Cara Membuat Jus Yang Sehat dan Enak yang Benar di Rumah

Cara membuat jus yang sehat dan enak di rumah. Jus merupakan jenis minuman yang menyehatkan yang terbuat dari buah-buahan dan sayuran. Selain menyehatkan jus buah atau sayuran bisa berguna untuk kecantikan kulit. Maka tak heran jika Anda sering meminum jus kulit Anda terlihat lebih putih dan sehat. Namun manfaat jus tersebut bisa kurang efektif jika cara membuatnya kurang tepat atau tidak benar.

Loading...

Cara membuat jus yang sehat penting memperhatikan kondisi bahan yang akan dibuat menjadi jus tersebut. Salah satunya dengan memilih buah atau sayuran yang masih dalam keadaan segar, dan masih banyak lagi lainnya. Nah, untuk lebih jelasnya tentang bagaimana cara membuat jus yang sehat dan enak di rumah, yuk kita simak baik-baik ulasannya di bawah ini.

Cara Membuat Jus Yang Sehat dengan Benar

cara membuat jus yang sehat

Ada beberapa catatan penting yang perlu Anda ketahui agar dalam mengolah buah-buahan menjadi jus. Mulai dari bahan, alat yang digunakan dan mengkombinasikan bahan-bahannya. Berikut ini cara membuat jus yang sehat dan benar di rumah, yaitu:

1. Penggunaan Alat yang Tepat

Loading...

Penting dalam cara membuat jus yang sehat dengan mengetahui alat yang digunakan. Alat pembuatan jus mungkin selama ini yang banyak diketahui yaitu blender. Sebenarnya untuk membuat jus ada juga alat lain yakni juice extractor. Penggunaan kedua alat ini disesuaikan dengan jenis buah yang akan dibuat jus.

Baca juga: 3 Resep Cara Membuat Jus Jeruk Untuk Mengatasi Kolesterol Tinggi Secara Alami

Juice extractor adalah alat untuk membuat jus yang hanya diambil sarinya saja seperti jeruk dan buah sejenisnya. Maka akan tidak benar jika membuat jus jeruk dengan blender. Lain halnya untuk cara membuat jus buah yang dihaluskan seperti apel misalnya, maka akan lebih baik menggunakan blender. Penggunaan alat sesuai dengan bahan buah yang digunakan sangat dianjurkan karena akan mempengaruhi kandungan nutrisi buah pada jus tersebut.

Ada resep cara membuat jus sehat untuk diet, Anda sebaiknya menggunakan blender. Penggunaan blender lebih bagus ketimbang juice extractor. Hal ini karena buah yang digunakan untuk membantu diet pada umumnya yang dibutuhkan daging buahnya karena bisa membantu mengenyangkan.

2. Memilih Buah yang Benar

Cara membuat jus yang sehat selanjutnya yaitu dengan memilih buah yang kondisinya masih segar, matang dan belum lama disimpan dalam kulkas. Buah  segar memiliki citra rasa lebih lezat dan kandungan vitaminnya yang masih lengkap yang tentunya akan lebih menyehatkan. Memilih buah yang kondisinya sudah pucat atau layu kulitnya akan membuat jus menjadi kurang baik dan bahkan kurang sehat juga.

3. Cuci dan Potong

Dianjurkan cara membuat jus yang sehat yaitu dengan mencuci terlebih dahulu buah yang akan dijadikan jus. Setelah dicuci bersih, selanjutnya yaitu dengan di potong menjadi ukuran yang kecil. Hal ini akan memudahkan proses pembuatan jus buah tersebut. Sebagai tambahan informasi sebaiknya buah jangan dikupas. Namun mengingat adanya hal -hal yang kurang menyehatkan seperti adanya kandungan bahan pestisida yang menempel, maka sebaiknya dikupas dulu, sebelum dipotong-potong. Jika memungkinkan pilihlah buah-buahan yang organik, yang dirawat tanpa pestisida.

4. Beri Air Garam

Memberi air garam pada jus termasuk cara membuat jus yang sehat, meski bukan keharusan untuk membubuhi air garam dalam pembuatan jus tersebut. Air garam pada jus bermanfaat agar warna alami dari buah yang telah lembut tidak cepat berubah. Untuk caranya yaitu sebelum dibuat jus, potongan buah berikan sedikit air garam, atau jeruk nipis.

5. Kombinasikan Warna Jus

Warna jus ternyata bisa dijadikan cara mengetahui kandungan antioksidan pada jus yang akan diminum.  Nah, cara membuat jus yang sehat dengan kandungan antioksidan yang tinggi maka perlu Anda ketahui tips mengkombinasikan warna jus tersebut. Untuk mendapatkan Campur warna buah yang berbeda seperti kuning, jingga, merah, hijau, biru, hitam menandakan jenis antioksidan yang berlainan pula. Jus buah akan berkhasiat maksimal jika dikombinasikan dengan buah yang warnanya beda.  Antioksidan pada jus akan  luar biasa jika di campur lebih dari satu jenis buah, dibandingkan Anda membuatnya dengan buah sendiri-sendiri.

6. Jangan Menambahkan Bahan Lain

Cara membuat jus yang sehat selanjutnya yaitu tidak menambahkan bahan lain kedalam jus buah. Bahan lain yang sebaiknya dihindari agar jus berkhasiat menyehatkan antara lain, sirup, susu kental manis, atau gula pasir. Dengan tambahan bahan tersebut akan mengurangi khasiatnya jus yang dibuat. Sebagai contohnya, menambahkan gula pasir maka merusak kandungan vitamin C dalam jus.

Disamping cara membuat jus yang sehat seperti disebutkan diatas, agar lebih menyehatkan maka penting untuk mengetahui cara minumnya. Cara minum jus yang benar dan menyehatkan yaitu langsung diminum setelah dibuat. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa jus buah akan kehilangan 40 sampai 60% kandungan enzim dan nutrisinya, jika dibiarkan 10 sampai 20 menit. Jika terlalu lama, kandungan vitamin pada buah akan menguap karena proses oksidasi, terkena panas dan cahaya.

Cara minum jus yang benar lainnya yaitu waktu waktu meminumnya. Sebaiknya jus diminum saat keadaan perut kosong, terutama waktu pagi setelah bangun tidur. Lakukan minum jus 30 menit sebelum makan, namun hati-hati bagi yang punya masalah dengan lambung. Demikianlah ulasan tentang cara membuat jus yang sehat dan enak yang benar di rumah. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat dan salam sehat!!

3 Manfaat Jus Seledri dan Cara Membuatnya dengan Benar

Loading...

Leave a Comment