Cara Alami Menghilangkan Bekas Luka Hitam Pada Kulit

Cara alami menghilangkan bekas luka hitam pada kulit. Setiap orang pasti pernah mengalami luka pada kulit yang mungkin disebabkan karena jatuh, tergores benda tajam, bekas luka kecelakaan, atau bekas iritasi kulit yang menimbulkan bekas hitam pada kulit.

Loading...

Bekas hitam inilah yang biasanya sangat sulit untuk di hilangkan, meskipun rasa sakit atau lukanya telah sembuh. Mungkin untuk ukuran bekas hitam kecil tidak akan menimbulkan masalah. Tapi, bagaimana jika bekas luka hitam itu besar pada kulit dan tak kunjung hilang, tentu akan memberi ketidaknyamanan dalam penampilan Anda.

Apalagi bekas tersebut pada tempat yang terlihat misalnya pada tangan, kaki, atau bahkan wajah Anda. Pasti hal tersebut akan menjadikan rasa percaya diri akan berkurang dan bahkan merasa malu, karena akan merusak penampilan Anda.

Penyebab Bekas Luka Hitam  lama Sembuh Pada Kulit

Ada beberapa faktor yang menjadika bekas luka lama sembuh pada kulit:

1. Tidak Pernah Di Vaksin Polio Saat Bayi

Loading...

Jika Anda tidak pernah disuntik vaksin polio saat bayi maka bisa menjadi penyebab bekas luka lama sembuhnya. Tidak hanya itu saja saat dewasa Anda akan mudah terserang penyakit. Dan apabila terserang penyakit kulit maka bekas luka hitamnya akan susah untuk hilang. Vaksin polio ini juga meninggalkan bekas pada  bahu atas sebelah kanan. Dan luka itu tak bisa dihilangkan sebagai tanda juga bahwa Anda sudah pernah divaksin polio.

2. Kekurangan Sel Darah Putih

Sel darah putih mempunyai manfaat untuk pembentukan jaringan sel baru pada kulit apa bila terjadi luka karena goresan atau lecet. Sel darah putih juga bisa mempercepat penyembuhan lukanya.

3. Pantangan Makanan

Biasanya saat kita mengalami luka pada kulit, ada beberapa makanan yang menjadi pantangannya. Makanan pantangan tersebut tidak boleh kita makan selama luka tersebut belum sembuh. Jika kita memaksa untuk mengonsumsinya maka biasanya luka menjadi gatal pada luka. Dan hal tersebut mengakibatkan luka dan bekasnya menjadi susah untuk dihilangkan.

4. Lalat

Hinggapnya lalat pada luka juga menjadi penyebab bekas luka menjadi susah hilang. Lalat adalah hewan yang menjadi pembawa banyak sumber penyakit. Tidak hanya itu saja, lalat juga membuat luka menjadi pembusukan lebih cepat dan menyebar. Oleh sebab itu, sering luka menjadi basah dan bernanah kembali setelah dihinggapi lalat dan membuat luka tersebut susah keringnya juga.

Cara Alami Menghilangkan Bekas Luka Hitam Pada Kulit

Cara alami menghilangkan bekas luka hitam pada kulit
Sumber Gambar: ALODOKTER Cara alami menghilangkan bekas luka hitam pada kulit

Cara menghilangkan bekas luka menghitam pada kulit secara alami, bisa Anda lakukan dengan cara-cara berikut ini:

1. Buah Mengkudu

Manfaat buah mengkudu selain berguna sebagai anti kanker, buah ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka di kulit.

Cara penggunaanya adalah ambil satu atau dua buah mengkudu, kemudian cuci bersih dengan air. Blender sampai halus, lalu oleskan pada bekas luka sampai mengering. Bilas menggunakan air setelahnya.

2. Lidah Buaya

Getah lidah buaya memiliki manfaat jika dioleskan pada luka kulit, ia akan merangsang tumbuhnya jaringan sel kulit baru karena getah lidah buaya mengandung asam amino dan ligmin yang cukup banyak.

Cara penggunaan getah lidah buaya, cukup dengan Anda oleskan pada bekas luka. Lakukan hal tersebut 2 sampai 3 kali sehari untuk memudarkan bekas luka hitam.

3. Buah Mentimun

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Luka Hitam di Wajah Secara Alami dalam 1 Hari

Timun mempunyai kandungan potassium dan vitamin C yang tinggi, yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas untuk mencegah kulit bekas luka menjadi keriput dan menghitam.

Cara penggunaan buah timun untuk bekas luka yaitu Ambil 1 mentimun lalu tumbuk atau blender hingga halus. Kemudian gunakan untuk mengoles kulit bekas luka. Lakukan pada malam hari sebelum tidur.

4. Daun Mint

Manfaat daun mint bisa untuk mengobati sakit gigi. Selain itu, daun mint juga bisa untuk mengobati luka bakar dan menghilangkan bekas luka hitam pada kulit. Caranya: Siapkan 5 sampai 7 lembar daun mint, lalu tumbuk hingga halus. Kemudian oleskan pada bekas luka, Diamkan selama 25 sampai 30 menit sampai mengering dan dingin. Setelah itu bisa dibilas dengan air.

5. Madu

Manfaat madu  untuk meregenerasi kulit. Madu bisa menghilangkan bekas luka yang menghitam atau mengangkat sel kulit mati. Cara menggunakan madu untuk menghilangkan bekas luka adalah dengan mengoleskan madu pada bekas luka Anda setiap pagi dan malam sebelum tidur hingga bekas luka hitam menjadi hilang.

6. Daun Pare

Pahitnya pare ternyata tak pahit manfaat lho, Karenapada daun pare bisa bermanfaat untuk menyamarkan bekas luka kulit. Cara menggunakannya, Siapkan beberapa daun buah kemudian cuci bersih. lumatkan daun paredan tambahkan air hangat lalu peras.  Perasan daun pare tersebut lalu dicampur 2 sendok makan tepung beras dan aduk hingga menjadi pasta. Kemudian oleskan pasta tersebut pada bekas luka. Lakukan pada malam hari sebelum tidur.

7. Jeruk Nipis

Jeruk nipis mempunyai kandungan yang kaya vitamin C. hal itu bisa bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati seperti bekas luka hitam dan bekas jerawat. Cara penggunaanya yaitu Ambil 1 buah jeruk nipis dan belah menjadi dua bagian. Kemudian gosokkan jeruk nipis tersebut pada kulit bekas luka secara perlahan. Hal itu akan mengakibatkan perih dan bilas dengan menggunakan air hangat.

8. Beras Kencur

Beras campur sejak lama dipercaya oleh masyarakat jawa khususnya sebagai obat penambah stamina. Terbukti dengan banyaknya jamu yang berbahan beras kencur. Begitu pula, beras kencur bisa menghilangkan bekas luka.

Cara penggunaannya adalah Ambil segenggam beras dan kencur secukupnya. Tumbuk hingga hancur dan halus tambahkan sedikit air. Kemudian oleskan pada bekas luka. Lakukan dua kali sehari selama 2 minggu dan bekas luka hitam pun akan hilang.

9. Jus Lemon

Cara alami menghilangkan bekas luka hitam pada kulit dengan menggunakan jus lemon. Dengan menggunakan cara ini bekas luka dan sel kulit mati dapat dihilangkan, sehingga akan muncul sel-sel kulit baru.

Cara penggunaanya: Ambil cotton bud untuk mengoleskan jus lemon pada bekas luka. Kemudian diamkan selama 5-10 menit, setelah itu bilas dengan menggunakan air. Lakukan cara ini hingga bekas luka menghilang.

10 Minyak zaitun

Cara alami menghilangkan bekas luka hitam pada kulit bisa dilakukan dengan menggunakan minyak zaitun. Kandungan nutrisi minyak zaitun sangat baik untuk mengatasi masalah kulit. Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan bekas luka dengan minyak zaitun sebelum tidur. Biarkan semalaman dan bilas pada pagi hari menggunakan air. Lakukan cara ini sampai bekas luka menghilang.

11. Biji Bunga Mawar

Cara alami menghilangkan bekas luka hitam pada kulit dengan biji bunga mawar. Anda bisa menggunakan pangkal biji bunga mawar. Caranya sangat mudah, yaitu Lakukan pijatan dengan menggunakan minyak biji pangkal bunga mawar. Diamkan selama 15 menit dan bilas menggunakan air. Lakukan hingga bekas luka hitamnya menghilang.

Ada tips untuk Anda yang mengalami luka panas seperti kena knalpot, strika dan yang lainnya. Anda bisa mencegah luka menjadi bekas luka yang menghitam dengan langsung mengolesnya dengan menggunakan pasta gigi atau parutan mentimun dan bisa juga dengan menggunakan getah lidah buaya.

Dengan demikian luka bekas terkena panas tadi akan sembuh dan tidak meninggalkan bekas luka hitam pada kulit. Demikianlah Cara alami menghilangkan bekas luka hitam pada kulit. Semoga informasi ini berguna bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki yang Sudah Lama dan Menghitam

Loading...

Leave a Comment