Daftar Buah yang Mengandung Vitamin D Tinggi dan Manfaatnya

Buah yang mengandung vitamin D tinggi dan manfaatnya. Vitamin D memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, Diantara manfaat dan khasiat vitamin D yaitu pembentukan tulang dan gigi agar lebih kuat dan membantu tumbuh kembang anak. Vitamin D bisa didapatkan dari buah-buahan dan jenis makanan lainnya. Contoh buah buahan yg mengandung vitamin d antara lain, buah jeruk dan stroberi dan lainnya. Selain pada buah jeruk dan stroberi, vitamin D juga bisa Anda temukan pada sayuran seperti tomat dan brokoli.

Loading...

Akibat Kekurangan Vitamin D

Mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin D sangat dianjurkan, dengan mencukupi asupan vitamin D per hari mampu mencegah masalah kesehatan. Jika pemenuhan asupan  vitamin D kurang setiap hari maka seseorang akan berisiko terserang beberapa penyakit. akibat kekurangan vitamin D mengakibatkan osteoporosis (pengapuran tulang),  pelapukan atau tulang keropos pada usia muda (osteomalasia) dan berbagai berbagai penyakit pada tulang. Untuk mencegah kekurangan vitamin D, maka perlu menjaga dan memperhatikan asupan vitamin D setiap hari.

Memang vitamin D tidak hanya didapatkan hanya dengan mengkonsumsi makanan dan buah yang mengandung vitamin D tinggi saja. Dengan berjemur pada sinar matahari pagi pada jam 8 sampai jam 10 pagi. Sinar matahari pagi sinar ultraviolet (UV) mengandung banyak vitamin D. Hal ini tidak akan menimbulkan kulit terbakar bahkan akan menyehatkan. Selain itu juga bisa sebagai solusi pemenuhan  asupan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang Anda. Nah, agar lebih jelasnya tentang manfaat vitamin D dan jenis buah yang mengandung vitamin D tinggi, berikut ini penjelasannya.

Jenis Makanan dan Buah yang Mengandung Vitamin D Tinggi serta Manfaatnya

buah yang mengandung vitamin d

Loading...

Tidak hanya pada buah saja, ada jenis makanan yang mengandung vitamin D tinggi yang baik untuk Anda konsumsi. Dengan mengkonsumsi makanan dan buah yang mengandung vitamin D tinggi maka akan menyehatkan. Berikut ini khasiat dan manfaat vitamin D bagi tubuh Anda.

  • Vitamin D dapat membantu Anda menurunkan risiko terkena penyakit kanker, penyakit jantung.
  • Memperkuat sistem imunitas tubuh dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan berbagai penyakit.
  • Vitamin D juga dapat mencegah terserang penyakit pilek atau flu
  • Membantu penyerapan kalsium yang sangat dibutuhkan oleh tubuh agar kuat dan terhindar dari masalah pelapukan tulang. Pada anak dalam masa pertumbuhan vitamin D akan menguatkan tulang dan membentuk tubuh menjadi tinggi dan tegap.
  • Dengan mengkonsumsi makanan dan  buah yang mengandung vitamin D mencegah terkena penyakit multi sceloris.
  • Vitamin D berguna untuk memperkuat Gigi

Setelah mengetahui khasiat dan manfaat vitamin D, maka Anda perlu mengetahui cara mendapatkannya. Cara memenuhi atau mendapatkan vitamin D cukup mudah, yaitu dengan mengkonsumsi makanan dan buah-buahan secara teratur setiap hari. Dan berikut ini adalah makanan dan buah yang mengandung vitamin D, yaitu:

1. Minyak Hati Ikan Kod

Minyak hati ikan kod ini kaya kandungan vitamin D yang tinggi. Bahkan sebagaian masyarakat mengkonsumsi minyak hati ikan kod ini sebagai sumber vitamin D. Penelitian menyebutkan bahwa makanan vitamin D ini memiliki 800 IU / satu sendok teh minyak hati ikan kod yang bisa membantu asupan vitamin D dan kalsium sebanyak 83 persen dengan mengkonsumsinya.

2. Jeruk

Buah jeruk merupakan jenis buah yang mengandung vitamin D tinggi. Selain vitamin D, jeruk juga merupakan sumber vitamin C yang baik untuk kesehatan. Pada faktanya selain kaya kandungan vitamin C dan D nya jeruk juga memiliki senyawa positif yang berupa nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan mengkonsumsi buah jeruk per hari maka akan dapat memenuhi kebutuhan vitamin D, minimal makan 2 buah yang mengandung vitamin D tinggi ini setiap hari.

3. Ikan Berlemak

Jenis ikan berlemak ini merupakan makanan yang mengandung vitamin D. Ada beberapa jenis ikan berlemak yang baik untuk dikonsumsi yaitu ikan tuna, ikan tenggiri, ikan todak, ikan salmon, ikan trout dan ikan herring. Kandungan vitamin D pada ikan tersebut yaitu setiap 100 gram ikan terkandung 800 IU yang mampu mencukupi kebutuhan vitamin D per hari.

Baca juga: Bahaya Akibat Kekurangan Vitamin d Bagi Tubuh

4. Kaviar

Makanan yang mengandung vitamin D tinggi selanjutnya adalah kaviar. Kaviar merupakan makanan yang terbuat dari ikan tertentu yang digarami. Jenis ikan yang untuk dibuat menjadi kaviar adalah jenis ikan sturgeon. Dalam setiap 100 gram kaviar ini memiliki kandungan vitamin D 117 IU atau bisa mencukupi kebutuhan 20 persen vitamin D per hari.

5. Stroberi

Buah stroberi merupakan buah yang mengandung vitamin D tinggi seperti pada jeruk. Selain itu, stroberi juga mengandung banyak vitamin A dan vitamin C, Maka tak mengherankan stroberi memiliki kandungan antioksidan tinggi yang berguna untuk menangkal radikal bebas dan mencegah risiko terkena penyakit jantung dan kanker.

6. Tahu

Jenis makanan ini tentu tidak asing bagi masyarakat indonesia. Ternyata pada tahu terkandung vitamin D sebanyak 117 IU yang sama dengan yang terdapat pada kaviar. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D tinggi ini, maka akan memenuhi kebutuhan vitamin D sebanyak 20 persen per hari.

7. Jamur Potabela

Jamur potabela selain menjadi makanan yang mengandung vitamin D yang tinggi, jamur ini juga bermanfaat untuk mengatasi anak susah makan. Dengan mengkonsumsinya maka akan memenuhi kebutuhan asupan vitamin D sebanyak 70 persen. Setiap 100 gram jamur potabela mengandung 450 IU.

8. Susu dan Kuning Telur

Susu selain enak untuk diminum, ternyata susu termasuk makanan yang mengandung vitamin D. Kandungan vitamin D pada susu yaitu 400 IU per liter. Kuning telur juga bagus dikonsumsi untuk pemenuhan vitamin D. Kuning telur memiliki kandungan 218 IU per butir. Maka jika Anda mengkonsumsi keduanya akan memenuhi kebutuhan vitamin D setiap harinya.

9. Tomat

Tomat merupakan jenis buah yang mengandung vitamin D tinggi. Dengan mengkonsumsi tomat mentah atau yang diolah menjadi makanan saji maka akan memenuhi kebutuhan vitamin D setiap hari. Selain itu, tomat juga memiliki kandungan nutrisi yang vitamin Lainnya yang membantu meningkatkan kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

10. Sereal

Makanan yang mengandung vitamin D tinggi adalah sereal. Namun tidak semua produk sereal di pasaran mengandung vitamin D, oleh karena itu sebelum membelinya sebaiknya Anda lihat label komposisi bahan sereal tersebut.

11. Makanan Olahan Kedelai

Kedelai merupakan jenis sayuran yang tinggi kandungan vitamin D nya. Dengan memakannya bisa memenuhi kebutuhan vitamin D setiap hari. Tidak hanya mengkonsumsi kedelai saja, bahkan produk olahan dari bahan ini juga mengandung kaya vitamin D seperti tahu, tempe, susu kedelai dan lain sebagainya. Selain jenis makanan dan buah-buahan tersebut, Ada juga jeni sayuran yang mengandung vitamin D. Dan berikut ini nama-nama sayuran yang memiliki kandungan vitamin D yang baik untuk Anda olah untuk menu makanan sehat seperti, sawi, pakchoy, kacang putih dan almond.

Demikianlah pembahasan tentang makanan dan buah yang mengandung vitamin D tinggi lengkap dengan khasiat dan manfaatnya dan akibat kekurangan vitamin D. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: 10 Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin D Tinggi dan Terbaik

Loading...

Leave a Comment