Bahaya Mencampur Susu Dengan Buah Dan Teh

Bahaya mencampur susu dengan buah dan teh. Menikmati kesegaran susu merupakan kebiasaan yang sehat dan menyehatkan. Namun tahukah Anda minum susu yang dicampur dengan buah atau teh menyebabkan bahaya bagi tubuh. Hal ini karena banyak buah yang memiliki kandungan asam, sedangkan susu kaya kandungan protein. Bahaya mencampur susu dengan buah karena asam akan mengikat protein sehingga membuatnya susah untuk dicerna oleh tubuh.

Loading...

Begitu juga dengan mencampur susu dengan teh. Kandungan susu yang kaya protein casein yang apabila dikombinasikan dengan teh justru akan menghilangkan kandungan pentingya, seperti catechin yang bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung.

Bahaya Mencampur Susu Dan Buah Buahan

bahaya mencampur susu dan buah

Kebiasaan masyarakat kita, ketika mengonsumsi jus buah atau es buah dengan mencampurkan susu kental manis. Untuk rasa memang dengan menambahkan susu ke dalam jus atau es buah akan menjadikan lebih enak, nikmat dan menyegarkan. Namun, perlu diketahui kebiasaan mencampur buah dengan susu tidak akan bermanfaat untuk kesehatan, tapi justru akan cenderung membahayakan tubuh.

Menurut penelitian Bahwa dampak buruk mencampur susu dengan buah bisa mengakibatkan fermentasi lambung. Hal itu Karena asam pada buah bercampur dengan protein. Banyak jenis buah yang memiliki sifat asam. Berikut ini adalah jenis buah yang mengandung asam dan bahaya jika dicampur dengan susu, antara lain stroberi, nanas, anggur, jeruk dan masih banyak lainnya.

Loading...

Bahaya Mencampur Susu Dengan Teh

Bahaya mencampur susu dengan teh

Selain buah, Mencampur teh dengan susu juga mengakibatkan efek negatif bagi tubuh. Jika selama ini berpendapat jika menambah teh dengan susu akan menambah manfaat bagi kesehatan, hal tersebut adalah salah.

Baca juga: Bahaya Berendam Air Belerang bagi Kesehatan Tubuh

Dilansir popsugar.com, Menurut sebuah penelitian di European Heart Journal. Susu yang dicampurkan dengan teh akan menghilangkan manfaat teh. Hal tersebut disebabkan, protein yang terkandung dalam susu yang disebut kasein, jika dicampur pada teh, akan mengurangi konsentrasi catchein yang bermanfaat untuk mencegah serangan penyakit jantung.

Jika dilihat dari manfaat susu, susu merupakan sumber kalsium yang berguna untuk kesehatan tulang. Dengan konsumsi susu akan membuat perlindungan tulang Anda agar selalu sehat dan kuat. Sayangnya, teh memiliki kandungan senyawa yaitu asam oksalat, senyawa itu akan dikeluarkan bersama urin atau air kencing.

Di dalam tubuh, senyawa asam oksalat dapat mengikat kalsium dan membuat partikel yang biasa disebut batu ginjal. Untuk besaran pertikel tersebut tergantung dengan seberapa besar ikatan atau keterikatan asam oksalat teh dengan kalsium susu tersebut. Jika konsumsi susu campur teh terlalu sering yang membuat keterikatan itu menjadi besar, maka semakin besar juga partikel batu ginjal tersebut. Dengan itu, maka semakin besar seseorang terkena penyakit ginjal.

Nah, jika Anda sering minum susu dengan teh secara bersamaan akan menimbulkan penyakit kencing batu atau batu ginjal, apalagi jika konsumsinya tidak dibarengi dengan minum air putih yang banyak.

Bahaya Mencampur Susu Dengan Coklat

Mencampur susu dengan coklat akan menimbulkan dampak negatif pada tubuh Anda. Susu yang mengandung protein dan kalsium, sementara coklat dengan kandungan asam oksalat, jika tercampur, maka kalsium akan bersifat non larut sehingga mengganggu penyerapan kalsium untuk tulang.

Dengan kurangnya asupan kalsium oleh tulang, tentu akan mengganggu kesehatan tulang Anda. Hal yang akan terjadi jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dan waktu yang lama, akan menimbulkan kekuatan dan kesehatan tulang terganggu. Mencampur susu dengan cokelat diduga akan menyebabkan tulang keropos.

Maka sebaiknya dalam mengkonsumsi cokelat atau susu, sebaiknya tidak dicampur atau dalam satu waktu. Hal ini akan menyehatkan dan manfaat kesehatan dari keduanya akan optimal Anda dapatkan.

Demikianlah pembahasan bahaya mencampur susu dengan buah dan teh serta cokelat. Semoga informasi ini bermanfaat untuk pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Bahaya Bahan Pestisida Pada Buah Dan Sayuran

 

Loading...

Leave a Comment