mainan yang untuk berhitung atau belajar membaca. Atau bisa juga dengan menjanjikan bermain ke tempat wisata, tentu tempat ini juga yang bisa memberikan pendidikan, seperti berkunjung ke kebun binatang misalnya.

Gunakan Suplemen Penambah Nafsu makan

Cara Ampuh untuk mengatasi anak susah makan adalah dengan memberinya suplemen nafsu makan. Anda bisa membelinya di apotek atau toko lain. Dengan memberinya suplemen penambah nafsu makan, maka diharapkan akan membantu si anak untuk lebih makan banyak dan tidak lagi merasa enggan untuk makan. Untuk memberi suplemen Anda harus jeli dengan kandungan gizi dan tercantum juga label aman digunakan pada anak Anda.

Tips Mengatasi Anak Susah makan

Selain cara diatas, Anda juga bisa melakukan beberapa langkah sederhana sebagai tips mengatasi anak susah untuk makan. Berikut ini adalah tipsnya, yaitu:

  • Sajikan Makanan dalam porsi yang sedikit atau kecil dan bervariasi menunya
  • Jadikan saat makan anak lebih menyenangkan
  • Hindari gaya memaksa atau menakut-nakuti anak saat mereka susah makan
  • Melibatkan anak dalam menyiapkan makanannya
  • Batasi memberikan minuman disela-sela makan mereka
  • Sajikan hidangan penuh warna

Demikianlah pembahasan tentang penyebab dan cara mengatasi anak susah makan. Semoga informasi ini bisa membantu dan bermanfaat bagi pembaca semua, salam sehat!!

Baca juga: Manfaat Tidur Siang Bagi Anak Anak

 

Loading...

2 thoughts on “Anak Susah Makan, Apa Penyebab dan Cara Mengatasinya”

  1. Saya Ada Terbaca Mengenai Anak2 Kecil Susah Utk Makan .Iaitu Bagi Makan Keju Dan Makanan2 Yg Lembut Sahaja Sepert Sagu Merah Bengkang .Keju Ada Berbagai2 Jenis Di- Pasar Raya . .Dan Bagai Anak2 Ini Makan Bubur2 Mereka Cukup Suka. Bubur2 Seperti Bubur Jagung , Kacang ,Bubur Pulut Hitam . Kesemua Makanan2 Lembut Tetapi Manis . Insyaallah . Assalamuakaikum . .Terima Kasih .

Leave a Comment