Buah Obat Panas Dalam Yang Ampuh dan Enak Dikonsumsi

Buah obat panas dalam yang ampuh. Panas dalam ternyata bisa disembuhkan dengan cara yang mudah dan enak, yaitu dengan mengkonsumsi buah-buahan untuk panas dalam. Panas dalam adalah jenis gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi panas pada sistem pencernaan dan bagian dalam tubuh, sariawan dan bibir pecah-pecah. Panas dalam dapat menyerang siapa saja, anak-anak, orang dewasa bahkan pada ibu hamil. Untuk mengobati panas dalam dengan buah ini, bisa untuk diberikan pada anak-anak dan aman untuk ibu hamil.

Loading...

Penyebab panas dalam pada umumnya disebabkan oleh kekurangan vitamin C, faktor cuaca dan konsumsi makanan yang panas atau mengandung banyak lemak. Untuk itu dianjurkan untuk mengkonsumi buah-buahan untuk panas dalam. Jenis buah obat panas dalam ini adalah jenis buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C nya. Untuk lebih jelasnya, jenis buah-buahan apa saja yang bisa untuk obat panas dalam tersebut. Berikut ini  beberapa jenis buah obat panas dalam yang mampu untuk mengatasinya.

Buah Obat Panas Dalam dan Sariawan

1. Jeruk

Buah yang banyak ditemukan di pasar maupun swalayan ini banyak mengandung vitamin C, flavonoid dan fitonutrien. Jeruk tidak hanya dapat menyembuhkan masalah panas dalam saja, namun juga bisa untuk mengatasi sariawan. Selain itu, buah ini bisa menetralkan asam lambung karena adanya kandungan asam askrobat pada jeruk. Dengan demikian jeruk merupakan salah satu buah  obat panas dalam yang ampuh dan enak untuk dikonsumsi. Bahkan menurut penelitian dengan mengkonsumsi buah jeruk lebih baik dibandingkan dengan mengkonsumsi suplemen kesehatan.

buah obat panas dalam

Loading...

Cara mengobati panas dalam dengan buah jeruk akan lebih efektif jika Anda menambahkan campuran madu. Madu ini bermanfaat untuk melapisi tenggorokan dan membebaskan rasa kering, sedang buah jeruk bermanfaat untuk menekan produksi asam lambung secara berlahan dan menetralkannya.

2. Jambu Monyet

Buah obat panas dalam dan sariawan ampuh adalah jambu monyet. Jambu ini memiliki kandungan yang kaya vitamin C dan bahkan lebih banyak lima kali lipat dibandingkan jeruk. Sehingga mengkonsumsinya akan menyembuhkan panas dalam dengan cepat pada anak-anak, orang dewasa dan ibu hamil. Setiap 100 gram jambu monyet dapat menghasilkan 265 mg vitamin C. Selain buahnya, jambu monyet juga memiliki manfaat untuk kesehatan yang terdapat pada biji dan daunnya.

3. Jambu Biji

Selain jambu monyet, jenis jambu biji juga bisa Anda jadikan buah untuk mengobati panas dalam. Selain itu, jambu biji bisa bermanfaat untuk mengobati diare. kandungan vitamin c pada jambu biji lebih banyak dibandingkan jeruk. Maka jambu ini bisa menjadi buah obat panas dalam dan sariawan ampuh bagi anak, ibu hamil dan orang dewasa bahkan lansia. Setiap 100 gram jambu biji terdapat 180 hingga 185 mg vitamin C nya. Nah jika Anda, atau anak Anda terserang panas dalam, maka perbanyak konsumsi buah ini untuk mengatasinya.

4. Tomat

Tomat adalah buah obat panas dalam yang terbukti khasiatnya. Pada buah tomat memiliki kandungan gizi, antara lain vitamin A, vitamin C dan vitamin K. Buah tomat juga banyak mengandung mineral antara lain, kalium, magnesium fosfor, thiamin, niacin lemak tak jenuh dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, tomat merupakan buah yang sangat dianjurkan dikonsumsi pada saat terserang panas dalam dan dikonsumsi sehari-hari.

5. Blewah

Kandungan buah blewah yaitu vitamin A dan C sangat bagus untuk mengatasi sariawan. Bahkan blewah merupakan buah obat panas dalam dan sariawan yang manjur. Tidak hanya itu, blewah juga memiliki banyak nutrisi seperti mineral, kalium, dan kaya akan serat. Dengan kandungannya tersebut maka tak mengherankan jika buah ini mampu dengan cepat mengobati panas dalam, menjaga fungsi ginjal dan hati, meningkatkan imunitas tubuh dan menurunkan hipertensi.

6. Sirsak

Mengkonsumsi separo buah sirsak yang ukuran sedang bisa untuk memenuhi kebutuhan vitamin C per hari. Selain itu dengan mengkonsumsi dapat mengatasi dan mencegah sariawan. Oleh karena itu dengan memakannya saat panas dalam dan sariawan, sirsak bisa menjadi buah obat panas dalam yang ampuh dan cepat. Jika Anda mengalami panas dalam yang disertai panas dalam maka sangat bagus untuk mengkonsumsi sirsak. Bahkan hal itu akan mencegah Anda mengalami panas dalam dan sariawan.

7. Apel

Buah apel juga termasuk buah obat panas dalam dan sariawan yang ampuh untuk menyembuhkan. Apel merupakan buah sumber vitamin C selain jeruk dan lainnya. Selain vitamin C nya yang tinggi, buah ini juga memiliki kandungan flavonoid dan fitonutrien yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan kesehatan sehingga tidak mudah terserang penyakit.

8. Anggur

Anggur merupakan jenis buah obat panas dalam yang manjur dan ampuh. Hal ini karena pada anggur memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Tidak hanya untuk panas dalam saja, anggur bisa juga untuk obat sariawan yang cepat menyembuhkan. Pada setiap 100 gram buah anggur memiliki kandungan vitamin C yaitu 10.8 mg. Maka tidak mengherangkan jika anggur bisa menjadi solusi untuk mengatasi sariawan dan mengobati panas dalam Anda.

9. Ketimun

Baca juga: Obat Panas Dalam Alami Paling Ampuh Dan Cepat Manjur

Ketimun atau biasa disebut mentimun dan timun ini merupakan buah obat panas dalam dan sariawan yang ampuh. Tidak hanya itu, mentimun juga berfungsi menjaga tubuh agar tetap dingin dan mencegah terjadinya dehidrasi. Selain bisa memberikan kesegaran tubuh, ketimun juga mengandung karbohidrat, magnesium, kalsium yang membantu memulihkan energi tubuh yang hilang akibat suhu tubuh yang naik selama panas dalam.

Obat Panas Dalam Anak dan Untuk Ibu Hamil

1. Pisang

Buah obat panas dalam berikutnya adalah pisang. Pisang mempunyai banyak kandungan mineralnya seperti kalsium, zat besi, fosfor, magnesium dan kalium. Selain itu buah obat untuk panas dalam ini mengandung antasid yang mampu mencegah meningkatnya asam lambung penyebab panas dalam. Tidak hanya itu saja, buah pisang juga memiliki kandungan lainnya seperti, betakaroten, vitamin A, vitamin B6 yang bermanfaat untuk menjaga sistem metabolisme tubuh agar tetap sehat.

2. Semangka

Semangka merupakan buah yang memiliki kandungan air yang cukup tinggi, yaitu sebanyak 90 persen bagian dari semangka merupakan air. Saat panas dalam tubuh mengalami kekurangan cairan. Untuk itu, semangka menjadi buah obat panas dalam yang manjur. Selain itu, buah ini dapat berguna untuk menjaga agar tubuh tidak mengalami kekurangan cairan dan membuat badan dingin serta tetap segar. Hanya saja, Buah yang termasuk jenis buah obat untuk panas dalam ini tidak dianjurkan dikonsumsi oleh penderita hipotensi atau darah rendah.

3. Melon

Buah melon hampir sama seperti semangka. kandungan air buah melon dapat mengatasi panas dalam anak atau orang dewasa. Buah ini juga bisa membuat tubuh menjadi lebih segar dan mengatasi kekurangan cairan dalam tubuh. Buah melon merupakan salah satu buah obat panas dalam karena memiliki kandungan karatenoid yang berfungsi sebagai penurun suhu panas tubuh dan menjaga metabolisme.

4. Jambu Biji

Selain jambu monyet, jenis jambu biji juga bisa Anda jadikan buah untuk panas dalam. Selain itu, jambu biji bisa bermanfaat untuk mengobati diare. kandungan vitamin c pada jambu biji lebih banyak dibandingkan jeruk. Maka jambu ini bisa menjadi buah obat panas dalam ampuh bagi anak, ibu hamil dan orang dewasa bahkan lansia. Setiap 100 gram jambu biji terdapat 180 hingga 185 mg vitamin C nya. Nah jika Anda, atau anak Anda terserang panas dalam, maka perbanyak konsumsi buah untuk panas dalam ini untuk mengatasinya.

5. Delima

Buah delima memiliki kandungan potassium, vitamin A, Vitamin C, dan vitamin E yang banyak bermanfaat,  Salah satunya berguna sebagai obat panas dalam yang ampuh. Selain itu, delima juga mengandung asam folik yang dapat membantu untuk mencegah panas dalam. Buah delima merupakan salah satu buah obat panas dalam yang paling efektif dan cepat menyembuhkannya. Kandungan air pada buah delima atau yang biasa disebut pomegranate punya khasiat yang tersembunyi, yaitu baik untuk masa penyembuhan atau pemulihan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

6. Mangga

Mangga juga termasuk buah obat panas dalam paling ampuh dibandingkan buah yang lain. Hal ini karena mangga mengandung banyak vitamin C nya. Dengan banyak mengkonsumsi buah mangga anak-anak dan ibu hamil yang mengalami panas dalam akan tersembuhkan. Selain itu, mangga juga bisa untuk membantu menjaga sistem pencernaan, menurunkan kolesterol, dan meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

7. Kiwi

Kiwi merupakan salah satu buah obat panas dalam untuk anak dan ibu hamil yang bagus. Karena buah kiwi banyak mengandung vitamin, antara lain vitamin C dan vitamin K. Selain itu kiwi juga mengandung zat besi protein, magnesium dan kalium yang sangat bagus dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain dapat menyembuhkan panas dalam ibu hamil, kiwi bisa mengatasi keadaan darah rendah yang sering dialami selama kehamilan.

8. Stroberi

Stroberi atau strawberry adalah salah satu buah-buahan untuk panas dalam. Selain tampilan buahnya yang menarik dan rasanya yang khas ternyata buah ini memiliki khasiat untuk mengatasi panas dalam anak dan ibu hamil. Hal ini karena pada buah stroberi mengandung banyak vitamin yaitu vitamin A dan B kompleks dan banyak mineral penting seperti magnesium, potasium dan sodium serta masih banyak lainnya. Selain sebagai buah obat panas dalam, ibu hamil yang memakan stroberi bisa bermanfaat untuk mencegah anemia selama kehamilan.

9. Alpukat

Buah yang berasal dari meksiko ini memiliki banyak manfaat. Diantara manfaat alpukat mampu menyembuhkan panas dalam pada anak dan ibu hamil. Selain itu, manfaat buah obat panas dalam ini juga bisa mengatasi anemia ibu hamil selama kehamilannya, karena alpukat kaya zat besi. Alpukat juga baik untuk kesehatan kulit, diantaranya dapat menghaluskan dan mengencangkan kulit pada anak dan ibu hamil. Selain buah untuk obat panas dalam, alpukat juga bisa menurunkan kolesterol dan membantu wanita untuk menurunkan berat badan sebagai menu diet.

10. Kelapa

Buah ini cukup terkenal dengan airnya yang menyegarkan. Air kelapa memiliki kandungan yang berbeda dengan buah-buahan lainnya. Kandungan mineral dan ion nya menjadi sangat berguna untuk mengatasi panas dalam yang dialami oleh ibu hamil atau anak-anak. Saat tubuh mengalami dehidrasi saat panas dalam air kelapa mampu mengembalikannya secara cepat dan menurunkan suhu badan menjadi normal kembali.

Demikianlah pembahasan tentang buah obat panas dalam yang ampuh untuk anak-anak, ibu hamil, orang dewasa dan lansia. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Obat Panas Dalam Anak Alami yang Ampuh Menyembuhkan

 

Loading...

Leave a Comment