6 Bahaya Berat Badan Berlebih Pada Pria dan Wanita Serta Cara Mengatasinya

Bahaya berat badan berlebih pada pria dan wanita serta cara mengatasinya. Ada banyak bahaya badan gemuk yang bisa dialami oleh pria, wanita bahkan anak-anak. Bahaya kegemukan diantaranya dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit. Memiliki timbunan lemak berlebih dalam tubuh akan berisiko gangguan kesehatan yang serius yaitu beberapa jenis penyakit seperti kanker dan penyakit jantung. Selain itu,  akibat badan terlalu gemuk menjadikan penampilan kurang bagus dan yang pasti kurang baik untuk kesehatan Anda. Jenis penyakit apa saja resiko penyakit orang gemuk pada pria atau wanita?.

Loading...

Oleh karena itu jangan pernah sepelekan masalah gemuk karena ada bahaya yang siap mengintai dari kelebihan berat badan Anda. Untuk mengatasi bahaya kegemukan yaitu dengan mengembalikan berat badan ideal agar berat badan tidak terlalu gemuk. Menjaga berat badan ideal juga harus benar-benar diperhatikan khususnya bagi Anda yang keluarganya memiliki riwayat diabetes, penykit jantung, kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Dengan menurunkan berat badan maka akan mampu mengurangi risiko penyakit serupa. Untuk lebih jelasnya tentang apa saja bahaya berat badan berlebih dan resiko penyakit orang gemuk, simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Bahaya Berat Badan Berlebih Pada Pria dan Wanita

Supaya terhindar dari bahaya badan gemuk atau berat badan berlebih (kegemukan) maka sangat dianjurkan untuk menjaga berat badan Anda tetap ideal. Untuk informasi tentang bagaimana cara menurunkan berat badan secara alami. Cara mengatasi bahaya berat badan berlebih lainnya yaitu  dengan diet dan rajin berolahraga. Menjaga pola hidup sehat dengan rutin berolahraga serta pola makan yang baik dengan mengkonsumsi makanan rendah lemak dan pengurangan terhadap porsi makan yan berlebihan.

Baca juga: Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Cepat Dalam Seminggu

Agar lebih waspada dengan bahaya berat badan berlebih maka beberapa gangguan kegemukan dibawah ini wajib Anda ketahui, antara lain:

Loading...

1. Gangguan Tidur

Akibat kegemukan pada pria dan wanita yang pertama yaitu gangguan tidur. Kebanyakan orang gemuk akan mengalami gangguan tidur atau sleep apnea. Kondisi saat orang berhenti bernapas beberapa kali saat tidur dan ini merupakan gangguan yang serius. Kondisi ini membuat kadar oksigen turun drastis, sehingga memengaruhi jantung dan  pembuluh darah serta meningkatkan risiko diabetes dan stroke

Selain hal itu, bahaya berat badan berlebih gangguan fungsi jantung. Orang gemuk sering mendengkur waktu tidur dan hal itu menandakan adanya gangguan pada fungsi jantung, sangat tidak nyaman tidur ditemani oleh orang yang suka mendengkur karena akan mengganggu kenyamanan tidur orang disekitarnya.

 2. Gangguan Pinggang dan Lutut

Bahaya berat badan berlebih pada pria dan wanita lainnya yaitu dapat mengakibatkan gangguan pinggang dan lutut. Memiliki berat badan berlebih maka akan menambah beban pada tubuh dengan kondisi tersebut maka orang gemuk sangat rentan terkena penyakit osteoporosis dan meningkatkan resiko gangguan pada punggung dan lutut. hal ini sangat wajar karena orang gemuk akan menahan beban berat pada sendi dan tulang, jika hal ini dibiarkan bukan mustahil akan menimbulkan gangguan fungsi sendi dan otot dikemudian hari.

 3. Penyakit Kanker

Bahaya berat badan berlebih yang menakutkan yaitu berisiko terkena penyakit kanker. Kegemukan merupakan salah satu penyebab terkena kanker. Akibat kegemukan pada pria yaitu mengakibatkan meningkatnya risiko terkena berbagai jenis Kanker seperti Adenokarsinoma, Esofagus, Kanker kantung empedu, Kanker ginjal kanker pankreas, kanker teroid, dan kanker kolon. Sementara akibat kegemukan pada wanita dapat meningkatkan risiko terkena Kanker ginjal, Kanker kantung empedu, Adenokarsinoma Esofagus, dan kanker rahim.

4. Penyakit Kronis.

Disamping penyakit kanker, bahaya berat badan berlebih lainnya adalah penyakit kronis. Berikut ini beberapa penyakit akibat kegemukan yaitu  tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, liver, artritis, serta gangguan kandung empedu. Selain itu, akibat kegemukan pada pria dan pria lainnya adalah penyakit diabetes dan sakit jantung. Kelebihan berat badan dapat memengaruhi kinerja hormon insulin penyebab diabetes dan meningkatkan risiko sakit jantung.  Lemak berlebih mengganggu jantung karena menimbulkan timbunan kolesterol, kenaikan tekanan darah, dan penyumbatan arteri. Kelebihan lemak juga dapat membuat darah kehilangan kemampuan untuk membeku yang dapat menyebabkan stroke

5. Haid Tidak Lancar

Bahaya berat badan berlebih khususnya pada wanita yaitu dapat menjadikan datang bulan yang tidak teratur. Selain itu akibat kegemukan pada wanita bisa menjadi penyebab gangguan infertilitas Pada akhirnya. yang lebih menakutkan lagi orang bertubuh gemuk memiliki risiko hidup lebih pendek dibandingkan dengan orang yang memiliki berat badan normal.

6. Masalah Psikologis dan Sosial

Pada umumnya orang gemuk akan merasakan rasa tidak percaya diri dalam penampilannya. Mereka merasa minder dengan keadaan tubuh yang gemuk dan bahkan tak jarang mendapatkan perlakuan diskriminasi seperti bullying dari teman-temannya. Diskriminasi dan hilangnya rasa percaya diri tersebut dapat mengakibatkan masalah psikologis dan itu juga berbahaya.

Demikianlah pembahasan tentang bahaya berat badan berlebih pada pria dan wanita. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Loading...

Leave a Comment