Cara Memilih Foundation Yang Benar dan Tepat Sesuai Jenis Kulit

Cara Memilih Foundation Yang Tepat Sesuai Jenis Kulit. Pemakaian foundation atau alas bedak sudah menjadi kebiasaan dan kebutuhan wanita agar wajah terlihat segar meski menjalani kegiatan seharian mereka. Selain membuat wajah lebih fresh, Fungsi foundation membantu menutupi warna kusam dan noda hitam pada kulit wajah, sampai meratakan warna kulit wajah yang tidak merata. Memilih foundation perlu Anda lakukan karena harus menyesuaikan dari jenis kulit. Selain itu, warna dan tekstur juga penting untuk dipertimbangkan dalam memilih jenis foundation. Tekstur foundation yang lembut tentu akan menghasilkan make up yang sempurna.

Loading...

Cara memilih foundation sebaiknya juga disesuaikan dengan jenis kulit Anda. Jika salah dalam memilih warna foundation maka dalam pemakaian foundie bisa membuat warna kulit wajah terlihat tidak merata alias belang. Misalnya memilih cara memilih foundation putih pada kulit sawo matang maka tidak sesuai dengan tone  atau warna kulit kuli gelap dengan memakainya terlalu tebal akan menyebabkan terlalu putih dan terlihat seperti hantu. Nah, dengan alasan tersebut maka penting Anda perhatikan cara memilih foundation yang benar sesuai jenis kulit Anda.

Cara Memilih Foundation Menurut Warna Kulit Wajah

Memakai foundation yang sesuai dengan jenis kulit yang Anda akan membantu mengoptimalkan hasil make up. Tips cara memilih foundation menurut jenis yang benar adalah sebagai berikut:

1. Cara Memilih Foundation untuk Kulit Sawo Matang

Jika Anda memiliki kulit sawo matang maka harus memperhatikan beberapa hal dalam memilih foundation yang tepat dan cocok. Berikut ini cara memilihnya:

Loading...

Coba Langsung Pada Kulit

Kadang yang sering terjadi bahwa warna yang ditampilkan pada kemasan foundation tidak sama dengan warna aslinya. Maka Anda harus mencobanya terlebih dahulu untuk memastikan warna tersebut benar-benar cocok dengan warna wajah Anda.

Hindari Zinc

Jika Anda memiliki sawo matang penting untk tidak memilih foundation yang mengandung bahan zinc. Bahan zinc ini sering digunakan pada produk kecantikan atau kosmetik, maka sebaiknya Anda teliti sebelum membeli dan jangan memakai foundation yang memakai zinc. Bahan ini akan meninggalkan bekas putih keabu-abuan di kulit sawo matang atau kulit gelap.

Bersihkan Kulit Wajah

Sebelum Anda menggunakan foundation atau foundie yang cocok dengan kulit, sebaiknya cek terlebih dahulu dengan membersihkan kulit wajah Anda. Pastikan kulit wajah dalam keadaan bersih, sebelum menggunakan foundation atau kosmetik yang lainnya.

Baca juga: Cara Merawat Kulit Wajah Pria Agar Putih Bersih dan Tidak Kusam Secara Alami dan Cepat

Pilih Warna Lebih Cerah

Cara memilih foundation untuk kulit sawo matang maka pilihlah warna satu tingkat lebih cerah. Hal ini juga berlaku pada wanita yang memiliki kulit gelap. Hal ini karena saat penggunaan foundation yang terkena udara akan terjadi proses oksidasi yang membuat warna foundation tersebut menjadi lebih gelap, maka yang terjadi akan membuat warna kulit wajah menjadi lebih kusam. Untuk itu, sangat penting memilih warna cerah untuk foundation bagi Anda yang memiliki kulit sawo matang. Nah demikianlah cara memilih foundation untuk kulit sawo matang yang benar.

2. Cara Memilih Foundation Untuk Kulit Kuning Langsat

Wanita indonesia identik dengan tone atau warna kulit kuning langsat. Kulit kuning langsat adalah warna tengah antara warna kulit putih dan warna kulit coklat. Cara memilih foundation yang tepat untuk wanita yang memiliki kulit kuning langsat memang agak sudah. Perlu untuk menyiasati dengan menggunakan foundation dengan warna putih terlebih dahulu yang kemudian dicampur dengan warna bedak yang kuning untuk menurunkan tone.

