Bahaya Makanan Junk Food dan Kandungannya Bagi Kesehatan

Bahaya makanan Junk Food dan kandungannya bagi kesehatan. Merebaknya makanan junk food atau makanan cepat saji bisa kita lihat di berbagai tempat seperti di mal, Makanan jenis ini banyak yang menyukainya, mungkin termasuk Anda. Tetapi perlu diingat, makanan junk food yang berorientasi masakan barat mengandung berbagai macam zat yang tinggi. Kadar zat yang tinggi pada makanan ini, akan menjadi bahaya bagi kesehatan Anda.

Loading...

Mengapa makanan cepat saji atau junk food sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda?, tentu ada sebabnya dan penyebab bahaya makanan junk food bagi kesehatan adalah kandungan berbagai unsur yang apabila diasup berlebihan dengan intensitas yang sering akan merugikan kesehatan kita.

Kandungan Bahaya Makanan Junk Food Bagi Kesehatan

Ada beberapa kandungan bahaya makanan junk food bagi kesehatan,gula, lemak jahat, karbohidrat olahan adalah tiga yang sering ada di junk food dan berbahaya. Baiklah, mari kita bahas apa saja kandungan pada junk food dan bahayanya, antara lain:

bahaya makanan junk food
Bahaya Makanan Junk Food dan Kandungannya Bagi Kesehatan

1. Lemak Jenuh

Sebagai olahan industri makanan, junk food banyak mengandung lemak jenuh. Ini karena bisa dimasak dalam temperatur yang tinggi dan kadang minyak digunakan berulang kali. Karena itu juga mengapa junk food harganya murah. Bahaya makanan junk food bagi kesehatan dari lemak jenuh ini adalah menjadi biang kegemukan tubuh atau obesitas. Akibatnya dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Loading...

Tipe lemak jenuh ini bisa mengakibatkan kolesterol tinggi dan masalah kesehatan serius lainnya. Mereka lebih memilih jenis lemak jenuh ini karena harganya yang murah, dan ketika dipanaskan dapat bertahan pada temperatur atau suhu yang cukup tinggi.

2. Garam-Garaman

Selain lemak jenuh, Kandungan lain yaitu garam. Meskipun tubuh membutuhkan zat garam, namun bila berlebihan mengkonsumsinya, bisa menyebabkan resiko tekanan darah tinggi, yang dikenal sebagai penyebab penyakit jantung dan stroke.

Jumlah maksimal kebutuhan garam untuk tubuh tidak lebih dari 5 gram perhari, dan sagat dianjurkan untuk orang dewasa yang memiliki tekanan darah normal. Sedangkan kandungan garam pada makanan ini biasanya relatif tinggi. hal inilah penyebab lain,bahaya makanan junk food bagi kesehatan.

Dengan menambahkan garam, junk food cenderung terasa gurih dan mengundang selera. Kadar garam yang normal akan membantu metabolisme tubuh. Tapi kalau berlebihan, akan mengakibatkan tekanan darah melonjak tinggi dan bisa menyebabkan resiko sakit jantung.

Nama kimia garam adalah Monosodium Klorida atau Natrium Klorida yang bisa menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi, karena itu jika anda mengkonsumsi secara berlebihan dan bahkan anda tidak tahu berapa kadar garam yang ada pada junk food maka bahaya makanan junk food bagi kesehatan adalah hipertensi.

3. Gula

kandungan junk food yang tak kalah tinggi adalah gula. Minuman ringan, biskuit, kue dan permen mengandung gula yang tak sedikit. Kendati secara tidak langsung dengan penyakit jantung dan diabetes, namun kelebihan gula dapat menyebabkan kelebihan berat badan dan obesitas.

Baca juga: Bahaya Mencampur Susu Dengan Buah Dan Teh

Masalah kesehatan atau bahaya makanan junk food bagi kesehatan lainnya yang disebabkan kandungan gula yang tinggi adalah kerusakan gigi, mengurangi tingkat kolesterol yang berguna, meningkatkan kadar lemak dalam darah yang berhubungan dengan diabetes, dan penyakit jantung, serta kegemukan pada usia muda.

4. Penambah Citarasa Atau Zat Aditif Sintetis

Zat lain yang menyebabkan bahaya makanan junk food bagi kesehatan adalah bahan tambahan atau zat aditif. Umumnya zat aditif ini digunakan untuk mengawetkan dan mempertahankan warna, rasa dan bentuk.

Lalu apa sebenarnya penambahan citarasa atau zat aditif sintetis yang bisa menimbulkan citarasa tersebut?. Pada dasarnya, yang menjadi zat aditif sintetis ini adalah natrium atau sodium yang menjadi sumber utamanya adalah pada garam dapur dan vetsin. Nah, unsur-unsur inilah yang menggugah selera makan cepat saji atau junk food ini.

