Menyiapkan Bekal Makanan Sehat Untuk Anak Selama di Sekolah

Tips menyiapkan bekal makanan sehat untuk anak selama di sekolah. Keputusan para ibu membawakan bekal untuk anaknya bukan tanpa alasan. Aktivitas anak di sekolah sejak berangkat sekolah pukul tujuh hingga selesai sekolah pukul dua belas tentu akan membutuhkan asupan nutrisi yang cukup, apalagi bagi mereka tidak membawa uang saku untuk membeli jajanan di sekolah. Kadang sebagian para ibu memutuskan tidak memberikan uang jajan kepada anaknya karena khawatir membeli jajanan di sekolah yang berbahaya. Apalagi akhir-akhir ini marak olahan jajanan anak di sekolah mengandung zat yang membahayakan tubuh bagi anak, seperti porak atau zat pewarna makanan.

Loading...

Anak terbiasa dengan sarapan di rumah. Diantara sarapan anak yang sehat bisa Anda persiapkan dengan segelas minuman sereal sebelum berangkat sekolah, dan selanjutnya Anda siapkan bekal makanan sehat untuk anak. Anda bisa membawakan bekal sandwich untuk dikonsumsi pada waktu istirahat kedua. Ada manfaat jika Anda membawakan bekal makanan anak di sekolah, yaitu mengajarkan sedari dini pada anak untuk mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi.

Tips Menyiapkan Bekal Makanan Sehat Untuk Anak di Sekolah

Membawakan bekal makanan untuk anak di sekolah bukan tanpa alasan. Pada periode masa pertumbuhan anak, tubuh mereka akan menyerap banyak nutrisi. Sebagai orangtua tentu menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Apalagi bagi mereka yang mempunyai anak yang memiliki masalah kesehatan.

Namun, kadang bekal yang Anda persiapkan anak tidak menyukainya. Oleh karena itu, para bunda dituntut bisa menyiasati kesukaan anaknya pada makanan, seperti mencampur buah pada puding bekal anak dan selalu menyertakan menu sayur pada anak. Sayur yang baik untuk anak adalah sayuran hidroponik yang organik. Selain lebih segar, sayuran organik lebih aman bagi kesehatan.

bekal makanan sehat untuk anak
Menyiapkan Bekal Makanan Sehat Untuk Anak Selama di Sekolah

Untuk menyiapkan bekal Anda membutuhkan waktu persiapan. Lakukan waktu untuk persiapan bekal Anak Anda satu jam. Durasi waktu tersebut bisa Anda gunakan untuk menghias makanan agar menarik. Penataan menu yang menarik akan berpengaruh untuk anak mau mengkonsumsi bekal.

Loading...

Baca juga: Manfaat Tidur Siang Bagi Anak Anak

Anda sebagai orangtua, perannya hanya mengarahkan menu yang baik untuk dibawa. Perlu diingat, menu tak perlu berlebihan yang penting nilai gizi yang mencukupi. Selain itu, Anda juga bisa memberinya menu yang bervariasi agar anak tidak mudah bosan dengan bekal yang Anda bawakan. Boleh juga, Anda mengajak dia untuk membantu menyiapkan bekalnya, yaitu menata bekal makanan di dalam kotak.

Manfaat Membawa Bekal Makanan Sehat Untuk Anak

Usahakan membiasakan anak membawa bekal ke sekolah, hal ini dapat mengurangi kecenderungan anak membeli dan memakan “makanan sampah” atau junk food. Bahaya junk food akan berakibat buruk bagi kesehatan, seperti penyakit jantung dan masalah kolesterol pada anak.

Membuat bekal untuk anak memiliki manfaat bagi anak. Sejak dini anak diajari untuk berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan. Anak pun dibiasakan mengkonsumsi makanan yang diproduksi di rumah yang tentu lebih aman.

Ada sebagian orangtua memberi bekal makanan sehat untuk anak, dan masih memberikan uang saku juga. Disini peran orangtua sangat penting untuk mengarahkan untuk anaknya menabung atau tidak menghabiskan semua uang jajan. Dengan menanamkan kebiasaan pada anak untuk menyimpan uang saku untuk ditabung, menjadikan anak memiliki kebiasaan suka menabung.

Membawa bekal juga dapat mengurangi kebiasaan anak membeli jajan di luar, juga akan mengurangi kekhawatiran orangtua atas panganan yang dikonsumsi anak. Akan tetapi itu akan membuat anak selalu bergantung pada orangtua karena segala kebutuhan dan keputusan ditentukan oleh orangtua. Dikhawatirkan anak akan memiliki sifat manja.

Maka ada baiknya, Anda meminta pendapat anak bekal makanan apa yang ingin dibawanya. Biarkan anak meminta jenis makanan yang disukainya, maka tentunya bekal yang dibawa akan habis dikonsumsinya.

Demikianlah tips menyiapkan bekal makanan sehat untuk anak di sekolah dan manfaatnya. Semoga info ini bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak

 

Loading...

Leave a Comment