Daftar Buah yang Mengandung Vitamin E Tinggi dan Manfaatnya

Daftar Buah yang mengandung vitamin E tinggi dan manfaatnya. Vitamin E dikenal digunakan untuk perawatan kulit wajah dan untuk rambut agar sehat dan mencegah masalah pada kulit dan rambut. Dan vitamin E ternyata memiliki manfaat yang luar bisa khusus untuk pria, yaitu bisa membantu meningkatkan kesuburan dan mengatasi ketidaksuburan pada pria. Tidak hanya itu saja, vitamin E adalah zat penting bagi tubuh yang berguna untuk menunjang kinerja organ-organ tubuh. Pada kandungan vitamin ini memiliki sifat Antioksidan tinggi yang membantu menjaga sel-sel tubuh agar tidak mengalami kerusakan. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin E setiap hari. Saat ini banyak produk vitamin E yang sering digunakan untuk memelihara kesehatan tubuh dan kulit. Namun Mengkonsumsi vitamin E dalam bentuk alami lebih baik dibandingkan dengan produk vitamin E olahan. Vitamin untuk kulit ini bisa ditemukan sangat mudah pada jenis makanan sehari-hari seperti pada sayuran dan buah-buahan.

Loading...

Jenis buah yang mengandung vitamin E tinggi bisa dengan mudah kita dapatkan dengan membelinya, dan kemudian dijadikan menu harian pendamping makanan pokok. Hal itu bertujuan agar dapat memenuhi kebutuhan vitamin E harian Anda. Vitamin E tidak hanya ditemukan pada buah saja, ternyata banyak jenis sayuran memiliki kandungan vitamin E tinggi, seperti brokoli dan bayam. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E bisa kita peroleh pada tahu, kuning telur, kacang almond, udang dan juga terdapat pada minyak zaitun. Namun pada kesempatan ini, waras sehat akan mengulas tentang berbagai jenis buah yang mengandung vitamin E tinggi dan manfaatnya untuk tubuh.

Jenis Buah yang Mengandung Vitamin E dan Manfaatnya Bagi Tubuh

buah yang mengandung vitamin E

Kebutuhan vitamin E yang dianjurkan untuk harian adalah 22,4 IU yang berlaku untuk dosis usia 14 tahun ke atas. Asupan vitamin E yang berlebihan akan menimbulkan efek samping yang tidak sehat bagi tubuh. Kelebihan dosis vitamin E bisa menimbulkan masalah kesehatan seperti mual, diare, ruam, kelelahan, sakit kepala, penglihatan buram, pendarahan, kram perut dan memar. Dosis tidak aman bisa terjadi jika mengkonsumsi vitamin E dalam jumlah banyak atau setara 400 IU atau lebih, khususnya untuk penderita penyakit jantung dan diabetes. Nah, untuk lebih amannya maka hindari pemakaian jenis suplemen vitamin E yang berlebihan. Selain itu untuk mencegah bahaya kelebihan dosis vitamin E yaitu dengan mengkonsumsi buah dan sayuran. Berikut ini adalah macam-macam buah yang mengandung vitamin E dan manfaatnya, adalah:

1. Durian (Duren)

Loading...

Buah yang memiliki banyak duri pada kulitnya dan banyak penggemar ini ternyata memiliki kandungan vitamin E. Kandungan durian selain termasuk jenis buah yang mengandung vitamin E tinggi, ia juga mengandung antioksidan. Dengan antioksidan yang tinggi tersebut akan bermanfaat untuk membantu tubuh dalam melawan radikal bebas. Disamping itu, manfaat makan durian bisa mencegah kerusakan DNA dari sel-sel tubuh yang menjadi penyebab kanker. Selain vitamin E, durian juga memiliki vitamin C, vitamin B kompeks dan fitonutrien yang dapat membunuh sel-sel kanker.

Baca juga: Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin E Tinggi dan Manfaatnya

2. Semangka

Semangka merupakan jenis buah yang mengandung vitamin E tinggi. Buah yang banyak kandungan airnya ini bisa berguna untuk menurunkan panas tubuh dan menyegarkan. Seperti pada durian, semangka memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang berguna untuk menangkal radikal bebas dan mencegah kanker. Semangka selain memiliki kandungan vitamin E tinggi, ia juga mengandung vitamin A, B, C yang memiliki selenium yang dapat berfungsi sebagai antiaging dan mencegah masalah penuaan dini.

3. Pepaya

Buah yang terkenal dengan manfaatnya untuk pencernaan ini ternyata termasuk jenis buah yang mengandung vitamin E. Bahkan buah pepaya disebut sebagai buah sumber vitamin E, vitamin A dan vitamin C. Maka tek mengherankan jika buah yang memiliki biji hitam dan enak rasanya ini bisa berguna untuk kulit dan mata. Pepaya juga memiliki kandungan antioksidan yang bisa membantu mengeluarkan racun dan zat berbahaya dari dalam tubuh, menangkal radiasi pada kulit. Bahkan dengan mengoles buah pepaya yang dilumatkan pada kulit akan membantu melembabkan kulit kering dan mencerahkan kulit.

4. Pisang

Sama halnya seperti buah pepaya, pisang juga sangat dikenal sebagai jenis buah yang mengandung vitamin E. Kesamaan lain dengan buah pepaya yaitu dari manfaatnya yang sering digunakan untuk mengatasi masalah sembelit atau susah buang air besar (BAB). Tidak hanya mengandung vitamin E saja, pisang juga kaya vitamin C. Manfaat buah pisang lainnya yaitu dapat digunakan sebagai masker untuk pelembab kulit wajah dan tubuh, mengatasi diare dan sebagai obat yang ampuh untuk penyakit anemia.

5. Buah Paprika

Buah yang mengandung vitamin E ini memiliki 2 jenis warna buah, yaitu paprika warna hijau dan merah. Keduanya sama-sama memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi. Pada buah paprika memiliki kandungan vitamin E kurang lebih 1,57 mg pada setiap 100 mg paprika. Sedang pada paprika hijau kandungannya lebih tinggi yaitu 7,5 mg per 100 mg. Khasiat vitamin E pada paprika berguna untuk menjaga kesehatan hati, menurunkan kolesterol dan mencegah risiko terkena kanker.

6. Buah Kiwi

Buah yang memiliki nama unik ini termasuk dalam jenis buah yang mengandung vitamin E. Buah kiwi merupakan buah impor yang banyak ditemukan dan dijumpai di supermarket. Memakan kiwi sangat bagus untuk kesehatan karena memiliki kadar lemak rendah sehingga baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Kandungan vitamin E pada buah kiwi yaitu 1,6 mg per 100 gram. Manfaat makan buah kiwi bisa mencegah masalah impotensi pada pria dan bisa mencegah terkena penyakit diabetes.

7. Buah Mangga

Buah yang terkenal dengan aneka macam nama ini selain banyak disukai banyak orang, ternyata juga tergolong jenis buah yang mengandung vitamin E tinggi. Mungkin selama ini mangga terkenal sebagai sumber vitamin C selain jeruk saja. Namun mangga juga memiliki vitamin E yang menyehatkan tubuh. Manfaat makan buah mangga setiap hari bisa membantu mencegah sembelit, meningkatkan daya ingat, mencegah penyakit diabetes, kanker dan penyakit jantung.

8. Alpukat (Avokad)

Buah yang terkenal sebagai buah yang mengandung vitamin E ini bisa kita dapatkan dengan mudah di pasar dan supermarket. Membuatnya menjadi jus yang diminum setiap hari berguna untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah kulit kering dan keriput. Hal tersebut tidak terlepas dari kandungan vitamin E pada alpukat sangat tinggi. Hanya dengan memakan 1 buah alpukat ukuran sedang yang dibuat jus atau campuran es buah akan memenuhi kebutuhan vitamin E harian sebanyak 10 persen. Manfaat makan buah alpukat setiap hari akan membantu mencegah penyakit stroke, menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, mencegah penyakit maag dan sekaligus membantu proses pembentukan sel darah merah. Makanya sangat disarankan bagi penderita kurang darah untuk mengkonsumsi rutin buah ini.

Demikianlah pembahasan tentang macam-macam buah yang mengandung vitamin E tinggi dan manfaatnya. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan pembaca semua. Salam sehat!!

Baca juga: Manfaat Vitamin E Bagi Kesehatan Tubuh Kulit Dan Wajah

Loading...

Leave a Comment