Daftar Buah Penurun Darah Tinggi (Hipertensi) yang Ampuh dan Paling Cepat

Daftar buah penurun darah tinggi (hipertensi)  yang ampuh dan paling cepat. Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan gangguan kesehatan yang ditandai dengan peningkatan tekanan darah di atas normal pada arteri yang menyebabkan peredaran menjadi terganggu. Penderita darah tinggi akan sangat berisiko terkena penyakit jantung, stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Loading...

Jika Anda termasuk penderita hipertensi atau darah tinggi sangat dianjurkan untuk melakukan cek tekanan darah secara berkala dan rutin. Selain itu, untuk penanganan hipertensi bisa dilakukan dengan cara alami, salah satunya dengan memanfaatkan buah penurun darah tinggi tersebut.

Ternyata ada banyak jenis buah penurun darah tinggi yang cepat yang bisa Anda buat menjadi jus. Dengan membuat minuman penurun darah tinggi dari buah tersebut kemudian meminumnya secara rutin akan membantu mengatasi hipertensi dan sekaligus menjaga tekanan darah tetap stabil. Nah, untuk lebih jelasnya tentang macam-macam buah penurun darah tinggi yang paling ampuh, simak pembahasannya di bawah ini.

Buah Penurun Darah Tinggi yang Cepat dan Cara Mengolahnya

buah penurun darah tinggi

Ada jenis buah-buahan yang memang memiliki khasiat untuk obat darah tinggi tradisional. Dengan dibuat menjadi jus sehat kemudian meminumnya akan membantu menurunkan tekanan darah tinggi Anda. Berikut adalah daftar jenis buah penurun darah tinggi yang ampuh dan cepat, yaitu:

Loading...

1. Mentimun

Mentimun merupakan jenis buah penurun darah tinggi dengan cepat. Hal ini disebabkan karena pada buah mentimun banyak terkandung mineral potassium. Potassium inilah yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Untuk membuat timun menjadi obat alami darah tinggi sangat mudah yaitu dengan membuatnya menjadi minuman atau jus. Anda juga bisa dengan memakannya langsung untuk mengatasi hipertensi secara alami.

Baca juga: 4 Obat Darah Tinggi Tradisional Paling Mujarab dengan Ramuan Herbal

2. Blewah

Buah penurun darah tinggi yang mujarab berikutnya yaitu buah blewah. Seperti halnya mentimun, blewah kaya akan kandungan potassium yang baik untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi. Cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan blewah yaitu dengan membuatnya menjadi minuman kemudian diminum selama tekanan darah meningkat.

3. Kiwi

Buah kiwi merupakan jenis buah penurun darah tinggi dan kolesterol. Buah ini mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi, Cukup dengan memakannya setiap hari atau meminum jus kiwi akan membantu menurunkan darah tinggi. Disamping itu, kiwi berkhasiat menjaga kesehatan kulit seperti mencegah penuaan dini dan untuk mengatasi kulit keriput.

4. Buah Mengkudu

Buah mengkudu memiliki khasiat yang banyak untuk pengobatan. Jenis tanaman herbal ini ternyata bisa digunakan sebagai obat tradisional penurun darah tinggi. Dengan merebus buah penurun darah tinggi dan kolesterol ini dan kemudian meminum air rebusannya dipercaya ampuh mengatasi hipertensi secara alami.

Baca juga: 6 Cara Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi dan Jahat di Dalam Darah Secara Alami

5. Buah Bit

Buah bit termasuk salah satu buah penurun darah tinggi dan kolesterol yang ampuh. Penelitian menyebutkan bahwa bit sangat efektif dalam menurunkan hipertensi dan kolesterol. Cukup minum 1 gelas jus buah bit akan cepat mengatasi hipertensi secara cepat dan alami. Penelitian menyebutkan bahwa pada buah bit jika di konsumsi setiap hari mampu meningkatkan kadar gas nitrat oksida dalam sirkulasi darah sehingga mampu menjaga kesehatan jantung.

6. Buah Pir

Buah pir dikenal dengan manfaatnya untuk mengatasi panas dalam dan demam pada anak dan dewasa. Namun selain itu, buah pir termasuk jenis buah penurun darah tinggi dan kolesterol. Dengan Anda membuatnya menjadi minuman segar atau jus maka akan menurunkan tekanan darah tinggi secara alami.

