Daftar Buah yang Mengandung Protein Tinggi dan Banyak

Daftar buah yang mengandung protein tinggi dan banyak. Protein merupakan sumber energi yang baik untuk tubuh, disamping itu manfaat protein bisa menjadi antibodi yang menjaga tubuh dari serangan virus, kuman dan bakteri. Bahkan protein bisa membentuk tubuh menjadi lebih berisi dan berotot. Protein bisa didapatkan dari jenis makanan baik dari hewan (Protein hewani) seperti telur, daging, susu dan lainnya. Selain itu bisa juga diperoleh dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan ( Protein nabati). Banyak buah-buahan yang mempunyai kandungan protein yang bisa digunakan  oleh vegetarian sebagai makanan protein tinggi.

Loading...

Buah yang mengandung protein tinggi, tidak hanya membantu tubuh untuk meningkatkan fungsi jaringan tubuh saja. Protein pada buah juga bisa digunakan sebagai minuman untuk diet dan makanan yang bergizi untuk para ibu hamil. Untuk lebih jelasnya tentang buah yang mengandung protein, simak penjelasannya dibawah ini.

6 Jenis Buah yang Mengandung Protein Tinggi

buah yang mengandung protein

Mengkonsumsi buah selain membuat tubuh segar dan banyak mendapatkan vitamin. Bahkan semua vitamin dan zat-zat penting untuk tubuh ada pada buah-buahan. Begitu juga kandungan protein juga bisa ditemukan pada buah-buahan segar dan enak. Berikut ini jenis buah yang mengandung protein tinggi, yaitu:

1. Jambu Biji

Loading...

jambu biji termasuk buah yang mengandung protein tinggi dan banyak. Jambu biji memiliki protein 2,6 gram disetiap 100 gram dalam penyajiannya. Selain kandungan proteinnya yang tinggi tersebut, pada buah ini mengandung juga lycopene. Lycopene adalah zat yang memiliki manfaat untuk mencegah timbulnya kanker. Untuk mendapatkan protein dari buah jambu biji cukup mudah, yaitu dengan memakannya langsung atau dengan membuatnya menjadi jus yang ditambah dengan bahan lain agar lebih nikmat seperti susu dan lainnya.

Baca juga: Makanan yang Mengandung Protein Nabati dan Hewani Tinggi serta Manfaatnya

2. Pisang

Pisang adalah jenis buah yang mengandung protein tinggi. Dengan mengkonsumsinya secara langsung atau dibuat menjadi olahan lain sangat membantu untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Pisang memang terkenal dengan kandungan potassium, namun demikian buah ini juga mengandung protein, yaitu setiap 100 gram pisang mengandung 1,1 gram protein. Buah kuning ini bisa dibuat menjadi jus protein tinggi dengan mencampurnya dengan jenis makanan protein lainnya seperti susu.

3. Alpukat

Alpukat termasuk buah yang mengandung protein dan vitamin E, oleh karena itu mengkonsumsi alpukat sangat baik untuk kesehatan kulit Anda. Dalam penyajian 100 gram alpukat terdapat 2 gram protein. Buah berkulit hijau ini juga mengandung lemak, namun jangan khawatir lemak pada alpukat tidak membuat tubuh menjadi gemuk. Bahkan mengkonsumsi jus alpukat bisa untuk diet yang bisa menurunkan berat badan secara alami. Alpukat yang dicampur susu dalam jus bisa menjadi minuman protein tinggi.

4. Buah Naga

Buah naga memiliki manfaat yang luar biasa, diantaranya bisa membantu mencegah penuaan dini. Buah merah menyala ini juga termasuk buah yang mengandung protein dan vitamin C. Selain untuk antiaging, buah naga juga bermanfaat menghaluskan kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati jika digunakan sebagai masker.

5. Kurma

Buah dari timur tengah yang satu ini cukup populer di indonesia, dan banyak dicari saat bulan suci ramadhan untuk makanan berbuka. Kurma termasuk jenis buah yang mengandung protein tinggi yang baik untuk tubuh. Setiap 100 gram kurma mengandung 2,4 protein. Selain itu kurma juga memiliki kandungan sama seperti pisang yaitu potassium yang berguna untuk menyehatkan organ pencernaan. Untuk mendapatkan kendungan protein dari kurma ini bisa dengan memakannya langsung atau sebagai bahan tambahan untuk jus atau oatmeal.

6. Kismis

Selain kurma, satu lagi buah yang asalnya dari timur tengah yaitu kismis. Kismis bisa Anda jadikan buah pengganti kurma, dalam setiap 100 gram terdapat 3 gram protein. Kismis termasuk buah yang mengandung protein dan kalsium tinggi. Selain itu juga mengandung potassium dan zat besi. Oleh sebab itu, ibu hamil sangat baik untuk mengkonsumsinya.

Demikianlah pembahasan tentang macam-macam buah yang mengandung protein tinggi dan banyak yang bisa dijadikan makanan sumber protein tinggi. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Daftar Buah yang Mengandung Vitamin D Tinggi dan Manfaatnya

Loading...

Leave a Comment