4 Manfaat Baking Soda Untuk Gigi dan Efek Samping Bahayanya

Manfaat baking soda untuk gigi dan efek samping bahayanya. Baking soda atau soda kue (Baking Powder) merupakan dari sekian banyak bahan alami yang memiliki banyak manfaat. Selain biasa digunakan untuk membuat kue supaya mengembang ternyata soda kue ini mempunyai khasiat yang luar biasa untuk kulit dan gigi. Manfaat baking soda untuk wajah antara lain untuk menghilangkan jerawat dan lainnya. Namun pada kesempatan kali ini kita akan membahas manfaat dan efek samping baking soda terhadap gigi.

Loading...

Ada banyak manfaat baking soda untuk gigi seperti untuk gigi putih atau memutihkan gigi kuning dan masih banyak lainnya. Disamping itu, selain manfaat untuk gigi, baking soda juga memiliki efek samping untuk gigi jika pemakaiannya dilakukan terlalu sering dan berlebihan dalam penggunaannya pada gigi. Nah, untuk lebih jelasnya tentang manfaat dan efek samping baking soda untuk gigi, simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Baking Soda Untuk Gigi dan Bahayanya

baking soda untuk gigi

Mungkin Anda pernah mendengar manfaat beking soda untuk mulut dan gigi. Kegunaannya untuk mulut yaitu sebagai obat kumur alami yang bisa membantu mengatasi masalah seperti sariawan, sakit gigi dan bau mulut. Sedangkan manfaat baking soda untuk gigi adalah sebagai berikut:

1. Mengatasi Gigi Berlubang

Loading...

Manfaat baking soda untuk gigi yang pertama yaitu dapat menyembuhkan sakit gigi karena gigi berlubang. Untuk gigi berlubang baking soda diramu secara tradisional menjadi pasta yang nantinya dipakai atau dioleskan pada gigi yang berlubang tersebut. Dengan ramuan baking soda mampu membersihkan dari kuman dan bakteri pada lubang gigi sehingga dapat mencegah sekaligus menyembuhkan sakit gigi. Berikut Cara membuat ramuan baking soda untuk obat gigi berlubang, yaitu:

  • Siapkan 2 sendok makan baking soda, 15 sampai 30 tetes lemon dan setengah cangkir minyak kelapa.
  • Campur semua bahan kemudian aduk hingga menjadi seperti pasta.
  • Gunakan menyikat gigi pengganti pasta gigi Anda.
  • Usahakan menyikat pelan pada area gigi yang berlubang.
  • Dengan menyikat gigi tersebut akan berguna memberikan perlindungan agar tidak menjadi lebih rusak.
  • Dan untuk menyembuhkan sakit gigi karena gigi berlubang bisa dengan menggunakan campuran tersebut sebagai obat kumur.

Baca juga: 3 Cara Memutihkan Gigi dengan Baking Soda Secara Alami dan Cepat

2. Memutihkan Gigi

Manfaat baking soda untuk gigi yang paling terkenal yaitu dapat membantu memutihkan gigi. Gigi putih yang dihasilkan dari perawatan dengan baking soda terbukti permanen. Nah, bagi Anda yang memiliki gigi kuning maka penggunaan baking soda menjadi pilihan ampuh untuk memutihkan secara cepat dan permanen. Berikut cara memutihkan gigi kuning dengan baking soda, yaitu:

  • Cairkan baking soda dengan sedikit air kemudian aduk agar tercampur rata.
  • Gunakan campuran tersebut sebagai pasta gigi untuk menyikat gigi.
  • Atau Anda bisa juga dengan mengoleskannya di gigi dan biarkan selama satu menit.
  • Lalu bilas dengan berkumur hingga bersih.

Selain cara memutihkan gigi dengan baking soda saja, ada cara lain baking soda untuk gigi putih yaitu dengan menambahkan air jeruk nipis. Campuran jeruk nipis dan baking soda bisa menjadi obat alami pemutih gigi yang ampuh dan cepat. Berikut ini cara memutihkan gigi kuning dengan baking soda, yaitu:

  • Campurkan baking soda dan air lemon dengan takaran yang sama yaitu cukup 1 sendok makan saja.
  • Aduk hingga tercampur rata kemudian oleskan pada gigi dan biarkan selama semenit.
  • Sikatlah gigi dengan pasta ini selama satu atau dua menit sebelum membilasnya dengan air.
  • Lakukan perawatan gigi kuning dengan baking soda secara teratur yaitu sekali atau dua kali dalam seminggu.

3. Merontokkan Karang Gigi

Baking soda untuk karang gigi dapat membantu merontokkan dan membersihkan karang gigi dengan cepat. Penggunaan baking soda untuk gigi berkarang terbukti dikenal luas oleh masyarakat sebagai obat alami yang ampuh menghilangkan karang tersebut. Berikut ini adalah cara menghilangkan karang gigi dengan baking soda, yaitu:

  • Siapkan 1sendok makan baking soda, taruh pada wadah kecil.
  • Kemudian campurkan garam dengan sedikit garam kemudian diaduk hingga rata.
  • Biasakan sikat gigi dan celupkan pada bubuk campuran ini.
  • Skat gigi seperti biasa, dan kumur-kumur setelah selesai hingga bersih.

4. Memutihkan Gigi Anak

Baking soda untuk gigi selanjutnya yaitu boleh digunakan untuk mengatasi gigi yang hitam pada anak. Caranya yaitu dengan dioles, kemudian sikat gigi secara perlahan dan jangan terburu-buru. Lakukan dengan pelan agar bisa menggapai gigi yang hitam atau kuning. Sebaiknya gunakan resep ini pada umur 1 tahun ke atas.

Selain manfaatnya yang banyak tersebut, ada bahaya baking soda untuk gigi yaitu bisa mengikis lapisan luar gigi. Jika ini dibiarkan akan menjadi gigi ngilu atau gigi sensitif. Maka disarankan untuk Anda, jika ingin menggunakan baking soda pada gigi, ikuti panduannya dan aplikasikan secara rutin. Jika dalam penggunaan sekali saja gigi Anda merasa ngilu maka sebaiknya Anda hindari pemakaian baking soda tersebut.

Demikianlah beberapa manfaat baking soda untuk gigi dan efek sampingnya. Semoga info ini bisa bermanfaat bagi pembaca semua, selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: 3 Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Baking Soda dalam Sekejap

Loading...

Leave a Comment