Inilah 4 Bahaya Kencing Berdiri Bagi Kesehatan Laki-Laki

Dampak bahaya kencing berdiri bagi kesehatan laki-laki. Buang air kecil sambil berdiri yang lazim dilakukan laki-laki memiliki resiko bahaya pada kesehatan mereka. Selain ada efek kurang sehat, kencing berdiri  adalah etika kurang bagus. Apalagi dilakukan pada tempat-tempat umum yang seharusnya tidak diperbolehkan. Misalnya, di pinggir jalan raya, di belakang pohon dan lain sebagainya.

Peran toilet-toilet umum juga mendukung kencing berdiri tersebut. Dengan menyediakan sarana buang air kecil yang terpasang dalam posisi menggantung pada dinding, sehingga mereka melakukannya sambil berdiri. Sepintas memang terlihat rapi dan lebih praktis. Pria tidak buang banyak waktu dan tempat untuk buang hajat.

Buang air kecil sambil berdiri dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan dalam tubuh kita. Salah satunya adalah kencing batu. Hal tersebut terjadi karena saat seseorang kencing berdiri maka terjadi statis atau pengendapan air seni/kencing di dalam kandung kemih yang menyebabkan konsentratnya mengendap. Dan endapan inilah yang menumpuk, menyusun membentuk batu kandung kemih.

4 Bahaya Kencing Berdiri Menurut Kesehatan

Bahaya kencing berdiri

Loading...

Buang air kecil yang dilakukan sebagian besar kaum adam mempunyai resiko berbahaya pada kesehatan tubuh. Tidak hanya pada laki-laki, efek buruk kencing berdiri juga berlaku untuk wanita. Kencing yang dilakukan  dilakukan wanita, umumnya dengan jongkok. hal ini merupakan cara yang baik untuk menjaga kesehatan mereka.

Berikut ini Dampak bahaya kencing berdiri pada laki-laki maupun wanita:

1. Penyebab Penyakit Batu Kencing

Bahaya Kencing yang dilakukan dengan berdiri akan menyisakan endapan pada kandung kemih. Ternyata dalam jangka waktu yang lama, endapan tersebut akan menumpuk dan mengeras membentuk batu kandung kemih atau batu kencing.

2. Air Seni Tidak Keluar Sempurna

Dalam keadaan berdiri, kandung kemih menjadi tidak tertekan, akibatnya tidak ada dorongan untuk air seni tersebut kurang sempurna. Sedang pada posisi jongkok kandung kemih menjadi tertekan sehingga menghasilkan dorongan sempurna untuk air seni keluar.

3. Tidak Ada Gas Keluar

Baca juga: Cara Mengobati Infeksi Saluran Kencing Secara Tradisional Dan Alami

Saat kencing berdiri tidak terjadi adanya pembuangan gas. Beda dengan kencing dalam posisi jongkok yang biasanya disertai dengan buang gas. Hal ini menjadikan kencing berdiri tidak disertai membuang gas beracun dalam tubuh yang seharusnya dibuang.

4. Kurang Bersih

Bahaya kencing berdiri menyebabkan ada sisa air seni dalam kandung kemih. Hal tersebut dikhawatirkan saat kita duduk atau jongkok, kandung kemih tertekan dan mengeluarkan sisa air seni tersebut pada pakaian kita. Dilihat dari segi kesehatan, air seni merupakan kotoran dan bisa menyebabkan penyakit.

Bagi seorang muslim kencing berdiri berarti akan menyisakan najis dan itu membuat ibadah sholat kita menjadi tidak sah. Selain itu, saat kencing berdiri lebih berpotensi air seni terkena celana atau pakaian kita. hal tersebut menjadikan kebersihan kita menjadi terabaikan.

Oleh karena itu, cara yang baik adalah dengan berjongkok. Dengan kencing berjongkok, kita akan mendapatkan manfaat yang lebih menyehatkan.

Inilah Manfaat Kencing Berjongkok

Kencing yang dilakukan dengan berjongkok, baik yang dilakukan oleh laki-laki atau pun wanita memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kita. Berikut adalah manfaat kencing berjongkok

1. Aliran kencing akan lebih baik dan sehat.Kencing dengan berjongkok akan mengeluarkan air seni dengan sempurna, Menjadikan tidak ada sisa air seni pada kandung kemih. Usahakan agar melakukan batuk-batuk kecil setelah selesai kencing. Hal ini bermanfaat untuk mengeluarkan air seni benar benar tuntas habis. Dengan batuk kecil akan membuat intra vesika (Kandung Kemih) mengeluarkan air seni lebih baik.

2. Gas Perut Keluar. Dengan tekanan perut saat kencing dalam posisi jongkok, gas perut(Kentut) juga akan keluar. Hal ini sama sama juga membuang sisa metabolisme dan itu sangat diperlukan tubuh. Jika buang air kecil dengan berdiri tidak akan disertai keluarnya gas.

3. Bersih Dari Sisa Kototoran.Dengan keluarnya air seni secara sempurna di dalam kandung kemih. dan dikuti buang gas dalam perut maka tidak ada sisa atau penumpukan air seni yang menyebabkan penyakit batu kencing.

Demikianlah bahaya kencing berdiri dan manfaat kencing berjongkok. Semoga memberikan info yang bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Kegunaan Akar Kayu Manis Untuk Kesehatan Dan Obat Penyakit

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *