Berpuasa Meningkatkan Kesehatan Jasmani dan Rokhani

WarasSehat.com – Benarkah dengan berpuasa dapat meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani kita? Apa saja manfaat puasa bagi kesehatan tubuh?

Loading...

Puasa adalah ibadah yang wajib dikerjakan kaum muslimin pada saat bulan ramadhan, selain sebagai ibadah dan mendapat pahala ternyata puasa meningkatkan kesehatan kita, baik kesehatan jasmani dan rokhani.

Banyak hasil penelitian yang menyatakan bahwa berpuasa adalah menyehatkan, hal ini karena saat orang berpuasa, maka organ-organ pencernaan mengalami masa istirahat, bisa dibayangkan bagaimana organ pencernaan kita bekerja terus menerus dan tanpa diistirahatkan dengan berpuasa, tentu kerusakan pada organ pencernaan kita, dengan puasa maka ada jeda atau penurunan kinerja organ pencernaan.

Manfaat Berpuasa Meningkatkan Kesehatan Jasmani

Salah satu manfaat yang langsung dirasakan oleh orang yang berpuasa, adalah mampu meningkatkan kesehatan tubuh atau jasmani kita, dengan berpuasa sebagian organ penting dalam tubuh mengalami masa istirahat dan membuat sel-sel jaringan  baru yang menggantikan jaringan sel-sel lama didalam tubuh.

Berpuasa meningkatkan kesehatan

Loading...

Puasa juga menyehatkan lambung, dengan menahan lapar dan haus, maka lambung akan berhenti bekerja, dengan berpuasa asam lambung akan menjadi normal, maka tidak heran orang penderita maag atau punya gangguan asam lambung, merasa lebih sehat selama berpuasa.

Manfaat puasa terbukti dengan berpuasa semua organ tubuh mengalami pembaharuan, bahkan pembaharuan yang terjadi pada kulit, peremajaan kulit ini menjadikan orang berpuasa akan terlihat awet muda, dengan berpuasa akan menjadikan sel-sel baru sebagai regenerasi  pada organ tubuh.

Manfaat Berpuasa Meningkatkan Kesehatan Rokhani

Selain manfaat kesehatan bagi jasmani atau tubuh kita, ternyata puasa juga meningkatkan kesehatan rokhani, berikut adalah manfaat puasa bagi kesehatan jiwa atau rokhani.

1. Membantu mengontrol emosi

Saat berpuasa kita di tuntut untuk mampu mengendalikan emosi dan stres. Banyak penyakit yang disebabkan oleh pengaruh emosi dan stres ini, seperti penyakit jantung koroner dan stroke.

Dengan membiasakan menahan stres dan emosi selama berpuasa, maka kita akan terlatih untuk  mengontrolnya, pada hari- hari selanjutnya akan tercipta kedamaian jiwa tanpa emosi dan stres.

Baca juga: Makin Cantik Dengan Memancarkan Inner Beauty

2. Meningkatkan rasa peka terhadap lingkungan

Manfaat lain dari berpuasa adalah menambah kepekaan kita terhadap lingkungan, yaitu bisa mengetahui bagaimana merasakan rasa lapar dan haus, merasakan berat aktivitas dengan perut kosong, setelah mengetahui dan merasakan berpuasa, seseorang akan peka pada lingkungan sekitar.

Peka terhadap keadaan orang lain yang tak mampu dilingkungan sekitarnya, bagaimana dia menjalani kesehariannya yang sering menahan rasa lapar dan haus, ikatan bathin ini mengajarkan arti bersyukur dan menambah jiwa sosial kita.

3. Meningkatkan dermawan dengan rasa berbagi

Jiwa sosial seseorang akan diajarkan selama berpuasa  yaitu meningkatnya rasa berbagi dan dermawan, dengan berpuasa kita disuruh untuk dermawan dengan perbanyak sedekah.

Selain itu juga diajarkan rasa berbagi, sebagai contohnya memberi takjil atau makanan saat berbuka menjadi keutamaan saat puasa, bermanfaat meningkatkan rasa berbagi rejeki atas nikmat yang diperoleh.

Memang sangat banyak yang dapat kita peroleh selama kita berpuasa, dengan berpuasa meningkatkan kesehatan kesehatan jasmani dan rokhani kita.

Loading...

Leave a Comment