Cara Alami Mengobati Batuk dan Flu Pilek Secara Tradisional

Cara alami mengobati batuk dan flu pilek secara tradisonal. Sakit batuk dan flu atau pilek adalah serangkaian masalah penyakit yang terjadi pada satu waktu. Biasanya yang terjadi yaitu sakit flu akan dibarengi dengan batuk. Penyakit ini umumnya disebabkan oleh perubahan musim atau cuaca, seperti musim peralihan dari musim kemarau ke musim hujan atau sebaliknya.

Loading...

Seseorang bisa mengalami batuk dan pilek lebih dari tiga sampai 4 kali dalam setahun. Namun banyak dari kita yang belum mengetahui cara mengobati batuk flu/pilek yang benar-benar ampuh. Nah pada kesempatan ini, waras sehat akan membagikan obat tradisional batuk pilek atau flu alami dan cepat sembuh.

Sebelum kita bahas cara alami mengobati batuk dan flu, ada baiknya Anda mengetahui gejala-gejala dan penyebabnya. Penyebab batuk dan pilek atau flu dikarenakan oleh beberapa faktor, namun penyebab yang utama adalah menurunnya sistem kekebalan tubuh terhadap cuaca, debu, bakteri dan virus.Fakta yang unik pada batuk dan flu atau pilek, rangkaian gejala masalah ini adalah proses penyembuhan alami yang dilakukan tubuh untuk penyembuhan. Inilah fakta gejala batuk flu sekaligus proses penyembuhan alaminya:

  • Demam, karena ini adalah acara tubuh untuk membunuh bakteri atau virus penyebab batuk flu. Dengan keadaan panas tubuh meningkat, virus atau bakteri akan terbunuh. Pada saat panas tubuh terjadi, panas akan membuat protein dan sel-sel kekebalan tubuh bekerja membunuh bakteri dan virus tersebut.jadi, demam yang terjadi satu dua hari akan bermanfaat dalam penyembuhan.
  • Batuk, gejala ini akan membersihkan lendir dari organ pernapasan kita. Lendir ini merupakan pembawa bakteri pada paru-paru, maka dengan batuk akan keluar dengan sendirinya.
  • Pilek atau flu hidung tersumbat, hal ini disebabkan aliran darah di sekitar hidung meningkat. meningkatnya aliran darah pada sekitar hidung menjadi meningkat juga sekresi atau pengeluaran lendir. Dengan mengeluarkan lendir maka akan membantu pengeluaran kuman keluar dari dalam tubuh.

Cara Alami Mengobati Batuk dan Flu atau pilek

Sering Buang ingus

Membuang ingus merupakan hal yang perlu dilakukan. ini sangat penting karena untuk membuang virus dan bakteri yang ada di dalam tubuh. Namun perlu diingat, dalam membuang ingus harus dilakukan dengan berlahan dengan bergantian. Jika dilakukan dengan keras akan menyebabkan iritasi pada sinus. Buang berlahan dan bergantian dengan memencet lubang hidung satu dan beralih ke satunya dengan berlahan mengeluarkannya.

Loading...

Larutan Garam

Untuk mengatasi masalah hidung tersumbat pada batuk dan flu bisa dilakukan dengan pembilasan menggunakan larutan garam. Larutan garam ini bermanfaat untuk menghilangkan virus dan bakteri dari hidung. Ini merupakan salah satu cara mengobati batuk dan flu atau pilek alami tapi sangat manjur.

Cara membuat dan menggunakan larutan garam sangat mudah, yaitu campurkan seperempat sendok teh garam, seperempat sendok teh baking soda ke dalam 1 gelas air hangat. Gunakan penyemprot hidung atau kit irigasi hidung. Masukkan larutan pada hidung dan tahan pada lubang dengan menutup salah satu lubang hidung, dan tekan tekan ringan dengan jari, kemudian semprotkan keluar larutan tersebut. lakukan bergantian dan ulangi sampai tiga kali.

Berkumur

Jika diatas tadi cara dengan menyemprotkan ke dalam hidung, cara selanjutnya untuk mengobati batuk dan flu alami yaitu dengan berkumur menggunakan larutan garam. Campurkan seperempat sendok teh garam pada satu gelas air hangat. Gunakan larutan garam tersebut untuk berkumur empat kali sehari. Hal ini akan meringankan dan meredakan batuk yang disertai flu atau pilek.

Teh Lemon

Untuk obat tradisional batuk  dan flu bisa juga dengan meminum teh lemon. cara membuatnya sangat mudah, seduh teh dengan air panas, campurkan perasan lemon (cukup setengahnya) lalu aduk. Tunggu hangat kemudian silahkan Anda meminumnya. Biar lebih efektif tambahkan kecap maka hasilnya akan menyembuhkan batuk yang disertai pilek dengan cepat.

