Cara Agar Tidak Cepat Haus dan Lapar Selama Berpuasa, Begini Tipsnya

Cara agar tidak cepat haus dan lapar selama berpuasa, begini tipsnya. Saat puasa seseorang akan mengalami haus dan lapar selama kurang lebih 14 jam. Mulut dan kerongkongan kering akibat kurang asupan cairan yang membuat tubuh lemas. Tenggorokan yang kering bisa jadi tanda bahwa sedang mengalami dehidrasi yang tak jarang membuat sakit kepala. Nah, pada bulan puasa kali ini sebaiknya Anda mengetahui tips cara puasa agar tidak mudah haus dan lapar.

Ada beberapa cara agar tidak cepat haus dan lapar selama berpuasa, salah satunya dengan pola konsumsi yang benar. Banyak minum air putih dan perbanyak konsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C termasuk tips mencegah rasa haus saat puasa. Tidak hanya itu, masih banyak tips mencegah rasa haus dan lapar yang menyiksa selama berpuasa. Untuk lebih jelasnya tentang cara agar tidak cepat haus dan lapar selama berpuasa, silahkan simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

10 Cara Agar Tidak Cepat Haus dan Lapar Selama Berpuasa

Bagi sebagian orang menjalankan puasa terasa sangat berat apalagi puasa yang dilakukan dibarengi dengan pekerjaan yang mengeluarkan keringat. Disamping itu, puasa juga terasa sulit menahan haus dan lapar saat mengalami kemacetan yang membuat kondisi tubuh kegerahan. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk dapat mengatasi masalah tersebut dengan beberapa tips dan cara agar tidak cepat haus dan lapar selama berpuasa berikut ini.

1. Banyak Minum Air Putih

Untuk mencegah rasa haus dan lapar saat puasa yang pertama yaitu dengan membiasakan minum air putih yang banyak setelah berbuka sampai sahur. Lakukan minum air putih setiap 2 jam sekali dengan minum 2 gelas air putih pada malam hari. Dengan melakukannya secara teratur maka ampuh membantu Anda mencegah cepat haus dan lapar esok harinya.

Baca juga: Cara Mengatasi Kulit Kering dan Bibir Pecah Pecah Saat Puasa dengan Mudah

2. Minum Air Hangat Usai Sahur

Cara agar tidak cepat haus dan lapar selama berpuasa selanjutnya yaitu dengan membiasakan minum air hangat setelah sahur. Biasanya sisa-sisa minyak yang menempel pada kerongkongan akan mengakibatkan tenggorokan kering. Kondisi ini akan menimbulkan rasa ingin minum saat siang hari. Oleh karena itu, setelah Anda makan sahur maka sangat bagus untuk minum segelas air hangat yang berguna menghilangkan tempelan sisa makanan di dinding tenggorokan.

3. Makan Buah-Buahan

Banyak makan buah-buahan juga termasuk salah satu cara agar tidak cepat haus dan lapar selama berpuasa. Ada beberapa jenis buah-buahan yang bagus untuk dikonsumsi saat berbuka dan setelahnya yaitu jenis buah yang banyak mengandung air. Selain itu buah memiliki kandungan vitamin C dan banyak serat. Dengan membiasakan makan buah-buahan tersebut maka bisa dipastikan puasa Anda tidak akan cepat haus dan lapar untuk siang harinya.

4. Kompres Air Dingin

Selain tips mencegah haus dan lapar yang dilakukan pada malam hari, Anda juga sebaiknya melakukan beberapa cara agar tidak cepat haus dan lapar selama berpuasa yang dikerjakan pada siang hari. Salah satunya, yaitu dengan mengopres air dingin pada area tubuh tertentu. Anda bisa menggunakan es batu yang dibalut dengan kain tipis yang kemudian ditempelkan pada daerah kulit yang memiliki denyut nadi yang kencang.  Ada pun daerah yang memiliki denyut nadi kencang yaitu leher, pelipis dan bagian dalam siku.

5. Jangan Makan Minum Manis dan Asin Berlebihan

Cara agar tidak cepat haus dan lapar selama berpuasa yang harus diketahui yaitu jangan mengkonsumsi terlalu banyak makanan atau minuman yang manis dan asin. Rasa manis dan asin akan mudah membuat haus dan lapar pada siang harinya. Jika Ingin minum atau makan asin dan manis sebaiknya saat berbuka, untuk sahurnya boleh namun sedikit saja.

6. Kurangi Makan Pedas

Selain rasa makanan dan minuman yang gurih seperti asin dan manis, cara agar tidak cepat haus dan lapar selama berpuasa selanjutnya adalah dengan tidak banyak makan makanan yang pedas. Apalagi Anda sahur dengan makanan yang pedas maka dapat dipastikan akan merasakan kehausan yang sangat pada siang harinya. Boleh saja makan pedas saat berbuka namun jangan berlebihan.

7. Hindari Minum Kopi

Minum kopi ternyata salah satu yang bisa menyebabkan seseorang merasakan cepat haus dan lapar saat berpuasa. Oleh karenanya sebaiknya Anda tidak berlebihan minum kopi saat bulan puasa. Kandungan kafein pada minuman kopi tidak hanya membuat haus dan lapar saja, dengan banyak minum kopi pada malam  hari maka berpeluang mengalami pusing saat puasa pada siang harinya. Nah, solusi bagi pecinta minum kopi untuk cara agar tidak cepat haus dan lapar selama berpuasa yaitu dengan mengganti kopi dengan teh atau lainnya.

8. Berpakain Bahan Dingin

Disamping menlakukan pola makan yang baik dan benar diatas untuk cara agar tidak cepat haus dan lapar selama berpuasa yaitu dengan mengenakan pakaian yang berbahan tipis dan dingin seperti bahan cotton (katun). Memakai pakaian yang berbahan tebal dan berbahan panas pada siang hari akan memicu rasa haus dan juga lapar. Untuk warna disarankan memakai warna yang cerah seperti putih dan jangan menggunakan pakaian yang berwarna hitam yang bisa menjadikan panas pada tubuh.

9. Kurangi Aktivitas Berlebihan

Memang saat puasa sangat baik untuk mengurangi kegiatan di luar ruangan yang dapat memicu keluarnya banyak keringat. Termasuk cara agar tidak cepat haus dan lapar selama berpuasa yaitu mengurangi aktivitas yang berat. Dengan tetap melakukan pekerjaan yang bisa menyebabkan keluar banyak keringat maka rasa haus dan lapar tak dapat dihindarkan.

10. Jangan Banyak Meludah

Sering kita melihat atau bahkan melakukan sendiri sering meludah saat berpuasa. Ternyata dengan sering meludah pada saat puasa membuat mulut terasa kering dan tenggorokan juga menjadi lebih kering. Kondisi tersebut akan memicu rasa haus yang cepat saat puasa. Oleh karena itu, cara agar tidak cepat haus dan lapar selama berpuasa yang sebaiknya dilakukan dengan tidak sering-sering meludah.

Itulah beberapa cara agar tidak cepat haus dan lapar selama berpuasa yang bisa Anda lakukan dan buktikan sendiri hasilnya. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: 5 Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa di Bulan Ramadhan

Loading...

Add Comment

Dapatkan lebih banyak informasi tentang kesehatan dan kecantikan terlengkap
di email Anda

Silahkan berlangganan dan dapatkan informasi terbaru yang menarik ke email Anda.

Terimakasih Telah Berlangganan

Ups!! Ada Sesuatu yang Salah, Silahkan Coba Kembali