Daftar Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi dan Manfaatnya

Buah yang mengandung vitamin C  tinggi dan manfaatnya.Vitamin C memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, diantara manfaat dan khasiat vitamin C yaitu untuk kebugaran tubuh, mempercepat pemulihan luka atau proses penyembuhan dan untuk daya tahan tubuh. Vitamin C dapat ditemukan atau didapatkan dari buah-buahan dan sayuran serta jenis makanan lainnya. Contoh buah-buahan yang mengandung vitamin C antara lain buah jeruk bali, jambu biji, kiwi dan lainnya. Selain pada buah tersebut, vitamin C bisa ditemukan pada sayuran seperti brokoli, kembang kol, sawi, kale dan cabai merah.

Loading...

Dampak Kekurangan Vitamin C

Mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin C sangat dianjurkan. Dengan mencukupi asupan vitamin C per hari maka mampu mencegah masalah kesehatan. Jika pemenuhan akan asupan vitamin C kurang setiap harinya maka seseorang akan berisiko terserang berbagai masalah penyakit. Dampak kekurangan vitamin C mengakibatkan Penurunan daya tahan tubuh dan penurunan kemampuan tubuh untuk melawan penyakit, dan Anemia. Maka sangat perlu menjaga dan memperhatikan asupan vitamin C setiap hari.

Dengan memenuhi vitamin C setiap hari menyehatkan dan akan mendapat manfaat vitamin C untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan kita. Namun kelebihan vitamin C juga akan menimbulkan masalah penyakit juga. Apa bahayanya kelebihan vitamin C?. Kelebihan dosis vitamin C dalam tubuh dinilai kurang baik dan bahkan berbahaya bagi kesehatan tubuh antara lain, Meningkatkan risiko alergi dan iritasi pada kulit, gangguan asam lambung dan lainnya. Oleh karena itu memenuhi asupan akan vitamin C perlu dan penting dengan kadar yang seimbang. Untuk lebih jelasnya tentang manfaat vitamin C dan jenis buah yang mengandung vitamin C tinggi. Berikut ini penjelasannya.

Jenis Buah yang Mengandung Vitamin C dan Manfaatnya

buah yang mengandung vitamin c

Loading...

Manfaat Vitamin C

Tidak hanya pada buah saja, ada jenis makanan yang mengandung vitamin C tinggi yang baik untuk Anda konsumsi. Dengan mengkonsumsi makanan dan buah yang mengandung vitamin C tinggi maka akan menyehatkan. Berikut ini khasiat dan manfaat vitamin C bagi tubuh Anda.

  • Manfaat Vitamin C pada jeruk bali berguna untuk mencegah terjadinya timbunan plak pada arteri, melindungi dari serangan jantung dan memperkuat pembuluh darah. Selain itu, vitamin A, vitamin B komplek dan vitamin C nya bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh dan menghindari serangan infeksi penyakit.
  • Vitamin C  juga untuk menjaga kesehatan jantung dan membantu mengontrol tekanan darah. Ini karena pada buah kiwi mengandung banyak kalium.
  • Membantu mencegah kanker, melindungi tubuh dari radikal bebas, dan vitamin C mampu meningkatkan sistem imunitas (kekebalan tubuh) dan membantu dalam melindungi DNA.
  • Dengan mengkonsumsi makanan dan  buah yang mengandung vitamin C mencegah penyakit stroke. Selain itu sukun juga membantu mengatasi masalah gangguan pencernaan, menurunkan kolesterol dan membersihkan organ usus.

Setelah mengetahui khasiat dan manfaat vitamin C, maka Anda perlu mengetahui cara mendapatkannya. Cara memenuhi atau mendapatkan vitamin C cukup mudah, yaitu dengan mengkonsumsi makanan dan buah-buahan secara teratur setiap hari. Dan berikut ini adalah makanan dan buah yang mengandung vitamin C, yaitu:

1. Jeruk Bali
Setiap 100 gram jeruk bali mengandung sekitar 1,24 gram protein, 75 kalori dan 2 gram serat. Jeruk bali juga mengandung 79 mg vitamin C /100 gram. Jeruk bali juga termasuk buah yang mengandung vitamin A dan Vitamin B kompleks dalam kulit hijau buah ini. Jeruk bali memiliki rasa yang manis dan memiliki kulit yang tebal. Kandungan pektin dan vitamin C pada jeruk bali berguna untuk mencegah plak pada arteri dan melindungi tubuh dari serangan penyakit jantung

Baca juga: Daftar Sayuran yang Mengandung Vitamin C Paling Tinggi dan Terbanyak

2. Jambu Biji
Salah satu keistimewaan buah jambu biji adalah termasuk buah yang kaya vitamin C. Buah jambu ini juga salah satu dari jenis buah yang mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan vitamin C pada buah jambu biji lebih tinggi dari jeruk, yaitu setiap 100 gram jambu biji terdapat 186 mg, sedangkan pada 100 gram jeruk hanya terkandung 50 mg vitamin C. Selain itu, dalam 60 gram jambu biji terdapat 100 kalori, 9 gram serat dan 4,1 gram protein. Berikut ini manfaat jambu biji untuk kesehatan tubuh, jika dikonsumsi. Vitamin A, vitamin C dan betakaroten pada jambu biji mencegah penuaan dini, mencegah pembentukan kerutan pada wajah dan memperbaiki sel-sel kulit.

3. Kiwi
Kiwi merupakan buah yang mengandung vitamin C tinggi. Bahkan kandungan vitamin C pada kiwi dua kali lipat dengan buah jeruk. Buah ini adalah sumber vitamin alami yang tinggi, antioksidan dan memiliki keseimbangan mineral yang sempurna. selain itu, buah yang mengandung kaya vitamin C ini mampu meningkatkan kekebalan tubuh menjadi lebih kuat. Kandungan kiwi dalam 100 gram buahnya terdapat 4 kalori dan 2 gram serat dan 0,51 gram protein. Maka tak mengherankan jika kiwi termasuk jajaran jenis buah atau makanan yang mengandung protein. Manfaat vitamin C pada buah Kiwi juga baik untuk menjaga kesehatan jantung dan membantu mengontrol tekanan darah.

4. Sukun
Bentuk buah yang mengandung vitamin C ini dianggap kurang menarik sehingga kurang populer namanya dibandingkan dengan buah lainnya. Buah sukun sebenarnya memiliki rasa yang manis dan lezat dan banyak yang bilang jika buah ini mirip rasanya dengan buah nangka, dan buah kluwih. Buah yang dalam pengolahannya dengan dikukus ini memiliki kandungan penting dalam 100 gram nya, yaitu 200 kalori, serat 2,25 protein dan 10 gram serat. Buah sukun mengandung kaya vitamin C dan zat-zat antioksidan yang tinggi sehingga berguna untuk menangkal radikal bebas, meningkatkan kekebalam tubuh dan mampu mencegah infeksi.

5. Pepaya
Pepaya atau lebih dikenal dengan buah obat sembelit ini memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C. Dalam 100 gram  pepaya terkandung 54 kalori, 0,7 gram protein dan 3 gram serat. Untuk vitamin C pada pepaya yaitu 85 ml / 100 gram nya. Kegunaan vitamin C pada Pepaya juga bisa mencegah gejala penuaan dini, dan memelihara kesehatan kulit

6. Leci
Leci memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. pada 100 gram buah leci mengandung 132 mg Sehingga buah yang mengandung vitamin C super tinggi ini baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu dalam 68 gram leci terdapat 2 gram protein, 3 gram serat dan 120 kalori. Kandungan vitamin C pada Leci berguna untuk membantu mencegah penurunan fungsi kulit sehingga mencegah penuaan dini.

7. Stroberi
Buah kecil yang berwarna merah menawan ini ternyata termasuk buah yang mengandung vitamin C tinggi, stroberi bahkan mengandung kadar vitamin c melebihi jeruk. yaitu 94 mg per buahnya. Selain itu dalam 100 gram buah stroberi terkandung 0.8 gram protein, 43 kalori dan 3 gram serat. Manfaat dan Khasiat vitamin C pada stroberi bisa  membantu menurunkan risiko serangan jantung dan kanker, melawan radikal bebas, dan mengatasi masalah peradangan.

8. Nanas

Selain jeruk, buah nanas dengan kandungan vitamin C nya. Bahkan buah yang mengandung vitamin C tinggi ini memiliki kaya nutrisi yang baik untuk tubuh. pada 100 gram buah nanas terkandung 77 vitamin C, 3 gram serat, 0,7 gram protein dan 80 kalori. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari buah nanas ini Anda bisa membuatnya menjadi jus. Jus nanas bermanfaat juga untuk mengatasi panas dalam yang ampuh. Kegunaan vitamin C pada nanas untuk meningkatkan kekebalan tubuh, melawan serangan radikal bebas dan mencegah risiko terkena penyakit kanker.

Demikianlah pembahasan tentang makanan dan buah yang mengandung vitamin C tinggi lengkap dengan khasiat dan manfaatnya dan akibat kekurangan vitamin C. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Akibat Kekurangan dan Kelebihan Vitamin C Bagi Tubuh

Loading...

Leave a comment