7 Cara Jogging yang Benar Untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Cara jogging yang benar untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Olahraga merupakan cara ampuh dan efektif untuk mendapatkan berat badan ideal. Salah satu olahraga yang mudah, ringan dan murah yaitu jogging. Melakukan jogging rutin setiap hari dapat membantu dalam mengurangi berat badan dengan cepat. Selain itu, joging bisa juga membantu Anda dalam membakar lemak sehingga bisa mengatasi timbunan lemak berlebih di tubuh dan bahkan pada perut buncit agar langsing. Waktu jogging yang tepat untuk membakar lemak  yaitu pada pagi hari saat matahari terasa hangat sinarnya. Disamping itu, jogging pada pagi hari mendapat keuntungan ganda pembakaran lemak dan mendapatkan vitamin D dari paparan sinar matahari.

Loading...

Cara jogging yang benar untuk menurunkan berat badan secara optimal bisa dilakukan dengan mudah. Selain itu menurunkan berat tubuh, manfaat jogging yang dilakukan dengan baik pada pagi atau sore hari adalah mampu meningkatkan kesehatan jantung, mengontrol kolesterol, melancarkan aliran darah dan membakar lemak agar langsing. Untuk lebih jelasnya tentang cara jogging yang benar untuk menurunkan berat badan, simak lengkapnya di bawah ini.

Cara Jogging yang Benar Untuk Menurunkan Berat Badan Secara Alami

cara jogging yang benar untuk menurunkan berat badan

Banyak kasus yang sering dialami, seperti sudah rutin dan teratur melakukan jogging setiap hari tapi gagal mendapatkan berat tubuh ideal. Mungkin selama ini melakukan  joggingnya yang kurang benar. Maka penting Anda perhatikan cara jogging yang baik dan benar. Nah, jangan patah semangat, tetap lakukan jogging  baik pagi atau sore dengan mengikuti cara jogging yang benar untuk menurunkan berat badan berikut ini:

1. Pemanasan (Warming Up)

Loading...

Cara jogging yang  benar untuk menurunkan berat badan secara optimal yaitu dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan sebelum jogging ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya cidera saat melakukan lari. Selain itu pemanasan bisa berguna untuk menaikkan detak jantung. Sangat perlu memperhatikan denyut jantung karena jogging yang langsung berlari akan membuat detak jantung langsung naik secara spontan dan hal tersebut kurang baik.

Baca juga: Mengurangi Berat Badan Dengan Joging Tidak Berhasil?, Ini Solusinya

2. Atur Pernapasan

Perlu diketahui untuk cara jogging yang benar untuk menurunkan berat badan harus bisa mengatur ritme atau irama saat bernapas. Lakukan cara yang tepat untuk bernapas saat jogging, yaitu tarik nafas dari hidung dan keluarkan dari mulut secara pelan dan santai. Jangan memaksakan untuk berlari kencang yang membuat napas jadi tersengal-sengal. Maka larilah dengan nyaman dan sedang.

3. Atur Kecepatan Jogging

Selain mengatur pernapasan yang baik, cara jogging yang benar untuk menurunkan berat badan selanjutnya yaitu dengan mengatur kecepatan lari. Berlarilah dengan santai dan nyaman, sebagai batasannya jangan lari hingga membuat bernapas terasa berat. Ukuran kecepatan lari dalam jongging yang benar adalah 7-8 km/ jam. Intinya saat Anda berlari masih bisa untuk ngobrol, itulah kecepatan yang baik pada jogging yang sekaligus membedakan jogging dengan lari.

4. Lakukan dengan Rutin dan Teratur

Cara jogging yang benar untuk menurunkan berat badan yaitu dengan melakukannya secara rutin dan teratur,  Agar hasilnya lebih maksimal dan cepat. Cara melakukan sudah benar, cara mengambil pernapasan sudah tepat, namun kurang teratur dan rutin maka akan pengaruh pada gagalnya hasil menurunkan berat badan.

5. Perbanyak Minum Air Putih

Selama melakukan jogging, sangat dianjurkan untuk membawa minuman air putih untuk diminum selama jogging tersebut. Hal ini penting untuk menghindari dehidrasi sebagai pengganti cairan atau keringat yang keluar. Selain itu, cara jogging yang benar untuk menurunkan berat badan dengan memperhatikan cara minumnya juga. Setelah berlari selama 10 sampai 20 menit sebaiknya berhenti dan minum. Minum sebanyak 250 ml atau 1 gelas lebih sedikit. Minum air putih juga sebanyak 1 gelas sebelum dan sesudah jogging.

6. Lakukan Minimal 45 Menit

Berapa lama jogging untuk menurunkan berat badan?. Cara jogging yang benar untuk menurunkan berat badan adalah dengan jogging dilakukan selama 45 menit. 45 menit adalah waktu jogging yang tepat untuk membakar lemak sehingga akan ampuh untuk menurunkan berat badan. Jangan kurang dan lebih bagus lagi lebih dari 45 menit untuk hasil lebih cepat.

7. Pendinginan

Setiap awal olahraga harus diawali dengan pemanasan, begitu pula untuk mengakhiri aktivitas jogging dengan ditutup langkah pendinginan. Pendinginan wajib dilakukan untuk cara jogging yang benar untuk menurunkan berat badan, lakukan dengan berjalan selama 5 sampai 10 menit dan minum segelas air putih. Hindari langsung duduk dan diam berdiri untuk mengakhiri jogging.

Demikianlah cara jogging yang benar untuk menurunkan berat badan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda yang sedang ingin memiliki berat tubuh ideal. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Olahraga Untuk Menurunkan Berat Badan Dan Ini Penjelasannya

Loading...

Leave a Comment