7. Pisang

Buah penuruh darah tinggi dan kolesterol yang mujarab berikutnya adalah buah pisang. Pisang  memiliki kandungan 1% kalsium, 12% kalium, dan 8% magnesium. Dengan kandungannya tersebut pisang bermanfaat untuk kesehatan dan pengobatan. Diantara manfaat buah pisang yaitu menurunkan tekanan darah tinggi, penambah energi, dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

8. Belimbing

Buah belimbing termasuk buah penurun darah tinggi yang paling ampuh. Hal itu tidak terlepas dari kandungan yang dimiliki buah belimbing seperti, serat, vitamin C, dan kalium yang dipercaya mengatasi tekanan darah tinggi dengan cepat menjadi stabil kembali. Buah belimbing untuk darah tinggi  bisa dengan membuatnya menjadi jus kemudian minum secara teratur.

Baca juga: Hipertensi-Pengertian, Gejala, Penyebab Dan Pengobatan Alami

9. Semangka

Buah yang memiliki kandungan air banyak ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Diantara manfaat semangka yaitu bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu semangka bisa dimanfaatkan untuk obat panas dalam anak dan dewasa. Semangka termasuk salah satu jenis buah penurun darah tinggi yang cepat. Dengan membuatnya menjadi jus kemudian minum secara teratur saat hipertensi akan membantu menurunkan tekanan darah dalam arteri.

Jus Buah Penurun Darah Tinggi dan Cara membuatnya

Setelah kita mengetahui daftar macam-macam buah yang bisa bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Ada baiknya Jika mengetahui juga macam-macam jus buah penurun darah tinggi dan cara membuatnya di rumah. Nah, langsung saja berikut adalah aneka jus buah yang berkhasiat menurunkan darah tinggi dan cara membuatnya, yaitu:

1. Jus Belimbing dan Pepaya

Seperti yang kita tahu belimbing dan pepaya merupakan jenis buah penurun darah tinggi. Dengan cara membuat jus dengan buah tersebut maka akan membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat . Berikut adalah cara membuat jus penurun darah tinggi dengan belimbing dan pepaya, yaitu:

  • Siapkan 250 gram belimbing yang dibuang bijinya, 300 gram pepaya yang dikupas lalu potong-potong.
  • Masukkan belimbing dan irisan pepaya ke dalam blender, proses sampai halus.
  • Setelah halus jus telah siap untuk diminum.
  • Minum jus ini 1 kali sehari secara rutin maka darah tinggi akan teratasi

2. Jus Jeruk dan Pir

Jus buah penurun darah tinggi yang efektif selanjutnya yaitu menggunakan buah jeruk dan pir sebagai bahannya. Untuk membuat jus buah penurun darah tinggi dengan jeruk dan pir yang bisa dilakukan dengan mudah. Berikut ini cara membuatnya:

  • Siapkan 200 gram pir yang dibuang bijinya dan potong-potong.
  • Sediakan 100 cc perasan jeruk dari 200 gram jeruk, dan 1 cm jahe kupas.
  • Masukan pir dan jahe ke dalam blender dan proses sampai lembut.
  • Campurkan jus yang sudah jadi dengan perasan jeruk.
  • Aduk hingga rata dan jus siap diminum.
  • Minum jus ini satu kali sehari sampai tekanan darah menurun atau normal, jangan lupa kontrol tekanan darah dua kali sehari.

3. Jus semangka.

Seperti diketahui di atas bahwa semangka merupakan jenis buah penurun darah tinggi yang ampuh dan cepat. Oleh karena itu dengan membuatnya menjadi minuman penurun darah tinggi sebagai jus segar dan enak kemudian meminumnya bisa membantu mengatasi masalah hipertensi tersebut. Berikut cara membuat jus penurun darah tinggi dengan semangka, yaitu:

  • Siapkan 300 gram buah semangka tanpa biji dan kupas kulitnya.
  • Masukkan buah semangka ke dalam blender, proses hingga lembut dan jus siap untuk diminum.
  • Minum sehari sekali selama seminggu. Saran, periksa tekanan darah seminggu sekali, jika belum turun minum jus ini selama seminggu lagi.

4. Jus Semangka dan Stroberi.

Selain menggunakan buah semangka saja, Anda bisa menambahkan buah stroberi agar lebih ampuh dalam mengatasi tekanan darah tinggi. Berikut adalah cara membuat jus buah penurun darah tinggi dengan semangka dan stroberi, yaitu:

  • Siapkan 200 gram semangka merah yang dikupas dan buang bijinya, bekukan dalam kulkas selam semalaman.
  • Sediakan 100 gram stroberi dibelah dua.
  • Masukkan semangka dan stroberi ke dalam blender lalu proses sampai lembut dan jus sudah siap dihidangkan.
  • Minum jus ini sekali sehari, jangan lupa cek tekanan darah secara rutin.

Demikianlah informasi tentang buah penurun darah tinggi dan cara membuat jusnya. Semoga bermanfaat, selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Waspadai Bahaya Hipertensi Pada Ibu Hamil dan Janin

Loading...

Leave a comment