Minum Cairan Dan Mandi Air hangat

Saat mengalami batuk dan flu sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang hangat. Seperti sup hangat atau teh hangat. Cairan hangat tersebut bisa menghilangkan hidung tersumbat, mencegah dehidrasi dan memperbaiki radang yang terjadi pada hidung dan tenggorokan. Selain itu, Anda juga disarankan untuk mandi menggunakan air hangat. akan lebih bagus lagi air yang digunakan dicampuri garam secukupnya. hal ini akan meredakan pilek atau flu yang terjadi.

Baca juga: Cara Mengobati Batuk Pilek Dengan Bawang Merah

Minyak Kayu Putih

Cara alami mengobati batuk dan flu yang manjur adalah dengan mengoleskan setetes minyak kayu putih di bawah lubang hidung. Hal ini dapat membuka hidung yang tersumbat, sehingga bernapas pun menjadi lega. Minyak kayu putih diyakini bermanfaat membantu meringankan rasa sakit akibat iritasi pada hidung. Namun dalam penggunaannya jangan terlalu banyak dan sering.

Tidur Miring dan Istirahat yang Cukup

Tidur dengan posisi miring mampu meringankan hidung tersumbat yang menyebabkan pening. Dengan posisi yang miring akan melonggarkan hidung. Selain itu tinggikan posisi kepala dari kaki untuk lebih meringankan sakit kepala saat pilek atau flu. Batuk dan flu perlu istirahat yang cukup untuk penyembuhannya. Istirahat yang yang cukup akan meningkatkan energi untuk melawan virus dan bakteri dari dalam tubuh. Maka hindari kerja dan kesibukan yang berat.

Konsumsi Makanan Anti infeksi

Cara mengobati batuk dan flu secara alami yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung antiinfeksi. jenis makanan tersebut antara lain, Pisang, nasi, jambu biji, jeruk, bluberri dan lainnya yang mengandung banyak vitamin C.

Cara Alami Mengobati Batuk Dan Flu Dengan Bawang putih

Obat batuk dan flu atau pilek yang umum digunakan dalam masyarakat adalah bawang putih. Manfaat bawang putih sudah banyak diketahui orang untuk obat alami batuk dan flu. Sebelum kita bahas manfaat bawang untuk batuk dan flu. Menggabungkan madu, bawang putih, dan bawang merah akan menciptakan suatu obat alami yang sangat ampuh untuk masalah hidung tersumbat, batuk, dan flu. Hal ini, menurut banyak ahli herbal, juga bermanfaat bagus bagi sistem pencernaan, sendi-sendi dan hati.

Untuk membuat ramuan atau resep cara mengobati batuk dan flu alami. Yang pertama siapkan sup bawang merah dan madu dengan cara direbus. Potong-potong 5 sampai 6 siung bawang merah menjadi  bagian kecil-kecil, masukkan potongan bawang merah ke dalam air 2 gelas.

cara alami mengobati batuk dan flu
Cara Alami Mengobati Batuk dan Flu Pilek Secara Tradisional

Siapkan dua sendok makan madu  dan campurkan. Gunakan api yang kecil untuk merebusnya, kemudian tutup sampai sekitar setengah jam. Setelah itu angkat dan dinginkan. Tambahkan bawang putih untuk yang terakhir, karena jika dalam keadaan panas, bawang putih akan kehilangan khasiat pengobatannya.

Tambahkan 6 sampai 8 siung bawang putih yang sudah dikupas dan dipotong-potong. Tutup dan biarkan terendam hingga sekitar satu jam. Kemudian ramuan ini sudah dapat Anda minum, dengan ukuran satu sendok teh atau sendok obat. Hal ini adalah cara alami mengobati batuk dan flu yang berguna sebagai ekspektoran antibiotik untuk menghilangkan reak atau lendir.

Ramuan cara alami mengobati batuk dan flu ini juga berguna bagi anak-anak. Gunakan setengah sendok teh untuk diminum. Jika berat badannya setengah dari berat badan orang dewasa dan jika beratnya 1/3 dari orang dewasa maka minumnya adalah sepertiga dari dosis orang dewasa.

Tips Cara Alami Mengobati Batuk Dan Flu Manjur

Ada beberapa tips untuk memaksimalkan khasiat dari ramuan diatas, antara lain:

  • Hindari makanan yang mengandung lemak, seperti gorengan. Untuk makanan junk food juga sebaiknya dihindarkan dulu.
  • Minum teh hangat yang di campur dengan madu atau bisa dengan menambahkan jahe.
  • Hindari makanan pedas, minuman es dan minuman bersoda.
  • Makan yang teratur, jangan sampai Anda telat makan.

Itulah beberapa tips dan saran untuk bisa mengoptimalkan penyembuhan dengan Cara Alami Mengobati Batuk dan Flu Pilek Secara Tradisional . Demikianlah ulasan ramuan herbal untuk mengatasi batuk dan flu, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian dan salam sehat.

Baca juga: Manfaat Bawang Merah Untuk Batuk Pilek Pada Anak Dan Bayi

 

Loading...

Leave a comment