Berbahayakah Bercak Putih Pada Lidah Bayi dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Berbahayakah  bercak putih pada lidah bayi dan bagaimana cara mengatasinya. Mungkin para bunda merasa was-was dengan adanya bercak putih yang terjadi pada lidah si buah hati. Meskipun dikategori tidak berbahaya bagi bayi, Namun dapat mengganggu proses menyusui. Bunda perlu tahu penyebab dari masalah ini, sebelum menjadi rasa was-was yang berkepanjangan.

Loading...

Penyebab Bercak Putih pada lidah bayi bisa dikarenakan dua hal, yaitu sisa ASI atau susu yang tak dibersihkan dan jamur. Jika penyebabnya adalah dari sisa susu yang menempel, kategori ini masih bisa disebut normal. Bercak putih di lidah bayi karena susu muncul setelah bayi minum susu, pada kasus ini, bunda bisa dengan mudah mengatasinya. Agar lebih jelas, berikut ini cara mengatasi bercak putih pada lidah bayi karena sisa ASI.

Cara Mengatasi Bercak Putih Pada Lidah Bayi Karena Sisa ASI dan Jamur

bercak putih pada lidah bayi

Sisa Asi yang masih menempel pada lidah bayi yang tidak dibersihkan akan menimbulkan bercak putih di lidah bayi. Bercak yang terjadi tergolong masalah yang normal dan banyak terjadi. Untuk mengatasinya bunda bisa lakukan dengan cara yang mudah dengan cara membersihkan residu susu tersebut. Berikut ini cara mengatasi bercak putih pada lidah bayi karena sisa ASI, yaitu:

  • Cukup dengan menggunakan kain kasa yang bersih dan lembut
  • Gosok dengan berlahan pada lidah bayi
  • Setelah selesai dibersihkan maka lidah akan normal kembali ke warna merah muda seperti sedia kala.

Bercak putih pada lidah bayi karena sisa ASI atau susu tidak akan membahayakan bagi bayi. Namun dengan catatan, yaitu dengan bunda rajin membersihkan lidah bayi setiap selesai menyusuinya. Nah, yang perlu diperhatikan adalah bercak lidah yang disebabkan oleh jamur. Jenis jamur yang menjadi penyebabnya adalah jamur candida.

Loading...

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak dan Bayi Karena Flu

Penyebab jamur yang menyebabkan bercak putih pada lidah bayi bermacam-macam. Ada jamur yang diperoleh bayi saat lahir, yaitu dari jalan lahir ibunya yang terkena jamur Candida Albicans yang kemudian menempel pada pada mulut bayi. Jamur candida Albicans bersifat saprofit atau menyerang saat daya tahan tubuh bayi menurun yang menimbulkan infeksi dan diare.

Bercak putih pada lidah bayi bisa juga disebabkan karena ibu menyusui mengkonsumsi antibiotik dalam waktu yang panjang sehingga antibiotik tersebut membunuh bakteri baik pada tubuh bayi dan menyebabkan timbulnya mikroorganisme lain, termasuk jamur yang menyebabkan bercak yang tumbuh pada lidah bayinya.

Penyebab bercak putih pada lidah bayi karena jamur selanjutnya yaitu karena pemakaian dot atau empeng yang kotor atau tidak steril. Pada kasus ini, jamur atau spora yang sering tidak mudah hilang bila terlanjur menempel pada dot atau empeng yang kurang memperhatikan kebersihannya. Dan jamur tersebut akan membuat lidah atau mulut bayi jadi terkena jamur lewat dot atau empeng tersebut. Selain dot, jamur juga bisa disebabkan dari puting ibu menyusui yang lecet dan terinfeksi jamur. Saat bayi menyusu jadi menular ke mulut bayi. Nah, penting bagi ibu menyusui untuk menjaga kebersihan puting dan payudara sebelum dan sesudah menyusui. Tak terkecuali bagi ibu yang memerah susu.

Cara Menghindari dan Mengatasi Bercak Putih Pada Lidah Bayi Karena Jamur

Pertumbuhan jamur pada lidah bayi tersebut tergantung pada daya tahan tubuh si bayi. Saat daya tahan menurun maka jamur itu bisa meluas dan cepat menyebar pada lidah dan mulut. Cara mencegah dan sekaligus mengatasinya adalah dengan menjaga daya tahan tubuh agar selalu prima. Dan cara menjaga daya tahan tubuh bayi agar kuat maka perlu dilakukan beberapa langkah mudah. Diantaranya, dengan memberinya ASI eksklusif, ditambah dengan pemberian tambahan MPASI bergizi seimbang di usia 6 bulan ke atas. Selain itu untuk mengatasi bercak putih pada lidah bayi karena jamur dengan selalu menjaga pola gaya hidup sehat dan lingkungan yang bersih demi keamanan dan kenyamanan si bayi tersebut.

Timbulnya jamur berkaitan langsung dengan kebersihan. Maka untuk menghindari dan cara mengatasi timbulnya bercak putih pada lidah bayi yaitu dengan menjaga kebersihan. Berikut ini cara mengatasi bercak putih pada lidah bayi karena jamur, yaitu:

  • Menjaga Kebersihan peralatan minum atau makan bayi seperti dot, empeng sendok dan lainnya. Lakukan dengan menyeterilkan secara berkala sebelum dan sesudah digunakan
  • Untuk bayi yang diberikan dengan susu formula, setelah menyusu, maka mulut bayi perlu dibilas dengan meminumkannya air putih
  • Setelah menyusu ASI, mulut dan lidah bayi perlu dibersihkan dengan menggunakan kasa lembut dan halus yang dicelupkan pada air hangat. Usapkan dengan lembut dan berlahan pada lidah bayi
  • Lakukan cuci tangan dan membersihkan payudara ibu menyusui dengan baik sebelum dan sesudah menyusui. Selain itu cara pelekatan mulut bayi dengan puting harus dengan cara yang benar. Pelekatan yang salah akan menyebabkan lecet pada payudara yang bisa menjadi penyebab jamur pada payudara yang nantinya menjadi bercak putih pada lidah dan mulut bayi

Dengan melakukan hal tersebut diatas maka akan bisa menyembuhkan bercak putih pada lidah bayi karena jamur. Jamur pada lidah bayi tersebut tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan Anda melakukan langkah-langkah tersebut diatas maka dengan sendirinya akan sembuh. Namun tumbuhnya jamur pada lidah dan mulut bayi akan dapat mengganggu saat menyusui dan saat memberikan makan pada bayi.

Dengan adanya jamur pada lidah dan mulut bayi tersebut biasanya akan menjadikan bayi menolak untuk menyusu dan makan, sehingga hal tersebut menimbulkan nutrisinya terganggu. Maka jika Bercak putih pada lidah bayi karena jamur dibiarkan dalam waktu yang lama maka dampak buruknya adalah berat badan bayi akan menurun dan susah untuk naik bobot badannya.

Selain itu bahaya lainnya adalah akan menimbulkan risiko gangguan tumbuh kembang pada bayi. Cara untuk mengatasi bercak putih pada lidah bayi yang terbaik dengan menjaga kebersihan seperti langkah-langkah di atas. Namun jika bercak putih pada lidah bayi menempel kuat dan sulit untuk dibersihkan, bahkan berdarah, maka segera periksakan atau konsultasikan ke dokter anak agar dapat penanganan lebih lanjut

Demikianlah pembahasan tentang penyebab bercak putih pada lidah bayi dan cara mengatasinya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi pembaca semua khususnya para ibu. Salam sehat!!

Baca juga: Cara Menyusui Yang Benar Dan Praktis Pada Bayi

 

Loading...

Leave a Comment