cara mencegah bau mulut saat puasa

5 Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa yang Paling Jitu dan Mudah

Cara mencegah bau mulut saat puasa yang paling jitu dan mudah. Masalah yang sering dialami seseorang saat berpuasa yaitu bau mulut yang tidak sedap. Penyebab bau mulut saat berpuasa karena adanya perubahan jumlah air liur. Orang yang sedang puasa akan mempengaruhi kondisi air liurnya, yang cenderung lebih sedikit dari hari biasanya. Air liur atau saliva yang sedikit jumlahnya akan membuat mulut kering dan menjadikan bau mulut. Penyebab bau mulut saat puasa lainnya yaitu tumbuh kembangnya bakteri dan kuman pada rongga mulut yang kondisinya kering sehingga menyebabkan timbulnya bau mulut yang tak sedap.

Loading...

Ada beberapa cara mencegah bau mulut saat puasa bisa dilakukan dengan mudah, salah satunya dengan menjaga kebersihan gigi dan rongga mulut dengan menggosok gigi. Saat berpuasa sangat penting memperhatikan gosok gigi, yaitu sebelum tidur dan setelah sahur. Lakukan 2 kali secara teratur setiap malam dan pagi hari. Selain itu, ada cara alami yang ampuh menghilangkan bau mulut saat berpuasa. Nah, untuk lebih jelasnya tentang cara mengatasi bau mulut saat berpuasa tersebut silahkan baca tips dan cara mencegah bau mulut saat puasadi bawah ini.

Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa Secara Alami

cara mencegah bau mulut saat puasa

Disamping menggosok gigi dengan teratur, cara mencegah bau mulut saat puasa yang lainnya bisa dilakukan dengan cara mudah dan alami. Penasaran seperti apa caranya, berikut ini beberapa tips ampuh atasi bau mulut saat puasa, antara lain:

1. Minum Air Putih

Loading...

Sangat banyak manfaat air putih untuk orang puasa, antara lain bisa mengatasi kulit kering dan bibir pecah-pecah, dengan banyak minum air putih bisa menjadi cara mencegah bau mulut saat puasa. Perbanyak minum saat malam hari yaitu saat berbuka dan sahur. Penuhi kebutuhan air minum per hari dengan minum 8 sampai 9 gelas per malam.

2. Makan Buah

Cara mencegah bau mulut saat puasa adalah dengan banyak makan buah-buahan, khususnya buah yang banyak mengandung air seperti semangka, melon, pepaya. Buah tersebut juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa. Jika Anda tidak ingin memakannya secara langsung, Ada cara mudah yang enak yaitu dengan mmbuat es campur atau jus buah.

3. Membersihkan Lidah

Selain menggosok gigi secara teratur akan lebih baik dalam mengatasi bau mulut saat puasa yaitu dengan membersihkan lidah. Sisa-sisa makanan saat sahur yang masih menempel pada lidah bisa menyebabkan bau yang tak sedap pada siang harinya. Oleh karena itu, sebagai cara mencegah bau mulut saat puasa yaitu dengan membersihkan lidah menggunakan sikat gigi atau sikat khusus lidah setelah berbuka dan sahur.

4. Berkumur 

Cara mencegah bau mulut saat puasa lainnya yaitu dengan membiasakan berkumur setelah makan. Jadi, setelah buka dan sahur usahakan kondisi gigi dan mulut bersih dengan  berkumur menggunakan air hangat. Dengan biasa melakukannya maka bisa dipastikan mampu mengurangi bau mulut pada saat berpuasa khususnya di siang hari.

5. Pastikan Kesehatan Gigi

Cara mencegah bau mulut saat puasa yang penting dilakukan yaitu memperhatikan kesehatan gigi. Cek apakah ada lubang gigi dan karang gigi, jika ada, maka usahakan untuk memeriksakan diri ke dokter gigi. Untuk karang gigi yang membandel dan tebal bisa mengatasinya dengan menggunakan bahan alami,. Untuk bagaimana caranya, bisa simak di artikel waras sehat sebelumnya di bawah ini.

Baca juga: 4 Cara Mencegah Perut Kembung Saat Berpuasa yang Benar dan Tepat

Sebagai tambahan informasi, berikut ini ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dikurangi atau dihindari agar tidak mengalami bau mulut saat berpuasa. Apa saja makanan tersebut?. Berikut ini adalah makanan penyebab bau mulut saat berpuasa, yaitu:

  • Makanan yang mengandung protein padat, seperti protein hewani seperti daging dan ikan
  • Minuman alkohol, minuman beralkohol menjadikan mulut kering yang menjadikan awal penyebab bau mulut.
  • Semua olahan serta produk gula, seperti minuman bersoda atu makanan manis olahan pabrik yang berbahan pemanis gula. Namun tidak jika menggunakan gula aren atau gula merah.
  • Makanan dan minuman yang memiliki rasa asam. Jadi, hindari memasak makanan yang asam dan minuman yang memiliki rasa asam termasuk jus dari buah yang asam rasanya.

Demikianlah pembahasan tentang cara mencegah bau mulut saat puasa. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat bagi pembaca semua, khususnya bagi Anda yang sedang menjalankan ibadah puasa, selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Mengatasi Kulit Kering dan Bibir Pecah Pecah Saat Puasa dengan Mudah

Loading...

Author

Ketika apa yang saya tulis disini memberikan informasi yang bermanfaat, disaat itu impian saya terwujud, ketika apa yang kalian baca disini menjadi inspirasi hidup, saat itu pula harapanku jadi Nyata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *