5 Cara Facial Yang Benar di Rumah dengan Mudah Tanpa Harus ke Salon

Cara facial yang benar di rumah dengan mudah tanpa harus ke salon. Facial merupakan salah satu perawatan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan secara rutin oleh wanita agar terjaga kesehatan kulit wajah. Manfaat facial diantaranya mencerahkan wajah, menghilangkan komedo, mencegah timbulnya jerawat dan masih banyak lainnya. Sebagian wanita menganggap facial yang dilakukan sendiri  di rumah akan merepotkan dan akan lebih mudah facial ke salon. Anggapan tersebut tidaklah benar, ternyata cara facial wajah di salon bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan cara yang mudah tanpa ribet.

Loading...

Dengan mengetahui cara facial yang benar ala salon tentu akan lebih menyenangkan dan yang pasti lebih hemat. Jika Anda harus terus melakukan facial ke salon tentu perlu menyiapkan budget yang tidak sedikit. Selain itu, alasan kesibukan kadang menjadi penghalang melakukan facial di salon. Nah, untuk itu perlu Anda mengetahui cara facial yang benar yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan mudah.

Cara Facial Yang Benar dan Mudah di Rumah

cara facial yang benar

Perawatan facial ini penting untuk mendukung kecantikan kulit, Bahkan dengan facial akan menjadikan kulit awet muda dan mencegah penuaan dini. Perawatan facial juga bisa menjadikan wajah lebih segar, cerah dan bersih. Pada umumnya cara facial wajah di salon di mulai dengan membersihkan wajah, kemudian proses steaming wajah  dengan alat steam yang dibarengi dengan pemijatan ringan yang bertujuan untuk meningkatkan sirkulasi udara agar wajah lebih bercahaya. Kemudian langkah akhir dengan penggunaan masker, toner dan pelembab. Berikut ini cara facial yang benar ala salon yang bisa Anda lakukan di rumah Medengan mudah, yaitu:

1. Mengikat Rambut

Loading...

Langkah pertama cara facial yang benar adalah dengan mengikat rambut Anda terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar menjauhkan wajah dari gangguan rambut sehingga dalam perawatan yang dilakukan akan lebih maksimal ke seluruh bagian wajah. Dengan mengikat rambut akan memastikan wajah Anda tidak tertutupi oleh rambut.

Baca juga: Cara Melakukan Facial Wajah Sendiri di Rumah yang Benar

2. Membersihkan Wajah

Langkah selanjutnya untuk cara facial yang benar ala salon adalah membersihkan wajah. Cucilah wajah Anda menggunakan pembersih yang lembut dengan menggunakan air hangat. Setelah itu tepuk-tepuk wajah Anda menggunakan handuk berbahan lembut untuk mengeringkannya. Dianjurkan menggunakan pembersih yang menggunakan bahan sabun bertekstur minyak dan pastikan tidak ada lagi sisa make up di wajah.

3. Pemijatan Wajah

Setelah wajah menjadi bersih dari sisa make up, cara facial yang benar selanjutnya yaitu pemijatan wajah. Memijat wajah ini berguna untuk rileksasi otot-otot wajah agar peredaran darah pada wajah menjadi lebih lancar. Cara melakukan pijat wajah sendiri untuk melancarkan sirkulasi darah di wajah sangat mudah. yaitu:

  • Gunakan jari tengah dan jari manis, Lakukan memijat wajah yang dimulai dari tengah dagu dengan gerakan memutar ke arah keluar.
  • Lakukan hal yang sama pada wajah bagian tengah ke arah keluar hingga ke pipi Anda.
  • Selanjutnya memijat bagian sekitar mata dan pelipis
  • Pada dahi, Lakukan pijatan dengan memutar ke arah pelipis dengan menepuk-nepuk dengan jari sesudahnya
  • Bersihkan wajah Anda dengan handuk yang sebelumnya sudah dibasahi dengan air hangat.

3. Penguapan Wajah

Facial di salon untuk penguapan wajah biasanya dilakukan dengan menggunakan alat steam. Anda pun bisa melakukannya dengan cara alami dan hasilnya pun tak kalah dengan alat steam tersebut. Penguapan wajah bisa dilakukan dengan menggunakan uap air panas yang dituangkan pada wadah. Manfaat penguapan dengan uap air panas ini bertujuan untuk membuka pori-pori wajah sehingga mudah untuk membersihkan komedo dan sisa-sisa minyak yang ada di dalam pori-pori. Berikut ini cara penguapan wajah yang benar menggunakan uap air panas, yaitu:

  • Siapkan wadah panci atau mangkuk yang agak lebar
  • Tuangkan air panas ke wadah tersebut
  • Tutup kepala Anda dengan handuk dan dekatkan wajah ke uap air, Handuk rapatkan agar uap sempurna mengenai wajah Anda
  • Lakukan cukup 2 menit saja

4. Scrubbing Atau Mengangkat Kotoran

Setelah selesai melakukan penguapan cara facial yang benar adalah dengan melakukan scrubbing wajah. Manfaat scrubbing ini untuk mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati yang ada pada wajah Anda. Penguapan wajah yang dilakukan sebelumnya akan memudahkan proses scrubbing karena pori-pori wajah sedang dalam keadaan terbuka. Untuk scrubbing Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah. Berikut ini Cara scrubbing yang benar dengan bahan alami, yaitu:

  • Siapkan 1 sendok makan  gula pasir, 1 sendok makan madu dan satu sendok perasan jeruk nipis
  • Tumbuk gula tersebut sampai halus, tambahkan madu dan perasan jeruk nipis dan aduk hingga menjadi pasta
  • Oleskan ramuan facial untuk scrub tersebut pada wajah secara merata dengan gerakan melingkar
  • Untuk daerah T atau area T ke arah pipi, dan bawah dagu jangan terlalu menekan saat melakukan pijatan melingkar
  • Bilas scrub menggunakan air hangat. Lakukan dengan lembut pada wajah berjerawat karena bisa menimbulkan iritasi

Cara facial dirumah untuk kulit berjerawat bisa memilih ramuan scrub yang berbahan lembut yaitu dengan kombinasi bahan seperti 1 sendok kacang almond dan 1 sendok madu. Tumbuk kacang almond sampai halus dan tambahkan madu hingga jadi pasta untuk scrub. Anda juga bisa cara facial wajah berjerawat dengan menggunakan scrub dengan campuran 1 sendok oatmeal, 1 sendok makan madu dan 1 sendok makan susu dengan dijadikan ramuan untuk scrub alami.

5. Gunakan masker

Langkah terakhir resep cara facial wajah yang benar dengan menggunakan masker, Anda bisa menggunakan masker yang biasa Anda gunakan, atau bisa juga dengan menggunakan masker dari buah-buahan. Gunakan masker dan bilas hingga bersih. Demikianlah cara facial yang benar yang bisa dilakukan sendiri di rumah ala cara facial wajah di salon. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca semua, selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Merawat Wajah Agar Putih Secara Alami Dalam Waktu Singkat dan Cepat

Loading...

Leave a Comment