Manfaat Biji Kopi hijau dan Risiko Meminumnya bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat biji kopi hijau dan risiko meminumnya bagi kesehatan tubuh. Biji kopi hijau atau green coffee bean terkenal dengan kegunaannya dalam membantu untuk diet menurunkan berat badan. Proses pembuatan kopi hijau yang tidak melalui proses panggang atau sangrai membuat kandungan asam klorogenat pada biji kopi ijo lebih banyak dan tinggi dibandingkan biji kopi biasa yang disangrai. Asam klorogenat inilah yang memiliki beberapa manfaat untuk tubuh, salah satunya yang paling terkenal berguna untuk diet. Tidak hanya mampu menurunkan berat badan saja, kopi hijau mampu membakar lemak, dan mampu mengatasi beberapa penyakit.

Loading...

Biji kopi hijau juga mengandung kafein. Kafein dalam kopi hijau juga bagus untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan diyakini mampu membantu membakar lemak.  Dengan kandungan asam klorogenat dan kafeinnya tersebut menjadikan kopi hijau bisa bermanfaat untuk mengatasi penyakit-penyakit tertentu. Nah, agar lebih tahu tentang apa saja manfaat biji kopi hijau dan risiko meminumnya. Simak penjelasannya di bawah ini.

Manfaat dan Risiko Minum Biji Kopi Hijau

biji kopi hijau

Saat ini banyak produk kopi hijau yang dijual di supermarket, minimarket dan bahkan di online. Kopi hijau tidak lagi dalam bentuk biji kopi hijau yang utuh. Namun pada produk-produk kopi hijau untuk diet telah dikemas menjadi bentuk kopi hijau kapsul dan bubuk. Biji kopi dalam bentuk kapsul atau bubuk memiliki manfaat sama selama kopi hijau yang dibeli tersebut asli. Dengan meminumnya maka akan mendapatkan beberapa khasiat dan berikut ini manfaat biji kopi hijau dan risiko meminumnya, adalah sebagai berikut:

1. Menghilangkan Lemak

Loading...

Seperti yang kita tahu keberadaan lemak di bagian perut, paha dan lengan membuat tubuh kita terlihat gemuk. Bahkan timbunan lemak pada perut menjadikan perut buncit. Nah, Manfaat biji kopi hijau yang direbus kemudian di minum secara rutin 2 kali sehari mampu membantu membakar lemak dan menurunkannya, sehingga tubuh gemuk bisa menjadi langsing. Jadi, Minum kopi hijau membantu mengecilkan perut buncit.

Baca juga: Cara Minum Green Coffee Bubuk dan Kapsul yang Baik dan Benar Untuk Diet

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Siapa sangka dengan minum kopi hijau membantu menjaga kulit agar tetap sehat dan terhindar dari kerusakan sel-sel kulit. Manfaat biji kopi hijau memang bagus untuk kulit karena mengandung antioksidan tinggi yang ampuh menangkal radikal bebas. Selain melindungi kulit, antioksidan pada kopi hijau membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak karena radikal bebas tersebut. Sehingga rutin mengkonsumsi kopi hijau membuat seseorang awet muda.

3. Membuat Kenyang Lama

Manfaat biji kopi hijau jika diminum akan membuat kenyang lebih lama. Maka tak mengherankan banyak orang meminum kopi hijau untuk diet menurunkan berat badan. Minum kopi hijau dua kali sehari pagi dan malam sebelum tidur akan mencegah rasa lapar sehingga akan membantu dalam menjalankan diet.

4. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol tinggi merupakan penyebab beberapa penyakit mematikan seperti penyakit jantung dan stroke. Minum kopi hijau tidak hanya bagus untuk membantu program diet saja. Manfaat biji kopi hijau yang dibuat minuman akan menurunkan kadar kolesterol jahat yang tinggi. Dengan minum 2 kali sehari bisa mencegah timbunan kolesterol pada pembuluh darah penyebab penyakit jantung. Sehingga pembuluh darah menjadi sehat, dan jantung pun menjadi kuat.

Disamping manfaat biji kopi hijau yang baik untuk tubuh, ternyata juga memiliki efek samping. Risiko minum kopi hijau bisa terjadi jika dalam meminumnya secara tidak benar dan berlebihan dalam takarannya. Untuk lebih jelasnya tentang aturan minum kopi hijau bisa Anda baca dibawah ini.

Baca juga: Cara Minum Kopi Hijau Yang Benar Untuk Menurunkan Berat Badan (Diet)

Jadi, tidak hanya manfaat saja yang kita dapatkan dengan minum kopi hijau tersebut. Maka penting untuk mencegah efek samping mengkonsumsi kopi hijau dengan mengikuti aturan minumnya. Dan Berikut ini risiko atau efek samping minum biji kopi hijau pada tubuh, yaitu:

  • Seperti pada umumnya kopi, mengkonsumsi kopi hijau dalam jumlah banyak atau sering berisiko menimbulkan sakit kepala, pusing, telinga berdenging, rasa cemas, dan detak jantung yang cepat.
  • Kandungan kafein pada biji kopi hijau bisa menyebabkan perut mengalami mual muntah, dan sakit perut.
  • Penting minum kopi hijau cukup dua kali sehari, jika lebih berpeluang menimbulkan diare
  • Menyebabkan maag pada orang yang memiliki gangguan asam lambung, maka disarankan minum kopi hijau setelah makan bagi penderita asam lambung.
  • Pada gejala umum lainnya minum rebusan biji kopi hijau atau green coffee bean bisa meningkatkan intensitas buang air kencing. Untuk mencegah sering pipis akibat minum kopi hijau yaitu dengan memperbanyak minum air putih.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat biji kopi hijau (green coffee bean) dan risiko atau efek samping meminumnya. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat bagi pembaca semua, khususnya bagi Anda yang ingin minum kopi hijau. Salam sehat!!

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Kopi Hijau Untuk Diet Sendiri Di Rumah?

Loading...

Leave a Comment