cara membuat masker daun sirih

4 Cara Membuat Masker Daun Sirih Untuk Wajah dan Manfaatnya

4 Cara membuat masker daun sirih untuk wajah dan manfaatnya. Senyawa dan zat yang terdapat pada daun sirih ternyata memiliki manfaat untuk wajah. Adapun senyawa dan enzim yang membuat wajah makin cantik dan menawan tanpa jerawat yaitu polevanolad dan enzim co-riboflavin. Senyawa ini berguna mencegah penuaan dini sekaligus dapat menghilangkan jerawat. Perlu Anda ketahui bahwa manfaat daun sirih untuk wajah adalah dapat membantu mengatasi jerawat dan memutihkan wajah. Nah, Untuk mendapatkan khasiat tersebut maka daun sirih dibuat menjadi masker dan dipakai secara teratur.

Loading...

Ada beberapa cara membuat masker daun sirih yang bisa dilakukan sendiri di rumah dengan mudah. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa lembar daun sirih dan bahan lain sebagai pelengkap seperti kunyit, madu, jeruk nipis dan lainnya. Untuk jenis daun sirih yang baik untuk digunakan yaitu daun sirih hijau dan merah. Meskipun begitu, Jika jenis tersebut tidak ada maka bisa memakai daun sirih yang lain seperti sirih kuning dan hitam. Oke, agar lebih jelasnya tentang bagaimana cara membuat masker daun sirih dan aturan pakainya yang benar. Silahkan simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Cara Membuat Masker Daun Sirih dan Aturan Pakainya yang Tepat

Untuk tampil cantik dan menawan dengan wajah putih bebas jerawat tidak harus mahal. Memang banyak produk yang menawarkan kulit putih dalam sekejap, namun belum tentu semua cocok untuk kulit Anda. Disamping itu, efek samping yang bisa saja timbul setelah pemakaian produk tersebut. Oleh karena itu, cara alami dengan memanfaatkan daun sirih akan lebih aman sebagai solusinya. Berikut ini adalah cara membuat masker daun sirih dan aturan pemakaiannya yang benar, yaitu:

1. Cara Membuat Masker Daun Sirih dan Garam Serta Manfaatnya

Untuk masker daun sirih yang dicampur dengan garam ini memiliki manfaat untuk menghilangkan komedo. Nantinya dengan wajah bebas komedo maka jerawat pun tak akan timbul pada wajah Anda. Menghilangkan komedo menggunakan masker daun sirih efektif sekalipun komedo yang membandel. Berikut adalah cara membuat masker daun sirih dan garam untuk komedo dan jerawat, yaitu:

  • Siapkan Beberapa lembar daun sirih merah atau hijau lalu cuci sampai bersih.
  • Tumbuk hingga halus kemudian campurkan 1 sendok teh garam dapur.
  • Aduk-aduk agar tercampur rata kemudian oleskan pada wajah secara merata.
  • Diamkan selama 20 menit kemudian bilas menggunakan air hangat sampai bersih.
  • Lakukan perawatan ini sekali sehari sampai komedo bersih dan lakukan 3 kali seminggu untuk pencegahan jerawat.

Baca juga: 2 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Daun Sirih Hijau dan Merah Terbukti Ampuh

Loading...

2. Cara Membuat Masker Daun Sirih dan Jeruk Nipis Serta Manfaatnya

Masker daun sirih selanjutnya yaitu dengan bahan tambahan air jeruk nipis. Manfaat masker daun sirih dan jeruk nipis ini adalah mencerahkan wajah agar menjadi lebih putih. Selain itu dapat digunakan juga dalam meratakan kulit wajah yang belang atau warna tidak merata karena pemakaian kerudung. Tidak hanya itu saja, campuran jeruk nipis dengan daun sirih bisa juga dipakai untuk menghilangkan jerawat yang membandel. Berikut ini cara membuat masker daun sirih dan jeruk nipis serta aturan pakainya yang benar, yaitu:

  • Haluskan beberapa lembar daun sirih hijau atau merah hingga benar-benar lembut.
  • Campurkan 1 sendok teh air perasan jeruk nipis kemudian aduk agar tercampur rata.
  • Oleskan secara merata pada wajah yang sebelumnya telah dibersihkan.
  • Diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air sampai bersih.

3. Cara Membuat Masker Daun Sirih dan Kunyit Serta Manfaatnya

Manfaat masker dari campuran daun sirih yang dihaluskan dengan air kunyit ini dapat mengatasi radang jerawat dan juga bisul. Pemakaian yang rutin akan efektif membunuh bakteri penyebab bisul dan jerawat di wajah menjadi kempes dan sembuh. Hal ini dikarenakan senyawa dan zat yang terdapat pada daun sirih dan kunyit memiliki antiinflamasi alami yang ampuh meyembuhkan peradangan. Untuk mendapatkan manfaat tersebut maka dua bahan alami ini dibuat menjadi masker. Dan berikut ini cara membuat masker daun sirih dan kunyit untuk jerawat atau bisul serta aturan pakainya:

  • Haluskan beberapa lembar daun sirih hijau atau merah kemudian campurkan perasan air kunyit sebanyak 1 sendok makan.
  • Oleskan pada wajah yang berjerawat atau bisulan dan diamkan selama 20 menit,
  • Bilas menggunakan air hangat hingga bersih dan lakukan setiap hari sampai sembuh.

4. Cara Membuat Masker Daun Sirih dan Madu Serta Manfaatnya

Masker daun sirih yang terakhir yaitu dengan mencampurkan madu asli. Apa manfaat masker ini untuk wajah jika dipakai secara teratur dan rutin?. Diantara manfaat masker daun sirih dan madu antara lain dapat membantu menghilangkan jerawat dan bekasnya secara cepat. Seperti cara diatas, untuk mendapatkan khasiatnya untuk jerawat dan bekasnya maka dua bahan tadi yaitu daun sirih dan madu diolah menjadi masker kemudian dipakai secara teratur. Berikut ini cara membuat masker daun sirih dan madu serta aturan pakainya yang benar, yaitu:

  • Siapkan 5 atau 6 lembar daun sirih hijau yang masih segar dan tidak tua atau terlalu muda.
  • Cuci sampai bersih kemudian haluskan hingga benar-benar lembut.
  • Campurkan 1 sendok teh madu asli kemudian aduk agar tercampur rata.
  • Bersihkan terlebih dahulu wajah dan keringkan dengan handuk.
  • Oleskan secara merata dan diamkan selama 20 menit.
  • Bilas dengan menggunakan air hingga bersih dan keringkan.
  • Lakukan secara teratur perawatan ini setiap hari 1 kali untuk menghilangkan jerawat dan 2 kali seminggu untuk mencerahkan wajah dan mencegah jerawat timbul kembali.

Itulah beberapa cara membuat masker daun sirih dan aturan pakainya yang benar. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda semua, selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Secara Alami dan Cepat

Loading...

Author

Ketika apa yang saya tulis disini memberikan informasi yang bermanfaat, disaat itu impian saya terwujud, ketika apa yang kalian baca disini menjadi inspirasi hidup, saat itu pula harapanku jadi Nyata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *