12 Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Serta Kandungannya

Manfaat buah jeruk untuk kesehatan dan kecantikan serta kandungannya. Jeruk merupakan  jenis buah yang banyak mengandung vitamin C. Rasanya yang manis dan segar membuat buah jeruk disukai banyak orang dari mulai usia anak-anak hingga dewasa. Mengkonsumsi jeruk berkhasiat untuk tubuh antara lain bisa menjaga kesehatan tubuh dan terhindar dari beberapa penyakit. Tidak hanya itu saja, sering makan jeruk manis berkhasiat baik untuk kecantikan kulit.

Loading...

Manfaat buah jeruk untuk kesehatan dan kecantikan dikarenakan kandungannya yang kaya vitamin dan mineral. Jeruk manis memiliki kandungan vitamin C nya antara 27 sampai 49 mg/100 gram pada daging buahnya. dan 40 sampai 70 mg vitamin C per 1oo ml pada sari buahnya. Dengan kandungan tinggi vitamin C tersebut maka memiliki manfaat untuk tubuh. Belum lagi kandungan yang lain. Untuk lebih jelasnya tentang kandungan dan manfaat buah jeruk, simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Kandungan dan Manfaat Buah Jeruk Untuk Tubuh

manfaat buah jeruk

Disamping memiliki vitamin C, buah jeruk juga memiliki karbohidrat sederhana, fruktosa, glukosa dan sukrosa. Dengan bertambahnya umur buah, kandungan gulanya bertambah sehingga membuat buah jeruk yang tua akan terasa manis  namun kandungan asamnya berkurang. Nah, berikut beberapa manfaat buah jeruk yang bisa didapat dengan sering memakannya antarlain:

1. Menyehatkan Kulit

Loading...

Makan buah jeruk atau meminum jus jeruk berkhasiat untuk kulit. Diantara manfaat buah jeruk untuk kulit yaitu mampu melindungi kulit dari pengaruh radikal bebas, juga bisa memperkuat sel-sel kulit, sehingga sel-sel kulit cepat memperbaiki jaringan yang rusak karena pengaruh radikal bebas tersebut.

Baca juga: Manfaat Lemon Untuk Kesehatan Dan Perawatan Kecantikan

2. Mencegah Keriput

Manfaat buah jeruk untuk kulit yang lain yaitu dapat mencegah keriput sebagai tanda penuaan. Oleh karena itu memakan buah jeruk saat usia muda sangat dianjurkan untuk mencegah gejala penuaan dini. Tidak hanya untuk yang muda saja, jeruk juga membuat awet muda jika dikonsumsi orang dewasa. hal ini dikarenakan vitamin C pada jeruk dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga elastisitas kulit pun terjaga. proses ini disebut juga dengan proses regenerasi sel kulit.

3. Mengatasi Jerawat dan Kulit Berminyak

Manfaat buah jeruk untuk kecantikan, hal ini dikarenakan dengan mengkonsumsi jeruk atau jus jeruk dapat membantu mengatasi kulit kusam, kulit wajah berminyak dan berjerawat. Buah jeruk memiliki kandungan asam, dengan kandungan asam tersebut terdapat pada vitamin C yang berguna menipiskan tumpukan kulit mati. Disamping itu, jeruk bisa membantu penyumbatan pori-pori berkurang yang berguna sangat baik untuk mengatasi kulit yang berminyak atau masalah jerawat. Oleh karena itu, bukan hanya baik untuk kulit saat dikonsumsi namun juga bagus jika digunakan sebagai bahan masker wajah.

4. pembentukan darah

Manfaat buah jeruk untuk kesehatan selanjutnya yaitu mampu membantu dalam proses pembentukan darah. Makanya, dengan makan buah jeruk manis dapat membantu mengatasi kurang darah (Anemia). Hal itu dikarenakan pada buah jeruk mengandung vitamin B yang baik untuk pembentukan darah dan metabolisme tubuh.

5. Menguatkan Tulang dan Gigi

Makan jeruk manis juga bisa berguna menguatkan tulang dan gigi. Manfaat buah jeruk tersebut didapatkan karena buah ini mengandung banyak kalsium dan potassium. Dua kandungan tersebut dipercaya baik untuk menurunkan gula darah sehingga baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Selain itu, kalsium dan potassium sangat bagus mendukung kesehatan tulang dan gigi agar menjadi lebih kuat.

6. Menurunkan kadar kolesterol.

Manfaat buah jeruk untuk kesehatan yang lain yaitu mampu membantu menurunkan kadar kolesterol. Maka sangat disarankan bagi penderita kolesterol tinggi untuk memakan atau minum jus jeruk. Hasil penelitian baru menyebutkan bahwa asupan vitamin C yang tinggi dari dari buah jeruk dapat mencegah naiknya kolesterol jahat (LDL) yang merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung.

7. Mencegah kanker.

Vitamin pada buah-buahan termasuk yang terdapat pada jeruk, secara ilmiah telah terbukti, teruji dalam melindungi tubuh terhadap serangan penyakit kanker. Manfaat buah jeruk untuk pencegah kanker dibuktikan oleh sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa dengan mengkonsumsi jeruk manis dan sayuran yang tinggi  memiliki efek perlindungan terhadap kanker dibandingkan dengan konsumsi vitamin C dalam bentuk tablet atau suplemen lain.

Baca juga: Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan Tubuh Dan Kecantikan

8. Mencegah penyakit katarak.

Buah jeruk ternyata sangat bagus untuk kesehatan mata. manfaat buah jeruk untuk mata yaitu mampu mencegah oksidasi lensa pada mata menyebabkan pada pembentukan penyakit katarak. Dalam hal ini peran vitamin C pada buah jeruk berguna aktif sebagai ntioksidan. hasil penelitian menunjukkan bahwa individu dengan konsentrasi vitamin C dan karotenoid dalam darah yang tinggi, memiliki resiko terkena katarak lebih rendah.

9. Mencegah Sembelit dan Wasir

Penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa manfaat buah jeruk untuk kesehatan yaitu mampu mencegah sembelit dan penyakit wasir. Hal itu dikarenakan pada buah jeruk manis mengandung serat yang dapat mengikat zat karsinogen di dalam pencernaan. Dengan itu maka dapat mencegah dari masalah sembelit dan wasir.

10. Menyehatkan Pembuluh Darah

Kesehatan pembuluh darah sangat penting untuk kesehatan, banyak penyakit berbahaya yang disebabkan oleh pembuluh darah seperti stroke dan penyakit jantung. Nah, manfaat buah jeruk yang banyak mengandung betakaroten dan bioflavanoid yang dapat memperkuat dinding pembuluh darah kapiler. Flavonoid  bermanfaat untuk mengatasi oksidasi LDL yang menjadi penyebab pengentalan darah, mengendapnya lemak pada dinding pembuluh darah sehingga pembuluh darah akan semakin sehat.

11. Mengobati Anemia

Manfaat buah jeruk untuk kesehatan yaitu dapat menyembuhkan masalah kurang darah atau anemia. Jeruk kaya  kandungan gula yang dapat dengan cepat memulihkan energi. Vitamin C nya juga bisa  berperan pada proses penyerapan zat besi anorganik yang menyembuhkan anemia. Jika Anda mengalami gejala anemia maka buah yang bagus untuk penyembuhannya adalah jeruk manis.

12. Mencegah Penyakit Kardiovaskuler

Buah jeruk memiliki kandungan asam folat yang tinggi dengan kandungannya tersebut bisa memenuhi  persen dari kebutuhan folat sehari-hari. Selain itu manfaat buah jeruk untuk kesehatan dengan asam folatnya tersebut yaitu mampu mencegah penyakit kardiovaskuler. Dengan sering konsumsi makanan dengan kandungan folat yang tinggi, seperti buah jeruk manis atau minum  jus jeruk maka akan meningkatkan kadar folat dan menurunkan homosistein merupakan racun pembuluh darah sehingga penyakit kardiovaskular dapat dihindarkan.

Demikianlah manfaat buah jeruk untuk kesehatan dan kecantikan. semoga informasi tadi bisa berguna bagi Anda semua dan salam sehat!!

Baca juga: Daftar Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi dan Manfaatnya

Loading...

Leave a Comment