Bahaya Terapi Lilin (Ear Candle) untuk Mengatasi Telinga Berdengung

Bahaya terapi lilin (ear candle) untuk mengatasi telinga berdengung. Membersihkan telinga dengan menggunakan terapi lilin atau ear candle bukan merupakan tindakan yang dianjurkan oleh medis. Beberapa pasien yang melakukan terapi lilin tersebut justru mengalami keluhan seperti telinga terasa nyeri dan panas. Beberapa keluhan lainnya bahwa setelah menjalani terapi lilin telinga terasa tersumbat. Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata bahaya terapi lilin ditimbulkan karena terdapat lilin yang masuk ke lubang telinga yang bisa mengakibatkan iritasi thermal atau iritasi yang disebabkan panas pada liang telinga tersebut.

Loading...

Banyak informasi yang salah yang berkembang di publik. Bahwa manfaat terapi lilin bisa mengeluarkan kotoran pada liang kuping, menyembuhkan flu berat dan mengatasi telinga berdengung. Namun semua manfaat tersebut belum ada hasil penelitian atau pemeriksaan medis yang membenarkan hal  tersebut. Bahkan yang terjadi sebaliknya, setelah selesai menjalani terapi lilin banyak keluhan yang dialami oleh si pasien. Agar lebih jelas tentang apa saja dampak bahaya terapi lilin pada telinga, simak lebih lanjut di bawah ini.

Bahaya Terapi Lilin Pada Telinga

bahaya terapi lilin

Cara membersihkan telinga dengan terapi lilin yang diyakini memberikan manfaat untuk mengatasi telinga berdengung, mengatasi flu berat dan membersihkan kotoran di dalam. Namun yang banyak terjadi setelah terapi telinga malah mengalami gangguan. Selain gangguan atau keluhan panas pada telinga saat proses terapi lilin dan iritasi akibat panas yang ditimbulkan, ternyata masih banyak dampak bahaya lainnya. Berikut ini adalah bahaya terapi lilin bagi telinga, yaitu:

1. Iritasi Thermal dalam Telinga

Loading...

Banyak yang tidak menyadari dampak bahaya terapi lilin tersebut. Pasien menganggap rasa panas yang dirasakan saat melakukan terapi ear candle merupakan proses pembersihan untuk mengeluarkan kotoran dari dalam telinga sekaligus aromatherapy. Padahal hal tersebut akan membawa dampak negatif pada kesehatan telinga yaitu iritasi atau iritasi thermal.

Baca juga: Bahaya Akibat Kekurangan Vitamin d Bagi Tubuh

2. Kerusakan Gendang Telinga

Bahaya terapi lilin lainnya yaitu jika membersihkan telinga dengan menggunakan ear candle yang dilakukan dalam jangka waktu yang sering akan menimbulkan kerusakan gendang telinga. Oleh sebab itu sangat tidak disarankan melakukannya. Panas dari api yang membakar lilin tersebut adalah penyebab utama kerusakan gedang telinga.

3. Merusak Fungsi Telinga

Dampak buruk ear candle atau terapi lilin akan menjadi buruk jika dilakukan dalam jangka waktu yang sering. Hal ini akan menyebabkan fungsi pendengaran kita menurun yang disebabkan panas pada lubang telinga. Pertama akan merusak gendang telinga maka akan berlanjut pada menurunnya pendengaran. Maka sebelum bahaya terapi lilin ini terjadi, sebaiknya Anda pikir lagi untuk mencoba membersihkan kotoran telinga dengan terapi lilin.

Tips Membersihkan Telinga yang Aman dan Benar

Untuk menghindari bahaya terapi lilin atau ear candle  Anda bisa mulai dengan membersihkan kotoran telinga sendiri. Dengan membersihkan telinga sendiri di rumah secara  benar tentu lebih aman. Berikut ini beberapa tips cara membersihkan telinga yang benar yaitu:

  • Membersihkan telinga menggunakan cotton bud yang diolesi minyak zaitun 1 sampai 2 kali seminggu.
  • Jika kotoran telinga kering dan membatu dan terdorong ke dalam maka jangan mencoba untuk mengeluarkannya sendiri. periksakan ke dokter THT. Dokter akan melakukan ear toilet (spoeling) dan hal itu tidak bisa dilakukan oleh Anda sendiri di rumah.
  • Gunakan cotton bud yang berbahan kapas lembut yang bisa menyerap bagus.
  • Jangan mengorek telinga dengan jari karena berisiko kuku yang masuk akan menyebabkan iritasi dan kuman atau bakteri masuk ke dalam telinga yang akan menimbulkan bahaya lain.

Demikianlah ulasan tentang bahaya terapi lilin dan tips membersihkan telinga yang aman dan benar. Semoga informasi ini berguna bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Bahaya Berendam Air Belerang bagi Kesehatan Tubuh

Loading...

Leave a Comment