Fakta! Seorang Blogger Mudah Terkena Penyakit, Ini Alasannya

WarasSehat.com – Benarkah seorang blogger mudah terkena penyakit? Kegiatan ngeblog menuntut lebih banyak duduk dengan laptop atau komputer, ketimbang dengan aktifitas diluar.  Bahkan ada diantara blogger yang seharian di depan laptop, untuk membuat konten blog.

Loading...

Nah, jika sudah demikian. maka berhati-hatilah dengan gaya hidup yang malas bergerak atau mager. Para ahli kesehatan menyebut mager dengan istilah sedentari atau sedentary lifestyle.

Sedentari ini bisa ditandai dengan seringnya kita menghabiskan waktu untuk duduk setiap hari. Sehingga jarang untuk melakukan aktivitas fisik. Hal ini juga dilakukan oleh blogger.

Blogger Mudah Terkena Penyakit?

Berikut ini alasan dunia kesehatan tentang kenapa blogger mudah terkena penyakit atau  sakit, antara lain:

Blogger termasuk dalam sedentary lifestyle

Loading...

Kebiasaan sedentari ini memang menyenangkan dan membuai kita, untuk tetap duduk seharian. Namun dampaknya pada kesehatan sangatlah berbahaya. Badan kesehatan dunia (WHO), mengungkapkan bahwa, kebiasaan kurang gerak berhubungan dengan kematian 3,2 juta orang di dunia pertahunnya.

Blogger mudah terkena penyakit

Selain blogger, banyak yang mengalami gaya hidup sedentari. seperti karyawan kantor, penjaga warnet dan lain sebagainya. Apa yang menyebabkan orang mengalami gaya hidup sedentari, berikut adalah beberapa penyebabnya.

1.Hobi

Ini menjadi penyebab mager yang paling banyak dilakukan oleh kita. sebagai contoh hobi dengan menonton televisi,  main game dikomputer. Membuat kita betah berjam-jam menghabiskan waktu untuk duduk. Blogger bisa termasuk dalam kategori  hobi. Duduk yang terlalu lama menjadi malas untuk bergerak untuk melakukan aktivitas lainnya, termasuk olahraga.

Baca juga: Cara Menjaga Mata Tetap Sehat Saat Di Depan Televisi Dan Komputer

2.Pekerjaan

Pekerjaan jadi penyebab mager lainnya. Ada beberapa pekerjaan yang mengharuskan kita untuk duduk  berlama-lama di depan komputer setiap hari selama kurang lebih delapan jam. Aktivitas gerak hanya pada otot tangan saja yang digunakan, sementara bagian tubuh lain dalam keadaan diam.

3.Kemajuan Teknologi

Perkembangan teknologi juga menjadi penyebab gaya hidup sedentari. Dengan kemajuan teknologi semua kebutuhan kita dipermudah dan aktivitas yang berhubungan dengan gerak pun menjadi berkurang. Jika dulu kita naik tangga, sekarang ada lift. Kalau dulu banyak jalan kaki, sekarang dipermudah dengan motor atau mobil. ini menyebabkan orang untuk malas bergerak. semua sudah dipermudah dengan bantuan teknologi.

Blogger Mudah Terkena Penyakit Kronis dan Kegemukan

Ternyata kegiatan blogger ini tidak selamanya bagus untuk kesehatan kita. Banyak masalah kesehatan akan muncul yang disebabkan oleh pola hidup yang kurang gerak. Duduk terlalu lama di depan laptop atau komputer menjadi penyebab utamanya.

Baca juga: Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata Dengan Cara Alami

Inilah beberapa penyakit yang mengancam para blogger:

  • Kegemukan, Aktivitas duduk yang terlalu lama setiap hari menyebabkan berat badan bertambah dan terjadi obesitas. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang-orang yang tidak melakukan gerak fisik yang cukup berakibat pada kegemukan.
  • Depresi, orang yang kurang aktivitas gerak fisiknya akan mudah terkena depresi, kurang mood dan mudah marah. masalah ini bisa dikurangi dengan memperbanyak gerak fisik dan olahraga.
  • Penyakit Jantung, Duduk terlalu lama maka tidak ada pembakaran lemak dalam tubuh, sehingga lemak menumpuk dan aliran darah kurang baik. timbunan lemak akan memperlambat aliran darah ke jantung bahkan dapat terjadi penyumbatan. Jika sudah begitu, kita bisa terkena penyakit jantung koroner.
  • Diabetes, Penelitian yang dilakukan pada 80.000 orang orang yang menonoton tv setiap harinya dengan waktu yang lama, memberikan resiko terserang diabetes sebanyak 3,4 persen.
  • Varises, Duduk terlalu lama memperlambat sirkulasi darah ke bagian kaki, hal ini menyebabkan pergelangan kaki bengkak dan varises.

Cara Agar Blogger Terhindar Dari  Penyakit

Ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan, untuk mengurangi malas gerak dan terhindar dari macam penyakit tersebut.

  1. Sesekali naik sepeda Anda, lakukan sebagai pengganti motor atau mobil.
  2. Parkirlah agak jauh dari tempat tujuan, dan berjalan kaki untuk menuju tempat tesebut.
  3. Gunakan jam istirahat di kantor untuk berjalan-jalan di lingkungan kantor.
  4. Ajak anak bermain bersama kita.
  5. Menyalakan lagu favorite Anda dan menarilah.
  6. Saat nonton tv pas iklan lakukan gerakan-gerakan peregangan atau sekedar jalan menuju dapur untuk ambil air minum.
  7. Membersihkan rumah.

Demikianlah pembahasan tentang seorang blogger mudah terkena penyakit dan tips mengatasinya. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Loading...

Leave a Comment