3 Cara Memutihkan Gigi dengan Baking Soda Secara Alami dan Cepat

Cara memutihkan gigi dengan baking soda secara alami dan cepat. Baking soda atau sodium bikarbonat dapat membantu menghilangkan noda pada gigi yang kuning atau kecoklatan yang disebabkan oleh rokok, kopi, teh dan jenis makanan lainnya. Penggunaan baking soda atau yang sering kita kenal soda kue mampu mengembalikan warna gigi kembali putih bersih seperti warna semula. Manfaat baking soda untuk gigi, selain sebagai pembersih gigi yang ampuh teryata bisa membunuh kuman dan bakteri penyebab bau mulut. Bahkan bisa memanfaatkan baking soda untuk karang gigi yang ampuh membersihkan timbunan plak dan karies gigi dengan cepat.

Loading...

Cara memutihkan gigi dengan baking soda terbukti ampuh karena memiliki sifat pemutih yang mampu menghilangkan noda pada gigi. Agar lebih cepat memutihkan gigi penggunaan baking soda tersebut dengan mencampurkan beberapa bahan alami seperti garam, jeruk nipis dan lainnya. Nah, untuk lebih jelasnya tentang cara memutihkan gigi dengan baking soda simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Memutihkan Gigi dengan Baking Soda Secara Cepat

cara memutihkan gigi dengan baking soda

Baking soda adalah bahan yang sering digunakan sebagai bahan pembuat kue sehingga dikenal dengan sebutan soda kue. Soda kue memutihkan gigi berfungsi sebagai scrub yang mengangkat kotoran yang ada pada lapisan luar gigi yang kuning atau coklat kehitam-hitaman. Selain itu baking soda untuk ketiak yang bisa memutihkan ketiak yang menghitam. Menggunakan soda kue sebagai pemutih gigi sangat mudah, Anda hanya perlu menyiapkan sedikit bubuk soda kue dan bahan campuran lainnya. Berikut ini cara memutihkan gigi dengan baking soda secara cepat, yaitu:

1. Mencampur Baking Soda dan Jeruk Nipis

Loading...

Cara memtihkan gigi dengan cepat bisa dilakukan dengan mudah dengan membuat campuran baking soda dengan jeruk nipis. Jeruk nipis adalah jenis buah-buahan yang memiliki kandungan asam yang membantu fungsi baking soda membersihkan gigi dari noda dengan cepat. Jika tidak ada jeruk nipis, boleh menggantinya dengan jeruk lemon. Lemon termasuk bahan pemutih gigi selain jeruk nipis yang terbukti sangat efektif. Berikut ini cara memutihkan gigi dengan baking soda dan jeruk nipis, yaitu:

  • Siapkan setengah sendok teh baking soda dan setengah sendok teh air perasan jeruk nipis
  • Aduk hingga tercampur rata.
  • Letakkan campuran tersebut pada sikat gigi yang berbulu lembut dan sikat secara pelan ke bagian gigi yang kuning
  • Diamkan selama 1 menit dan bilas atau berkumur hingga bersih
  • Ulangi penggunaannya 2 hari sekali
  • Perlu diingat jangan menggunakan campuran baking soda dan jeruk nipis berlebihan dan terlalu sering memakainya karena bisa menyebabkan kerusakan gigi karena erosi gigi penyebab gigi sensitif atau ngilu.

Baca juga: 8 Cara Memutihkan Gigi yang Kuning dengan Mudah dan Cepat Secara Alami

2. Mencampur Baking Soda dan Garam

Cara memutihkan gigi dengan garam dan baking soda merupakan bahan yang bisa digunakan untuk membersihkan gigi dari karang gigi. Bahkan dengan menyikat gigi dengan campuran tersebut terbukti ampuh sebagai cara memutihkan gigi dengan cepat. Sangat mudah membersihkan noda pada gigi yang kuning karena rokok, minum kopi dan teh, Anda hanya membuat pasta gigi dari bahan garam dan baking soda tersebut. Nah, jika Anda termasuk perokok aktif atau penyuka minum kopi atau teh hingga memiliki gigi yang kuning, putihkan dengan mudah dengan baking soda dan garam. Berikut ini cara memutihkan gigi dengan baking soda dan garam, yaitu:

  • Sediakan setengah sendok teh baking soda dan setengah sendok teh bubuk garam dapur
  • Tambahkan sedikit air kemudian aduk agar tercampur rata
  • Letakkan campuran tersebut pada pasta gigi dengan bulu yang lembut
  • Sikat gigi yang kuning dengan perlahan
  • Diamkan 1 menit kemudian berkumur
  • Lakukan memutihkan gigi dengan baking soda dan garam 2 hari sekali

Baca juga: 4 Cara Memutihkan Gigi dengan Garam Secara Tradisional dan Cepat

3. Mencampur Baking Soda dan Lemon

Lemon memang sepintas mirip dengan buah jeruk nipis. Yang membedakannya adalah warna lemon yang kuning. Lemon merupakan bahan pemutih gigi alami yang ampuh karena kandungan asamnya. Asam pada lemon akan membersihkan noda pada gigi dengan cepat. Cara memutihkan gigi dengan lemon dan baking soda akan menjadikan obat alami pemutih gigi yang ampuh. Berikut adalah cara memutihkan gigi dengan baking soda dan lemon, yaitu:

  • Siapkan setengah sendok teh baking soda dan setengah sendok teh air perasan jeruk lemon
  • Aduk hingga tercampur rata.
  • Oleskan campuran tersebut pada sikat gigi yang berbulu lembut dan sikat secara pelan ke bagian gigi yang kuning
  • Diamkan selama 1 menit dan bilas atau berkumur hingga bersih
  • Ulangi penggunaannya 2 hari sekali
  • Perlu diingat jangan menggunakan campuran baking soda dan lemon yang berlebihan dan terlalu sering memakainya karena bisa menyebabkan kerusakan gigi karena erosi gigi penyebab gigi sensitif.

Efek Samping Memutihkan Gigi dengan Baking Soda dan Cara mencegahnya

Memang terbukti cepat menghilangkan noda gigi dengan menggunakan campuran baking soda dan bahan lainnya seperti jeruk nipis, lemon dan garam. Namun penggunaan yang berlebihan dan sering bisa menyebabkan erosi pada lapisan gigi dan menyebabkan gigi menjadi sensitif. Nah, agar terhindar dari efek samping memutihkan gigi dengan baking soda tersebut, maka lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Lakukan cara memutihkan gigi dengan baking soda 2 hari sekali, Kurangi pemakaiannya menjadi seminggu sekali atau dua kali seminggu jika terasa ngilu akibat pemakaiannya.
  • Sebelum melakukan memutihkan gigi dengan baking soda sebaiknya Anda perhatikan gigi Anda termasuk gigi sensitif atau tidak. Jika gigi sensitif maka sebaiknya jangan melakukan pemutihan gigi dengan baking soda.
  • Konsultasikan terlebih dahulu ke dokter gigi untuk memastikan kesehatan gigi Anda karena penggunaan baking soda sebaiknya dilakukan pada gigi yang sehat. Hal itu karena memakai baking soda pada gigi bersifat abrasi dan disarankan tidak menggunakannya pada gigi yang rapuh atau keropos.

Demikianlah pembahasan tentang cara memutihkan gigi dengan baking soda secara alami dan cepat. Semoga informasi ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan gigi putih cemerlang. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: 3 Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Baking Soda dalam Sekejap

Loading...

Leave a Comment