Waspadai Bahaya Belerang Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Bahaya belerang bagi kesehatan tubuh manusia. Bahaya belerang  karena kandungan Senyawa gas dioksida mempunyai sifat tidak berwarna namun menimbulkan bau yang menyegat dan sering beracun. Efeksamping yang dirasakan jika terkena manusia antara lain memicu iritasi mata, wajah dan tenggorokan, kerusakan otak melalui gangguan fungsi hipotalamus, serta kerusakan sistem saraf.

Kegunaan belerang dalam kehidupan sehari hari, karena Belerang (Sulfur) memiliki asam amino metionin dan asam amino sistein, manusia mutlak membutuhkannya. Rata-rata manusia membutuhkannya sekitar 900 mg perhari. Penggunaan belerang pada industri digunakan sebagai  bahan dalam baterai, bubuk mesiu, pupuk, deterjen, bubuk mesiu dan kembang api. Selain itu, manfaat belerang adalah untuk pembuatan beton yang memiliki kekuatan tahan korosi dan penggunaan pada industri kimia serta farmasi.

Bahaya Belerang Bagi Tubuh Manusia

bahaya belerang

1. Bahaya Belerang Untuk Mata

Loading...

Belerang jika terkena mata akan menimbulkan iritasi. Dengan terkena kandungan asam sulfat yang berupa senyawa aerosol pada belerang ke mata secara langsung akan menyebabkan iritasi, mata terasa perih dan sakit. Efek jangka panjangnya akan menyebabkan penurunan fungsi penglihatan. Cara mengatasinya jika terkena uap belerang atau aerosol dari asam sulfat adalah sengan langsung membersihkan mata dengan air yang bersih dan mengalir.

Baca juga:Pengaruh Belerang Bagi Manusia

2. Bahaya belerang pada Pernapasan

Uap belerang juga menyebabkan gangguan pernapasan. Efek menghirup asap belerang yang menyengat bisa membuat sesak napas. Untuk mengatasinya adalah dengan pemakaian masker jika kita berada pada area uap belerang. Hal ini untuk menjaga dari gangguan saluran pernapasan kita.

3. Bahaya Belerang untuk Wajah

kegunaan belerang untuk kulit diantaranya bisa mengatasi jerawat, pencegahan penuaan dini dan menyembuhkan infeksi kulit. Namun penggunaan dalam jumlah banyak atau terlalu sering akan menimbulkan masalah pada kulit wajah dari mulai iritasi ringan sampai berat. Maka untuk pencegahan bahaya belerang untuk wajah dengan memakai sesuai aturan dan dosis yang disarankan.

4. Bahaya Belerang Bagi lambung

Bahaya belerang atau sulfur bagi lambung ini biasanya disebabkan oleh penggunaan belerang untuk menyembuhkan penyakit kulit dengan di makan. Efek samping makan belerang tersebut akan menimbulkan kerusakan pada mukosa lambung dan kerusakan dinding lambung. Selain itu makan belerang juga mengakibatkan diare. Sangat disarankan untuk mengobati penyakit kulit seperti, borok, panu, kurap dan lainnya, yaitu dengan cara dioles atau dibalurkan pada kulit yang bermasalah. Tentu harus memperhatikan juga takarannya karena penggunaan belerang pada kulit bisa menimbulkan masalah kulit kering.

Bahaya Belerang Pada Ibu Hamil

Wanita hamil sangat rentan terpengaruh pada keadaan sekitarnya. Ada beberapa zat yang harus diperhatikan untuk dijauhkan dari ibu hamil sebab dikhawatirkan akan menyebabkan gangguan pada ibu hamil dan janinnya. Salah satu zat yang berbahaya untuk dijauhkan adalah belerang. Berikut ini bahayanya belerang untuk ibu hamil, antara lain, menyebabkan asma, menimbulkan gangguan pernapasan dan penyempitan pernapasan dan kesehatan janin akan terganggu.

Lalu, Apakah aman jika ibu hamil berendam dalam air belerang?. Untuk orang biasa ( tidak hamil)  berendam di air belerang bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Kegunaan belerang untuk kulit sebagai obat tradisional penyakit kulit seperti mengobati jerawat dan gangguan masalah kulit seperti panu, kadas dan kurap. Disamping itu, manfaat berendam di air belerang bisa melancarkan aliran darah yang mampu menyembuhkan pegal, linu dan rasa kecapean.

Untuk ibu hamil sebaliknya, berendam di air belerang akan berdampak bahaya. Uap yang kuat belerang dan panas akan menyebabkan gangguan pernapasan ibu hamil yang berakibat pada janin nantinya. Apalagi jika airnya masuk ke dalam pori-pori kulit akibatnya akan berbahaya bagi kesehatan janin dalam kandungannya.

Demikianlah info tentang bahaya belerang bagi kesehatan. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Bahaya Berendam Air Belerang bagi Kesehatan Tubuh

Loading...

2 Responses for Waspadai Bahaya Belerang Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

  • Adi says:

    Dok saya mau nanya, kemarin saya abis mandi air panas belerang, ko selesai itu muka saya jadi perih dok muncuk bintik2 merah gitu kaya luka gitu dok. Minta solusinya dok. Terimakasih

    • itu menandakan kulit wajah mas adi ini jenis kulit sensitif jadi mengalami iritasi. Untuk mengatasinya sebenarnya tidak perlu dilakukan apa-apa karena nanti akan hilang sendiri perihnya. Namun, jika masih belum hilang perihnya maka bisa dengan mengoleskan pelembab seperti minyak zaitun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *