3 Bumbu Dapur Yang Berkhasiat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bumbu dapur yang berkhasiat untuk kesehatan dan kegunaannya. Bumbu dapur atau rempah rempah yang  banyak dimanfaatkan sebagai penyedap masakan, ternyata memiliki manfaat  untuk kesehatan dan kecantikan. Diantara manfaat bumbu dapur untuk wajah yaitu untu  mengobati jerawat dan komedo. Bahkan ada khasiat bumbu dapur yang dapat mencegah kanker, mengatasi rambut rontok, menurunkan berat badan, kolesterol, dan masih banyak yang lainnya.

Loading...

Ada banyak jenis bumbu dapur yang berkhasiat untuk kesehatan seperti pala, merica dan kayu manis. Nah, apa saja manfaat dari ketiga bumbu dapur dan rempah rempah tersebut dan bagaimana cara pemakaiannya. Untuk info lebih lengkapnya berikut ini beberapa jenis bumbu dapur yang berkhasiat untuk kesehatan dan cara meramunya.

Jenis Bumbu Dapur Yang Berkhasiat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

bumbu dapur yang berkhasiat

Sebenarnya ada banyak sekali bumbu dapur dan rempah rempah di dapur yang memiliki manfaat untuk kesehatan dan pengobatan. Namun pada kesempatan ini, kita akan lebih fokus pembahasannya pada jenis bumbu dapur seperti pala, kayu manis dan merica. Dan berikut ini adalah bumbu dapur yang berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan, yaitu:

1. Pala.

Pala merupakan salah satu bumbu dapur atau rempah rempah yang berguna untuk pengobatan. Pala memiliki manfaat yang luar biasa mulai dari biji, daging sampai kulitnya. Diantara manfaat pala yaitu untuk mengatasi insomnia atau masalah susah tidur, menambah nafsu makan anak. Caranya cukup mudah yaitu dengan menambahkan sejumput pala ke dalam susu atau air hangat.

Loading...

Pala juga termasuk jenis bumbu dapur yang berkhasiat untuk kecantikan.Salah satunya digunakan sebagai cara mengobati jerawat. Berikut ini cara mengobati jerawat dengan pala, yaitu:

  • Campurkan bubuk pala kedalam susu atau madu kemudian aduk menjadi rata.
  • Oleskan ramuan ini pada wajah yang berjerawat secara merata dan memijat halus.
  • Diamkan beberapa menit kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih. Lakukan secara teratur setiap 2 hari sekali

Disamping ampuh mengatasi jerawat pala sebagai bumbu dapur yang berkhasiat ini bisa untuk mengatasi keriput juga. Cara mengatasi kulit wajah keriput yaitu mudah, cukup membuatnya menjadi masker. Berikut ini cara membuat masker pala untuk mengatasi kulit keriput, yaitu:

  • Siapkan bubuk pala, dan bubuk kayu manis, secukupnya.
  • Sediakan juga satu sendok teh madu, satu sendok teh sari lemon dan satu sendok makan yoghurt tawar.
  • Campurkan semua bahan diatas, aduk hingga merata dan halus.
  • Gunakan campuran tersebut sebagai masker, setelah kering, bilas menggunakan air hangat.

Baca juga: Khasiat Pengobatan Kayu Manis Bagi Kesehatan Dan Penyembuhan

2. Kayu manis

Bumbu dapur yang berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan selanjutnya adalah kyu manis. Selain digunakan sebagai rempah  pengharum masakan. Kayu manis juga berkhasiat untuk kesehatan seperti, mengatasi batuk, pilek, dan infeksi pernafasan. Cara membuat kayu manis untuk obat batuk dan pilek alami yaitu dengan mencampurkan segelas air hangat dengan seperempat kayu manis dan satu sendok madu, minum ramuan ini dua kali sehari setelah makan dan sebelum tidur.

Kayu manis berkhasiat menurunkan kadar kolesterol Anda pula. Cara menurunkan kolesterol dengan kayu manis yaitu dengan menaburkan sejumput bubuk kayu manis pada secangkir kopi atau semangkok oatmeal. Disamping itu, manfaat kayu manis ampuh untuk menghilangkan rasa mules. Caranya, Campurkan sejumput kayu manis kedalam secangkir teh tanpa gula

Kayu manis bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kerontokan rambut. Cara membuat alami untuk rambut rontok. Caranya, siapkan satu sendok teh bubuk kayu manis, satu sendok makan madu, dan satu sendok makan minyak zaitun. Oleskan ramuan tersebut pada rambut Anda, lalu pijat dengan lembut. Diamkan sebentar dan cuci rambut Anda sampai bersih. Bahkan bubuk Kayu manis dapat dipakai untuk menghaluskan kulit Anda. Caranya campurkan bubuk kayu manis secukupnya dengan air lalu lulurkan keseluruh tubuh. setelah kering bilas dengan air sampai bersih.

3. Merica

Merica merupakan salah satu bumbu dapur lain yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Seperti diketahui bahwa kandungan merica kaya vitamin C, vitamin A, flavonoid, karoten dan antioksidan. Oleh sebab itu merica bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker kulit dan kanker usus. Caranya membuat ramuan alami untuk mencegah penyakit kanker dan cara pnggunaannya. Siapkan bubuk merica ukuran satu sendok teh kedalam makanan yang akan kita makan, sebaiknya menggunakan bubuk merica yang segar.

Dengan menambahkan sedikit bubuk merica hitam ke dalam makanan bermanfaat mengurangi berat badan Anda. Kandungan fitronutrien pada bubuk merica, memecahkan sel-sel lemak serta merangsang keluarnya keringat dan air seni. Demikianlah jenis bumbu dapur yang berkhasiat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca sekalian dan salam sehat!!

Baca juga: Khasiat Madu Campur Kayu Manis Untuk Kesehatan

Loading...

Leave a Comment