Cara Membersihkan Karang Gigi Sendiri di Rumah dengan Cepat dan Mudah

Cara membersihkan karang gigi sendiri di rumah dengan cepat dan mudah. Karang gigi merupakan kumpulan sisa makanan yang menumpuk pada sela-sela gigi dan bagian belakang gigi yang mengeras. Menghilangkan karang gigi bisa dilakukan di dokter gigi, namun tentu saja membutuhkan biaya perawatannya yang tidak murah. Ada cara lain yang lebih hemat yaitu dengan cara menghilangkan karang gigi sendiri di rumah dengan mudah dan cepat dengan bahan-bahan alami, namun harus dilakukan secara rutin.

Loading...

Cara membersihkan karang gigi sendiri di rumah bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami seperti garam, baking soda atau soda kue. Bahkan Anda juga bisa memanfaatkan cengkeh, buah delima dan buah stroberi sebagai obat alami penghilang karang gigi yang ampuh. Untuk lebih jelasnya tentang Bagaimana cara membersihkan karang gigi sendiri di rumah secara alami dengan cepat, berikut ulasannya.

Cara Membersihkan Karang Gigi Sendiri di Rumah dengan Cepat dan Alami

cara membersihkan karang gigi sendiri

Tahukah Anda, jika karang gigi dibiarkan makan akan mengeras dan semakin parah, akibatnya gigi akan berlubang dan menjadi penyebab sakit gigi. Jadi, jangan remehkan masalah kerak gigi tersebut. Sebelum menjadi semakin parah dan menjadikan sakit gigi, berikut ada beberapa cara membersihkan karang gigi sendiri di rumah dengan mudah, yaitu:

1. Dengan Garam

Loading...

Garam adalah bahan dapur yang ampuh untuk menghilangkan karang gigi. Sifat Abrasif garam mampu merontokkan karang gigi yang sudah parah dan membandel untuk dihilangkan. Cara membersihkan gigi sendiri dengan garam sangat mudah, Anda hanya membuatnya menjadi pasta gigi dan kemudian menggosoknya dengan sikat gigi pada karang gigi tersebut. Untuk lebih jelasnya tentang penggunaan garam untuk karang gigi bisa dibaca disini: Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Garam Dalam Sekejap

2. Dengan baking soda

Bahan alami yang ampuh untuk menghilangkan karang gigi yang sudah parah lainnya yaitu baking soda. Baking soda atau soda kue memiliki manfaat yang sama seperti garam. Cara membersihkan karang gigi sendiri dengan baking soda tidak sulit yaitu sama persis seperti menggunakan garam. Agar lebih jelasnya tentang penggunaan baking soda untuk karang gigi, Anda bisa baca di artikel sebelumnya, disini: 3 Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Baking Soda dalam Sekejap

3. Dengan cengkeh

Ternyata cengkeh bisa membantu menghilangkan karang gigi secara alami dan mudah. Cara membersihkan karang gigi sendiri di rumah dengan cengkeh mudah dilakukan, Anda tinggal menambahkan bahan lain yang akan membuat efektif hasilnya dalam merontokkan plak dan karang gigi yaitu jeruk nipis. Jeruk nipis dan cengkeh merupakan kombinasi yang ampuh sebagai penghilang karang gigi. Caranya, Siapkan 4 sampai 6 biji cengkeh kemudian tumbuk hingga halus. Tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis dan aduk menyikat gigi.

4. Dengan cuka apel

Sari cuka apel termasuk salah satu bahan alami penghilang karang gigi yang membandel dan mengeras. Cara membersihkan karang gigi sendiri dengan cuka apel tidaklah sulit yaitu dengan merendam sikat gigi yang biasa Anda gunakan ke dalam air cuka apel. Kemudian gunakan sikat gigi tersebut untuk menggosok gigi seperti biasa dengan pasta gigi yang sering Anda pakai. Namun cara ini akan berhasil baik jika dilakukan secara teratur 2 kali sehari pagi dan malam sebelum tidur.

5. Dengan biji delima

Cara membersihkan gigi sendiri dengen cepat dan mudah bisa dilakukan dengan menggunakan biji buah delima. Biji delima dipercaya efektif dan cepat untuk menghilangkan karang gigi yang mengeras dan sudah lama. Caranya, Siapkan 1 sendok makan biji buah delima dan campurkan dengan 1 sendok teh garam dapur atau bubuk garam. Aduk hingga tercampur rata, kemudian gunakan campuran tersebut sebagai pasta gigi untuk menggosok gigi 2 kali sehari. Lakukan dengan rutin dan teratur maka karang gigi hilang sendiri.

6. Dengan buah stroberi

Strawberry atau sering disebut dengan stroberi ternyata bisa membantu menghilangkan karang gigi yang membandel. Kandungan asam pada stroberi diyakini mampu merontokkan karang gigi secara alami. Cara membersihkan karang gigi sendiri dengan stroberi cukup mudah, yaitu dengan menggosok-gosokkan stroberi pada gigi yang berkerak kemudian kunyah-kunyah beberapa saat. Setelah itu, berkumur dengan air hangat dan sikat gigi seperti biasa. Lakukan cara ini 2-3 kali dalam sehari secara teratur.

7. Dengan benang gigi
Cara ini yang paling umum digunakan untuk menghilangkan karang gigi dan sisa makanan. Menyikat gigi kadang tidak bisa menjangkau sisa makanan di sela-sela gigi sehingga menimbulkan plak dan karang gigi. Cara membersihkan karang gigi sendiri di rumah bisa dengan benang gigi. Benang gigi akan membantu membersihkan sisa makanan pada sela gigi dan karang gigi. Penggunaan secara teratur bisa membantu mencegah karang gigi kembali ada.

Demikianlah pembahasan tentang cara membersihkan karang gigi sendiri di rumah dengan mudah dan cepat. Semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat bagi Anda semua, selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: 4 Cara Memutihkan Gigi dengan Garam Secara Tradisional dan Cepat

Loading...

Leave a Comment