Bahaya Penyakit Hiv/AIDS

Penyakit HIV/AIDS

Warassehat.com – Bahaya Penyakit HIV AIDS akan berlangsung begitu Anda terinfeksi, di mana virus masuk ke tubuh Anda. Sistem imun tubuh Anda akan langsung diserang terus-menerus hingga sulit hidup sehat. Mengutip Healthline, HIV bergerak langsung menghancurkan sel CD4 (sel T atau sel pembantu), yang penting untuk sistem imun tubuh. Sel CD4 berperan menjaga tubuh kita tetap sehat dan melindungi diri dari segala ancaman penyakit. Bahaya penyakit HIV akan berkembang memengaruhi kesehatan setiap orang secara bervariasi, tergantung pada: Usia Kesehatan Anda secara keseluruhan Seberapa cepat HIV didiagnosis, Bagaimana bahaya penyakit HIV?

HIV/AIDS adalah penyakit kronis yang melemahkan sistem imun tubuh. Infeksi penyebab HIV dan AIDS itu sendiri sangat rentan menular dari satu orang ke lainnya. Nah, bahaya dari HIV dan AIDS bukan cuma dari kemudahan cara penularannya saja. Bagi pengidapnya, komplikasi HIV dan AIDS dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit serius. Nah untuk itu, setiap orang perlu mewaspadai penyebaran virus HIV ini. Namun, perlu diingat bahwa HIV tidak dapat menular melalui kontak biasa, jadi kamu tidak bisa tertular HIV dengan berpelukan, berciuman, atau berjabat tangan dengan orang yang terinfeksi.

Komplikasi HIV dan AIDS Yang Berupa Infeksi

Salah satu bahaya serius yang mengintai orang HIV dan AIDS (ODHA) adalah macam-macam infeksi yang dinamakan dengan infeksi oportunistik. Disebut oportunistik karena berbagai macam mikroba penyebab infeksi (termasuk bakteri, jamur, parasit, dan virus lainnya) muncul mengambil kesempatan selagi daya tahan tubuh sedang lemah-lemahnya. Berikut adalah beberapa jenis infeksi yang rentan menyerang orang dengan HIV dan AIDS:

1. Candidiasis

Candidiasis adalah komplikasi HIV/AIDS berupa infeksi jamur yang menyebabkan timbulnya lapisan putih tebal pada kulit, kuku, serta selaput lendir seperti mulut, vagina atau penis, dan kerongkongan.

2. Infeksi Jamur Pada Paru

Berbagai macam infeksi paru dapat menjadi salah satu bahaya dari HIV/AIDS yang umum terjadi. Ambil contoh Coccidioidomycosis. Infeksi jamur yang menyerang paru-paru ini dapat muncul ketika ODHA menghirup udara mengandung spora jamur di daerah beriklim panas dan kering. Pengidap HIV delapan kali lebih berisiko untuk dirawat di rumah sakit karena komplikasi pneumonia dibanding dengan orang sehat. Maka dari itu, orang dengan HIV dan AIDS harus mendapatkan vaksin antipneumonia untuk mencegah bahaya lain yang lebih mengancam.

3. Tuberkulosis

Tuberkulosis adalah jenis infeksi paru yang disebabkan oleh keluarga bakteri Mycobacterium avium complex. Ada dua jenis bakteri yang mask dalam keluarga ini, yaitu Mycobacterium avium dan Mycobacterium intracellulare. Bahkan pada kenyataannya, hampir semua member slot gacor sudah memiliki bakteri TB dalam tubuhnya meski belum tentu aktif. Bakteri TB pada ODHA lebih cepat menjadi aktif dan sulit diobati dibanding pada orang sehat.

Pengobatan HIV/AIDS

Penderita yang telah terdiagnosis HIV harus segera mendapatkan pengobatan berupa antiretroviral (ARV) yang bekerja untuk mencegah virus HIV menggandakan diri dan menghancurkan sel CD4. Pengobatan ini dapat digunakan untuk ibu hamil agar mencegah penularan HIV ke janin. Namun perlu diingat bahwa pengobatan ini harus dilakukan rutin dan diminum sesuai jadwal, di waktu yang sama setiap hari agar perkembangan virus dapat dikendalikan.

Pencegahan HIV/AIDS

Penularan HIV dapat dicegah melalui langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Saling setia terhadap pasangan, hindari berganti-ganti pasangan.
  2. Hindari penggunaan narkoba terutama melalui jarum suntik.
  3. Edukasi HIV yang benar mengenai cara penularan, pencegahan, dan pengobatannya, dapat membantu mencegah penularan HIV di masyarakat.

Selain penyakit tersebut masih banyak penyakit yang termasuk Penyakit Kronis lainnya dan juga ada yang wajib perlu kalian ketahui mengenai Penyakit Tumor agar tidak terkena¬†penyakit kronis , selain itu juga kami memberikan Cara Mengobatinya juga, dan dengan hadirnya kami, visi kami juga tentu saja akan menyehatkan Indonesia agar tidak mudah kena penyakit, apabila jika memang sudah terkena kami ada solusinya untuk kalian semua. Ingatlah selalu pepatah “Bersih Pangkal Sehat”. Salam Waras Salam Sehat. Salam WARASSEHAT.