Dengan memakai vetsin makanan akan terasa lezat dan gurih. Kegunaan vetsin pada junk food ini bahaya makanan junk food bagi kesehatan Anda, Dengan tidak sadar, Anda bisa keracunan natrium atau sodium. Mengkonsumsi vetsin dalam kadar tinggi dan terus menerus akan menimbulkan bahaya kesehatan yaitu hipertensi.

Bahaya Makanan Junk Food bagi Kesehatan

Menurut Jim White RD, pemilik Jim White Fitness and Nutrision Studio, Virginia, Amerika Serikat, makanan seperti karbohidrat olahan, tepung putih, kue manis, kue dalam kemasan, kentang goreng, keripik tidak hanya berakibat peluang terkena Obesitas, tapi juga bisa mengakibatkan gejala dan kondisi fisik yang kurang sehat.

Junk food juga berdampak buruk atau berbahaya untuk kesehatan para ibu hamil dan anak-anak. Berikut ini ada tujuh efeksamping atau bahaya konsumsi junk food, seperti yang diungkapkan oleh Jim White.

1. Penuaan Dini

Apa yang buruk bagi pinggang Anda maka buruk juga untuk wajah Anda. Perumpamaan ini berlaku pada junk food. Makanan cepat saji ini sangat mudah meningkatkan berat timbangan badan Anda dan juga membuat pinggang membesar. Gula, lemak trans, dan pati pada junk food dapat menyebabkan insulin meningkat tajam dan memicu respon inflamasi (peradangan).

Inflamasi atau peradangan, dapat mempercepat proses penuaan yang menyebabkan kulit keriput pada tubuh dan wajah Anda lebih cepat dengan cara menonaktifkan antioksidan di dalam tubuh. Hasilnya, Kulit Anda lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari dan merusak elastisitas atau kekenyalan kulit Anda.

2. Membuat Celana Kesempitan

Junk food banyak mengandung sodium dan sodium merupakan salah satu faktor utama penyebab perut kembung. Sebenarnya manfaat sodium adalah untuk mengatur jumlah darah dalam pembuluh Anda, dan menarik serta menahan air di dalam tubuh. Bahaya terlalu banyak sodium akan menyebabkan sel-sel tubuh kelebihan cairan. Maka, tubuh Anda menjadi lebih gemuk termasuk pada pinggang dan perut Anda.

3. Sembelit

Makanan cepat saji atau junk food bisa menyebabkan sembelit atau susah buang air besar. Hal ini karena pada junk food mengandung sedikit serat. Selain itu, dehidrasi juga dapat membuat sembelit akan makin parah. Jika Anda hobi melewatkan akhir minggu dengan makanan burger atau junk food lainnya, sambil minum minuman alkohol dan soda dan melupakan mengkonsumsi air putih, jangan heran jika Anda akan mengalami perut penuh dengan kesulitan membuangnya (BAB).

4. Asam Lambung Naik

Junk food mengandung tinggi lemak, ini akan berakibat mengganggu regulasi asam lambung Anda. Makanan tinggi lemak jenuh, akan memakan waktu yang lama untuk mencernanya. Ketika makanan-makanan tersebut tidak dicerna dengan sempurna, asam lambung berlebih akan naik ke kerongkongan menyebabkan seperti mulas, sakit pada dada dan tenggorokan panas seperti terbakar.

5. PMS yang Berat

Makanan junk food memang bukan penyebab PMS, tetapi akan membuatnya lebih buruk. Gula dan pati junk food dapat menyebabkan zat kimia pada otak lonjakan spontan yang kemudian turun lagi dengan cepat, ini dapat menyebabkan suasana hati menjadi buruk.

6. Ketergantungan Aspirin

Junk food juga mengandung Tyramine yang selama ini dikenal sebagai zat kimia pemicu sakit kepala. Tyramine terbentuk dari proses pemecahan protein tertentu yang ada di dalam makanan yang menggunakan tambahan zat pewarna dan nitrat. Makanan ini seperti hot dog dan makanan daging olahan lainnya.

7. Mood Kacau

Penelitian mengungkapkan bahwa orang yang banyak mengkonsumi junk food akan lebih mudah mengalami depresi. Bahkan jika Anda sering makan junk food akan tetap memiliki pengaruh buruk yaitu mood menjadi kacau.

Demikianlah bahaya makanan junk food bagi kesehatan, yang disebabkan oleh kandungan-kandungan dalam masakan tersebut. Masih suka untuk mengkonsumsi junk food, pilihan ada ditangan Anda. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Dampak Bahaya Kencing Berdiri Bagi Kesehatan Laki-Laki

 

Loading...

Leave a Comment