Langkah selanjutnya dalam cara memilih foundation untuk kulit kuning langsat yaitu perlu kehati-hatian dalam pemakaiannya. Jika Anda memilih foundation dengan warna putih, maka penggunaannya jangan terlalu putih atau tebal. Karena pemakaian yang tebal dengan foundation warna putih dikhawatirkan menjadi belang tidak merata.

Cara Memilih Foundation yang Sesuai dengan Jenis Kulit Wajah

cara memilih foundation

Sebelum Anda membeli foundation, sebaiknya Anda pilih warna foundation yang cocok dengan warna kulit yang Anda miliki. Memang kesulitan yang terjadi saat memilih warna foundation tersebut dan juga teksturnya. Selain cara memilih warna foundation yang benar memilih teksturnya juga menjadi masalah yang menyulitkan. Namun jangan khawatir berikut ini cara memilih foundation

1. Sheer Foundation

Foundation ini, biasanya mengandung silikon, Hal ini menjadikan mudah dalam menggunakannya. Selain itu, menggunakan foundation jenis ini akan membuat nampak lebih natural atau alami tanpa terlihat berminyak. Jika Anda memiliki kulit wajah yang berminyak, maka cara memilih foundation yang sesuai adalah jenis sheer foundation.

2. Oil-Based Foundation

Foundation jenis ini, sangat cocok digunakan untuk jenis kulit kering. Sebelum Anda menggunakannya, sebaiknya kocok dengan benar agar semua formulanya bisa larut dengan sempurna.

3. Matt Foundation

Merupakan pilihan paling tepat jika Anda memiliki jenis kulit yang berminyak. Foundation ini tidak mengandung minyak, menjadikan foundation jenis ini sangat cepat menjadi kering. Sebagai anjuran, jangan menggunakan foundation jenis ini terlalu tebal dalam memakainya, sebab Anda akan terlihat seperti patung lilin.

4. Compact Foundation

Foundation jenis ini merupakan gabungan antara bedak tabur dengan foundation yang dikemas dalam satu wadah. Banyak wanita yansg super aktif memilih foundation jenis ini, karena cara menggunakannya tergolong cukup mudah dan cepat. Yaitu, cukup dengan menggunakan spons, dan diratakan ke seluruh bagian wajah seperti halnya menggunakan bedak.

5. Cream Foundation

Memilih foundation sangat pas untuk Anda gunakan, jika Anda memiliki garis kerutan-kerutan halus pada wajah. Memiliki tekstur lembut dan milky.

6. Tinted Foundation

Foundation ini merupakan pelembab wajah yang berwarna, tetapi tidak ada kemampuan untuk menutupi flek dan noda hitam pada wajah. Cara memilih foundation jenis ini, bisa dijadikan alternatif bagi Anda yang ingin menambah kesan warna cokelat di wajah.

Tips Cara Memilih Foundation

Dalam menggunakan dan memilih foundation agar tepat dan sesuai maka Anda harus bisa memperhatikan langkah-langkah ini. Berikut ini langkah memilih foundation dan menggunakannya:

  • Memilih warna yang terlalu terang akan membuat warna kulit wajah terlihat seperti topeng. Dan jika memilih warna foundation gelap dari kulit maka akan menjadikan kulit wajah terlihat kusam dan tidak fresh, maka pilihlah warna yang sesuai dengan warna kulit Anda.
  • Jika Anda memiliki kulit putih, maka sangat diasarankan untuk memilih foundation yang berwarna ivory dan pink
  • Jika Anda memiliki warna gelap atau coklat maka cara memilih foundation dengan warna beige
  • Dan jika warna kulit Anda kuning langsat atau tidak terlalu gelap dan tidak terlalu putih, Dianjurkan untuk memilih warna netral. Untuk jenis ini maka pilihlah warna foundation natural beige.
  • Untuk Anda yang beraktivitas dibawah sinar matahari maka cara memilih foundation tersebut yang memiliki kandungan sunblock dengan SPF 15 sampai 20. Untuk penggunaan malam hari maka gunakan yang memiliki spf rendah dan tanpa bahan tabir surya.

Baca juga: Cara Memilih Lipstik Yang Tepat Sesuai Dengan Warna Kulit

Demikianlah cara memilih foundation menurut jenis kulit. Dari semua jenis foundation di atas, Anda bisa memilihnya sesuai jenis kulit yang Anda miliki. Semoga bermanfaat bagi Anda semua, salam cantik dan sehat!!

Loading...

Leave a Comment