Bahaya Berendam Air Belerang bagi Kesehatan Tubuh

WarasSehat.com – Berendam di air panas yang mengandung sulfur atau berenang memang memberi manfaat. Namun, mandi dan berendam air belerang juga menimbulkan efek samping untuk kesehatan tubuh kita.

Loading...

Belerang adalah unsur non-logam yang tidak berasa. Belerang, dalam bentuk aslinya yaitu sebuah zat padat kristalin kuning. Di alam, belerang dapat ditemukan sebagai unsur murni atau sebagai mineral-mineral sulfida dan sulfat. (sumber Wikipedia)

Dibalik manfaat belerang untuk masalah kesehatan kulit, ternyata air belerang juga menyimpan bahaya bagi kesehatan. Waspadai efek samping berendam air belerang. Hasil penelitian bahwa bahaya berendam air belerang bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan bagi anda. Nah, apa saja bahaya berendam di air panas belerang?.

Bahaya berendam air belerang

Bahaya Berendam Air Belerang Untuk Kesehatan

 

Efek samping berendam pada air panas belerang bisa mempengaruhi kesehatan kita, dan berikut ini bahayanya:

Loading...

1. Memperbesar Pori Pori Kulit

Dengan berendam air belerang maka tentu akan membilasnya. Nah, pada aktivitas berendam dengan air panas lalu selasai akan membilasnya dengan air dingin. Dengan itu, maka pori-pori Anda membuka dan melebar yang menyebabkan masalah kulit lain yaitu, jerawat.

2. Menimbulkan Masalah Pada Kulit

Karena panas yang ada di kolam air panas belerang, bisa menimbulkan masalah kulit kering, dan iritasi bahkan penyakit eksim. Untuk mengatasi masalah kulit dan iritasi setelah nerendam di air panas dianjurkan jangan langsung membilas tubuh dengan air yang dingin. Hal ini akan menyebabkan kulit menjadi bersisik atau iritasinya akan menjadi lebih parah.

Baca juga: Bahaya Belerang Bagi Manusia

3. Menurunkan Kesuburan

Saat Anda mandi air panas belerang, hal itu tidak baik untuk testis Anda. Akibatnya menurunkan produksi airmani dan tingkat kegesitan selnya. Menurut penelitian bahwa air panas belerang akan mengurangi produksi hormon testosteron. Sebab itulah bahaya air belerang pada kesehatan laki laki akan menurunkan tingkat kesuburan.

Bahaya Berendam Air Belerang Bagi Ibu Hamil

Belerang dipercaya sejak dulu mampu mengobati penyakit kulit ringan, selain itu sangat nyaman untuk menghilangkan capek-capek. Namun tidak demikian untuk ibu hamil.

Panas pada air belerang akan mempengaruhi janin dalam kandungan. Suhu yang tinggi yang bersentuhan langsung dengan perut ibu hamil akan membahayakan, apalagi untuk hamil muda, hal tersebut bisa menyebabkan cacat lahir saat dilahirkan nanti.

Uap yang kuat dari belerang tersebut kadang membuat saluran pernapasan korosif. Apalagi nantinya bisa masuk ke dalam tubuh melalui pori-pori, maka hal itu membahayakan ibu hamil dan janin.

Selain itu, dilarang penggunaan belerang untuk di makan. Biasanya pada beberapa kasus cara menyembuhkan kurap atau penyakit kulit gatal lainnya dengan memakan belerang. Hal itu dilarang karena ada efek samping makan belerang yang berbahaya bagi tubuh.

Loading...

Leave a Comment