Bahaya Minum Teh Hijau Saat Haid (Menstruasi) Pada Wanita

Bahaya minum teh hijau saat haid (Menstruasi) pada wanita. Masih banyak pertanyaan seputar mengkonsumsi teh hijau pada waktu menstruasi, apakah boleh, dan apa bahaya?. Wanita yang sedang haid dan kemudian mengkonsumsi teh, baik teh pahit atau teh manis dalam keadaan hangat. Memang ada manfaat minum teh hangat saat haid yaitu sebagai pereda situasi agar menjadi lebih nyaman karena pengaruh nyeri, sakit kepala, dan mood yang kurang bagus. Namun perlu diketahui bahwa teh, khususnya teh hijau mengandung tanin yang bisa menghambat penyerapan zat besi pada tubuh.

Loading...

Bahaya minum teh hijau saat haid dengan terhambatnya penyerapan zat besi tersebut akan menyebabkan produksi sel darah merah yang baru menjadi terganggu. Harus diketahui bahwa wanita haid membutuhkan banyak pasokan sel darah merah untuk mengatasi sel darah merah yang berkurang akibat dinding rahim yang terdiri dari gumpalan darah akan terus berkurang selama menstruasi. Nah, apakah bahaya minum teh hijau saat haid?. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Baca juga: Teh Hijau Pelangsing Yang Ampuh dan Aman Untuk Mengecilkan Perut

Bahaya Minum Teh Hijau Saat Haid dan Pencegahannya

bahaya minum teh hijau saat haid

Minum teh hijau yang bisa menghambat penyerapan sel darah merah tersebut membuat mengakibatkan berkurangnya darah merah atau Anemia saat haid. Untuk mengatasinya tubuh memerlukan asupan makanan yang mampu membantu meningkatkan produksi sel darah merah, seperti sayuran hijau, hati ayam, daging sapi dan lainnya.

Loading...

Jadi, untuk mengatasi bahaya minum teh hijau saat haid jika Anda sedang melakukan diet, yaitu dengan teh hijau yaitu dengan memperbanyak konsumsi jenis makanan yang bisa menambah produksi sel darah merah. Imbangi makan sayuran hijau, buah-buahan dan daging. Kesimpulannya, Tidak apa-apa wanita yang sedang haid minum teh hijau selama tidak mengakibatkan anemia.

Baca juga: 5 Efek Samping Teh Hijau untuk Diet pada Wanita

Selain itu, untuk mencegah bahaya minum teh hijau saat haid harus memperhatikan aturan minum teh hijau yang benar. Minum teh hijau saat haid dianjurkan hanya 1 sampai 2 cangkir setiap hari, dan tidak minum teh hijau tersebut bersamaan dengan mengkonsumsi makanan penambah darah. Sangat tidak dibenarkan minum teh hijau saat haid dalam keadaan anemia, tentu akan membawa pengaruh kurang baik untuk kesehatan.

Perlu diketahui bahwa ada manfaat minum teh hijau saat haid. Teh hijau mengandung polyphenols yaitu zat antioksidan yang mampu melawan radikal bebas yang baik untuk tubuh. Selain itu, beberapa hasil studi mengungkapkan bahwa polyphenols dapat menurunkan produksi hormon kortisol (hormon stress). Oleh karena itu, bahaya minum teh hijau saat haid tidaklah berdampak buruk pada kesehatan selama memperhatikan cara minum teh hijau yang benar dan tidak sedang mengalami anemia.

Demikianlah pembahasan tentang bahaya minum teh hijau saat haid dan pencegahannya. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat. Salam sehat!!

Baca juga: Cara Minum Teh Hijau yang Benar Untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Loading...

Leave a Comment