4 Bahaya Langsung Tidur Setelah Sahur Bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya langsung tidur setelah sahur bagi kesehatan tubuh. Bulan puasa sangat identik dengan kata buka dan sahur. Keduanya merupakan kegiatan makan sebagai tanda awal dan akhir berpuasa dalam sehari. Sahur adalah awal seorang muslim melakukan puasa pada hari tersebut. Rasulullah SAW bersabda, ” Cairkan makanan kalian dengan berdzikir kepada Allah SWT dan shalat, serta janganlah kalian tidur setelah makan karena dapat membuat hati kalian menjadi keras. (HR Abu Nu’aim dari Aisyah Ra).

Loading...

Rasulullah dalam hadits tersebut mengingatkan bahwa ada bahaya langsung tidur setelah sahur atau makan. Beliau setelah sahur tidak tidur tapi melakukan aktivitas terlebih dahulu, kemudian shalat subuh. Ternyata kebiasaan tidak tidur setelah sahur bermanfaat supaya makanan yang masuk ke lambung dengan cepat dan baik agar lebih mudah dicerna. Tidak hanya menurut islam atau hadits Nabi SAW saja, bahkan dari ilmu gizi atau seorang ahli gigi menyatakan tentang larangan tidur setelah sahur karena ada banyak dampak buruk atau efek sampingnya. Apa saja bahaya langsung tidur setelah sahur?. Temukan penjelasannya di bawah ini.

Dampak Buruk Atau Bahaya Langsung Tidur Setelah Sahur

bahaya langsung tidur setelah sahur

Ada banyak dampak buruk yang bisa dialami seseorang yang langsung tidur setelah sahur. Makanya, sangat disarankan baik medis atau menurut islam untuk melakukan aktivitas setelah sahur dan shalat subuh. Hal itu tak terlepas dari organ pencernaan yang membutuhkan waktu untuk mencerna makanan. Namun jika langsung tidur atau tidur terlalu dekat waktunya setelah makan atau sahur maka akan berbahaya. Nah, berikut ini beberapa bahaya langsung tidur setelah sahur adalah:

1. Perut Kembung

Loading...

Perut kembung terasa berisi banyak gas dan penuh merupakan dampak buruk atau bahaya langsung tidur setelah sahur. Tidur dengan waktu yang berdekatan setelah makan atau jeda waktu yang singkat menyebabkan proses cerna makanan tidak berlangsung baik. Dengan itu, asam lambung kinerjanya tidak pada semestinya hingga membuat lambung terasa kembung atau bengah.

Baca juga: 4 Cara Mencegah Perut Kembung Saat Berpuasa yang Benar dan Tepat

2. Perut Buncit

Perut buncit mungkin bisa digolongkan sebagai masalah yang berbahaya. Namun perlu Anda perhatikan perut buncit bisa menjadi bahwa seseorang mengalami kegemukan. Bahaya langsung tidur setelah sahur akan berdampak perut menjadi buncit karena lemak akan menumpuk di perut. Tidak hanya perut saja, bagian lain juga bisa menjadi besar dan akhirnya menjadi gemuk. Nah, saat seseorang menjadi gemuk tersebut akan berisiko terhadap serangan penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes dan lainnya.

3. Tenggorokan Panas Seperti Terbakar

Bahaya langsung tidur setelah sahur yaitu menjadikan tenggorokan atau kerongkongan panas seperti terbakar bahkan bisa terluka. Kerongkongan yang panas juga membuat mulut terasa pahit, karena refluks. Refluks terjadi karena makanan belum sempat dicerna dalam lambung dan kembali naik ke kerongkongan karena pengaruh dari gravitasi saat tubuh dalam posisi tidur. Kembalinya makanan yang belum tercerna tersebut ke kerongkongan membuat panas dan terluka tenggorokan atau kerongkongan.

4. Mencret dan Sembelit

Mencret dan sembelit merupakan dampak bahaya langsung tidur setelah sahur. Lambung Butuh waktu secara menyeluruh untuk proses pencernaan. Normalnya isi lambung akan kosong kembali sekitar 2 jam setelah makan . Tapi, saat tubuh pada posisi tidur atau dalam posisi terlentang maka proses pengosongan lambung menjadi terganngu. Hal tersebut akan menimbulkan gangguan pencernaan seperti sembelit dan mencret saat puasa. Memang bahan makanan yang dikonsumsi juga menjadi pemicu lebih parah mencret dan sembelitnya.

5. Stroke

Ternyata bahaya langsung tidur setelah sahur meningkatkan risiko terkena penyakit stroke. Hal itu di kemukakan oleh ahli gizi bahwa seseorang memiliki jeda yang paling lama antara sahur dan tidur mempunyai peluang terkecil terhadap risiko terkena penyakit stroke, begitu juga sebaliknya.

Nah, itulah tadi bahaya langsung tidur setelah tidur. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi semua, khususnya yang berpuasa. Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankannya. Salam sehat!!

Baca juga: Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh dan Mental Spiritual Menurut Islam

Loading...

Leave a Comment