Bahaya Asam Urat Tinggi dan Cara Mengobatinya Secara Tradisional

Bahaya asam urat tinggi dan cara mengobatinya secara tradisional. Kadar asam urat disebut keadaan normal pada pria tidak boleh lebih dari 7 mg/dl, dan pada wanita tidak lebih dari 6 mg/dl. Peningkatan kadar asam urat dalam darah menunjukkan adanya ketidakseimbangan antara produksi asam urat yang berasal dari makanan yang dikonsumsi dengan pengeluarannya melalui ginjal. Walaupun sebagian penderita asam urat darah yang tinggi dapat tanpa gejala, namun hal ini memerlukan perhatian dan penanganan. Jika tidak, bahaya asam urat tinggi dapat merusak sendi-sendi tubuh dan organ-organ tubuh seperti ginjal, jantung dan lain-lain.

Loading...

Bahaya asam urat tinggi akan menyebabkan rasa sakit yang sangat pada persendian saat digerakkan. Umumnya penderita asam urat akan sakit ketika berjalan karena seringnya kandungan purin mengkristal pada sendi-sendi kaki. Zat purin yang berlebihan dan menempel, menumpuk dan mengkristal pada persendian akan mengganggu kinerja sendi saat bergerak. Sakit akibat asam urat atau gout bisa menyebabkan kondisi bahaya atau penyakit lainnya. Untuk lebih jelasnya tentang apa saja bahaya asam urat tinggi pada tubuh, simak ulasannya berikut ini.

Bahaya Asam Urat tinggi dan Cara Mengatasinya Secara Tradisional

bahaya asam urat tinggi

Kadar asam urat tinggi dalam tubuh yang tidak segera diobati maka dapat menimbulkan penumpukan zat purin yang menjadi kristal yang membentuk benjolan kecil di dalam kulit. Benjolam kecil ini biasanya berwarna putih atau kuning disebut tophi. Tophi bisa timbul pada area area ibu jari kaki, lengan, siku, jari tangan, lutut, tumit, telinga, dan sepanjang pergelangan tangan. Pada saat kadar asam urat tinggi maka tophi tersebut akan membengkak dan timbul rasa nyeri yang menyebabkan penderitanya susah bergerak untuk beraktivitas. Selain rasa nyeri tersebut, ternyata ada bahaya lainnya, dan berikut ini bahaya asam urat tinggi pada tubuh, yaitu:

1. Cacat Sendi

Loading...

Bahaya asam urat tinggi akan menyebabkan gangguan dan cacat sendi, karena adanya timbunan kristal monosodium urat monohidrat pada sendi. Dengan kadar asam urat lebih dari 7 mg/dl, biasanya mengakibatkan pembentukan kristal asam urat pada sendi-sendi. Pada keadaan tersebut sendi akan terasa sakit saat digerakkan. Rasa sakit atau nyeri pada sendi yang disebabkan asam urat disebut Gout. Kejadian Gout (pembengkakan akibat asam urat tinggi) pada pria dua kali lipat lebih sering dibandingkan wanita. Kebanyakan pria mulai menderita penyakit asam urat ini, setelah berusia 40 tahun dan pada puncaknya pada usia 50 tahun, sedang pada wanita biasanya setelah masa menopause.

Baca juga: 6 Cara Diet bagi Penderita Asam Urat yang Benar dan Menu Makanannya

2. Gangguan Batu Ginjal

Bahaya asam urat tinggi selanjutnya yaitu menjadi penyebab batu ginjal. Asam urat bisa menempel dan menumpuk pada ginjal dan selanjutnya membentuk batu ginjal. Dengan adanya batu-batu ginjal dari asam urat tersebut akan mengganggu kinerja dan fungsi ginjal. Selanjutnya, pada pasien lanjut usia ditandai dengan gangguan fungsi ginjal dan semakin tinggi kadar asam urat darah maka semakin besar pula kemungkinan terjadi kerusakan pada organ-organ tubuh yang lain.

Bahaya asam urat tinggi pada penderitanya (hiperurikemia) mempunyai resiko menderita batu asam urat di dalam perjalanan penyakitnya. Minimnya pengeluaran asam urat melalui air seni bukan hanya menyebabkan batu asam urat di ginjal tetapi juga batu kalsium oksalat. Pembentukan batu asam urat ini juga dipengaruhi oleh keasaman air seni dan tingginya kadar asam urat di dalam air seni, sedang disisi yang lain bahwa adanya zat sitrat dan glikosaminoglikan dapat menghambat pembentukan batu tersebut. Adanya batu asam urat tersebut, menyebabkan meningkatnya tekanan di dalam ginjal dan penekanan pada pembuluh darah yang mengakibatkan tebalnya dinding saluran atau pembuluh darah dan berkurangnya aliran darah ke ginjal. hal ini akan menyebabkan kerusakan pada ginjal kita.

