cara membuat masker kefir

Cara Membuat Masker Kefir Lengkap dengan Manfaat dan Efek Sampingnya

Cara membuat masker kefir lengkap dengan manfaat dan efek sampingnya. Ada satu lagi jenis masker yang bagus untuk perawatan kulit untuk pria dan wanita yaitu masker kefir. Masker kefir adalah masker yang terbuat dari endapan susu sapi atau susu kambing yang difermentasikan dengan bibit kefir. Dalam proses fermentasinya bisa membutuhkan waktu kurang lebih empat hari dengan pengadukan. Lantas apa saja manfaat masker kefir untuk wajah dan adakah efek samping yang bisa ditimbulkan?.

Loading...

Sebelum Anda mengetahui cara membuat masker kefir sendiri di rumah, ada baiknya Anda tahu beberapa manfaat masker kefir dan efek samping yang bisa ditimbulkan. Manfaat masker kefir untuk wajah dikarena didalam masker tersebut mengandung bakteri yang baik yang berguna untuk kulit wajah. Bakteri lactobacillus dan asam amino dalam masker kefir dapat membantu membersihkan kotoran yang menempel pada wajah seperti debu dan kotoran lainnya sehingga wajah terbebas dari jerawat dan komedo. Disamping itu, manfaat asam amino pada masker kefir berguna mencegah kulit wajah dari kekeringan karena kulit akan terhidrasi dengan baik.

Masker kefir juga ampuh untuk mengurangi kerutan pada wajah atau penuaan kulit karena padanya terkandung AHA. Bahkan manfaat masker kefir dapat membantu mengatasi iritasi yang sering terjadi akibat penggunaan kosmetik yang berlebihan atau tidak cocok dengan kulit. Selanjutnya yang luar biasa dari manfaat masker kefir ini mampu menghilangkan sel sel kulit mati pada wajah sehingga wajah menjadi lebih cerah dan berseri. Namun dari sekian banyak manfaatnya ternyata masker kefir juga bisa menimbulkan efek samping untuk wajah. Efek samping masker kefir yang ditimbulkan yaitu gatal. Pada umumnya hal ini lumrah karena pemakaian pertama kali akan menimbulkan gatal bahkan kemerahan namun akan hilang dengan sendirinya. Namun jika kulit Anda sensitif dan menimbulkan gatal yang berkelanjutan maka hentikan pemakaiannya.

Baca juga: 4 Cara Membuat Masker Bengkoang Untuk Wajah yang Benar di Rumah

Loading...

Cara Membuat Masker Kefir Sendiri di Rumah yang Benar

Nah, setelah Anda mengetahui apa itu masker kefir, manfaat dan efek sampingnya maka selanjutnya akan dibagikan cara pembuatannya yang benar. Cara membuat masker kefir sendiri di rumah ternyata tidak sulit dan Anda dapat dengan mudah melakukannya. Ada banyak cara pembuatan masker kefir ini diantaranya kefir dengan tambahan bengkoang atau kefir bengkoang, kefir green tea, kefir kopi, dan kefir kunyit. Namun dalam kesempatan ini akan dibagikan cara yang lebih mudah dengan bahan yang tidak rumit namun hasilnya luar biasa. Apa saja bahan yang dibutuhkan dan bagaimana langkah pembuatan dan pemakaiannya yang benar?. Berikut ini adalah cara membuat masker kefir dengan mudah di rumah, yaitu:

  • Langkah pertama yaitu menyiapkan bahan-bahan masker kefir antara lain 1 liter susu murni dari susu kambing atau susu sapi dan bibit kefir. Untuk harga bibit kafir dipasaran kisaran antara 100 hingga 120an ribu rupiah.
  • Siapkan juga toples kaca, kain, saringan dan spatula atau sendok yang berguna untuk memproses masker.
  • Campurkan susu murni dengan bibit kefir ke dalam toples kaca aduk dengan spatula berlahan hingga menyatu dan tercampur rata dengan perlahan.
  • Tutup toples dengan kain selama 24 jam.
  • Setelah itu, buka dan aduk dengan spatula dan tutup kembali dan biarkan lagi selama 24 jam agar proses fermentasi sempurna.
  • Angkat bagian atas susu dengan menggunakan spatula dan pisahkan bagian tersebut ke dalam wadah yang lain.
  • Bagian yang tersisa atau bagian bawah susu yang terfermentasi aduk dengan spatula kembali kemudian saring perlahan dan masukkan ke dalam freezer dan siap untuk digunakan sebagai masker.

Mudah bukan?. Demikianlah cara membuat masker kefir sendiri di rumah dengan mudah dan informasi tentang manfaat dan efek sampingnya. Semoga info tadi bisa bermanfaat bagi Anda semua, selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Membuat Masker Kopi Sendiri Untuk Perawatan Wajah Secara Alami

Loading...

Author

Ketika apa yang saya tulis disini memberikan informasi yang bermanfaat, disaat itu impian saya terwujud, ketika apa yang kalian baca disini menjadi inspirasi hidup, saat itu pula harapanku jadi Nyata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *