Bahaya Melakukan Skip Challenge bisa Mengakibatkan Kematian

Bahaya melakukan skip challenge bagi tubuh. Anda tahu apa itu skip challenge? trend skip challenge kembali menjamur khususnya di kalangan pelajar. Tantangan berbahaya dengan cara menekan dada ini kembali menjadi ramai dilakukan. Perlu disadari bahwa melakukan skip challenge sangat berbahaya karena bisa menghambat pernafasan. Diantara efek bahaya skip challenge ini bisa menyebabkan gangguan pernapasan seperti pingsan atau pun kejang-kejang.

Loading...

Merebaknya demam skip challenge sangat memprihatinkan. Hal ini jelas membahayakan jiwa dan gangguan kesehatan khususnya pada organ pernapasan. Menurut studi tentang bahaya melakukan skip challenge yang dilakukan di Oregon Health Authority pada tahun 2012 lalu menyebutkan bahwa 82 anak berusia sampai 19 tahun meninggal oleh permainan yang berbahaya tersebut. Skip challenge bukanlah permainan yang baru, permainan tantangan tersebut muncul pada tahun 1995 dan mulai dilupakan pada sampai tahun 2007.

Bagi mereka yang belum mengetahui dampak bahaya melakukan skip challenge ini umunya merasa ketagihan, mereka lakukan atas dasar permainan yang menyenangkan namun tidak menyadari itu bisa mematikan. Skip challenge ramai juga di sosial media akhir-akhir ini, Hal ini dibuktikan banyak video yang diunggah di YouTube yang berisi video permainan ini. Bahkan video tersebut telah banyak di tonton pemirsanya. Dikhawatirkan dampak sosial media ini akan menularkan pada orang untuk melakukan hal sama yaitu melakukan tantangan tersebut. Nah, sebelum Anda melakukannya, baiknya Anda mengetahui dampak buruk atau bahaya melakukan skip challenge ini.

Bahaya Melakukan Skip Challenge Bagi Kesehatan Tubuh

bahaya melakukan skip challenge

Ketidaktahuan tentang dampak buruk akibat skip challenge mendasari seseorang melakukan tantangan ini. Apalagi skip challenge pemainnya banyak dilakoni oleh pelajar. Mungkin hal tersebut bisa dikatakan wajar karena usia mereka yang masih muda yang tengah memiliki emosi yang tak stabil,  dan kurang peka atau memperhatikan dengan dampak buruk atau bahaya yang mereka lakukan. Hingga mereka menganggap melakukan skip challenge tersebut bahan candaan sesama teman-temannya. Untuk menghindarinya, Anda wajib tahu informasi tentang bahaya melakukan skip challenge bagi tubuh, yaitu:

Loading...

1. Malfungsi Paru-Paru

Bahaya melakukan skip challenge tersebut sangat kompleks. Dada yang tertekan dengan kuat bisa menyebabkan gangguan kinerja pernapasan dan organ pernapasan. Malfungsi paru-paru tersebut menyebabkan aliran oksigen menjadi terhambat dari paru-paru ke otak. Hal ini tentu sangat membahayakan pada kinerja otak atau pun gangguan pada otak tersebut.

Baca juga: Bahaya Terapi Lilin (Ear Candle) untuk Mengatasi Telinga Berdengung

2. Kejang dan Pingsan

Terhambatnya aliran oksigen ke sebagian organ tubuh yang memicu bahaya melakukan skip challenge sangat serius. Dengan terhentinya oksigen maka oksigen yang dibawa darah menjadi berkurang. Minimnya pasokan oksigen ke seluruh tubuh mengakibatkan gangguan seperti kejang dan pingsan seketika.

3. Tulang Rusuk Patah

Bahaya melakukan skip challenge bisa mengakibatkan rusuk patah. Hal ini sangat dimungkinkan karena permainan ini yaitu dengan menekan kuat pada bagian tulang rusuk bagian depan. Ini juga akan membahayakan organ paru-paru di dalamnya.

4. Hipoxia dan Kematian

Bahaya melakukan skip challenge lainnya adalah terjadinya gagal pernapasan. Terhambatnya aliran oksigen bisa mengakibatkan hipoxia. Hipoxia adalah kondisi tubuh yang mengalami kekurangan pasokan oksigen yang dapat berakibat sangat fatal yaitu kematian.

Demikianlah bahaya melakukan skip challenge pada tubuh. Semoga informasi ini bisa membuka wawasan Anda untuk tidak melakukan hal-hal yang ceroboh dan bodoh yang nantinya akan sangat merugikan dan membahayakan keselamatan. Salam sehat!!

Baca juga: Tembakau Gorila-Kandungan dan Bahayanya Bagi Kesehatan

Loading...

Leave a Comment