Baca juga: 7 Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami dan Cepat Dengan Pengobatan Tradisional

3. Penyakit Jantung

Bahaya Asam Urat Tinggi Pada Jantung tak kalah berbahaya karena rentan risiko terkena penyakit jantung. Penderita asam urat tinggi atau Hiperurikemia mempunyai hubungan yang erat dengan angka kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung dan pembuluh darah. Pada pasien dengan tingkat asam urat tinggi dan hipertensi mengakibatkan meningkatnya risiko 3 sampai 5 kali timbulnya penyakit jantung koroner dan stroke dibandingkan hanya yang menderita hipertensi. Asam urat yang tinggi  juga berhubungan dengan sindroma metabolik (Sindroma X) atau resistensi insulin, yaitu kumpulan kelainan-kelainan dengan kadar insulin yang meningkat dalam darah, hipertensi, kadar trigliserida darah yang meningkat dan kadar HDL (Kolesterol baik) yang rendah yang semuanya adalah penyebab penyakit jantung koroner.

Cara Mengatasi Bahaya Asam Urat Tinggi Secara Alami dan Tradisional

Untuk mencegah dan mengatasi bahaya yang disebabkan kadar asam urat yang tinggi tersebut, perlu upaya pengobatan yang dilakukan. Mengatasi bahaya asam urat tinggi bisa dilakukan dengan cara tradisional dengan ramuan herbal. Berikut ini cara mengatasi bahaya asam urat tinggi secara tradisional, yaitu:

1. Ramuan Jahe

Bahaya asam urat tinggi bisa diatasi dengan membuat ramuan dari jahe. Jahe merupakan salah satu obat herbal alami yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya untuk menurunkan kadar asam urat tinggi. Untuk lebih jelasnya cara mengobati asam urat tinggi dengan jahe adalah sebagai berikut:

  • Siapkan 2 ruas jahe, kemudian cuci hingga bersih
  • Tumbuk hingga hancur dan rebus menggunakan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas
  • Saring rebusan air jahe tersebut dan masukkan ke dalam gelas
  • Campurkan 1 sendok madu lalu aduk hingga tercampur rata
  • Minum 2 kali sehari selama asam urat tinggi, dengan rutin dan teratur meminumnya maka asam urat akan kembali normal

2. Ramuan Daun Salam

Daun salam juga termasuk obat herbal yang bisa mengatasi bahaya asam urat tinggi. Dengan meramunya menjadi minuman maka tingkat asam urat akan segera turun. Membuat ramuan daun salam untuk asam urat sangat mudah dan Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut cara menyembuhkan asam urat dengan daun salam, yaitu:

  • Siapkan 1 genggam daun salam yang masih segar, kemudian cuci hingga bersih
  • Rebus dengan 4 gelas air hingga menjadi 2 gelas
  • Minum 2 kali sehari saat mengalami sakit karena asam urat atau kadar asam urat dalam tubuh naik
  • Dengan rutin mengkonsumsinya maka akan terhindar dari bahaya asam urat tinggi seperti diabetes, dan lain sebagainya.

3. Ramuan Kumis Kucing dan Pare

Perpaduan bahan herbal kumis kucing dan pare bisa menghindari sekaligus mengatasi bahaya asam urat tinggi seperti penyakit jantung koroner dan batu ginjal. Selain itu, mengkonsumsi ramuan kumis kucing dan pare bisa menghilangkan sakit nyeri saat asam urat menyerang. Berikut ini cara menyembuhkan asam urat dengan ramuan kumis kucing dan pare, yaitu:

  • Siapkan 1 buah pare dan buang bijinya, kemudian cuci hingga bersih
  • Ambil satu genggam kumis kucing, cuci hingga bersih
  • Rebus kedua bahan tersebut menggunakan 6 gelas air hingga menjadi 3 gelas
  • Minum secara rutin 3 kali sehari selama mengalami asam urat
  • Dengan teratur meminumnya maka masalah sakit karena asam urat akan hilang dan akan terhindar dari bahaya asam urat tinggi

Sebagai tambahan untuk mengatasi bahaya asam urat tinggi, yaitu dengan diet rendah asam urat atau dikenal dengan diet rendah purin yang ketat dalam jangka waktu yang lama, dan kontrol berobat secara teratur. Perbanyak minum air putih, dan rajin berolahraga. Selain itu memeriksa kadar asam urat darah secara berkala, guna mengantisipasi bahaya yang disebabkan Hiperurikemia (kadar asam urat tinggi) tersebut.

Baca juga: 10 Makanan Penyebab Asam Urat dan Cara Mengatasi Penyakitnya

Loading...

Leave a Comment