Cara Mencegah Kanker Payudara Pada Wanita Secara Alami

Cara mencegah kanker payudara pada wanita secara alami. Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang menakutkan  selain kanker serviks dan lainnya. Kanker ini pada umunya terjadi pada wanita yang menjadi penyebab utama kematiannya. Namun demikian, Anda tak perlu khawatir karena ada banyak cara untuk mencegahnya yang bisa dilakukan sendiri. Cara Mendeteksinya Dengan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI).

Loading...

Cara mencegah kanker payudara bisa dilakukan dengan mudah, yaitu dengan menjalani pola hidup sehat, seperti berolahraga secara rutin, menghindari merokok dan alkohol dan mengkonsumsi buah-buahan segar secara rutin mampu mencegah kanker payudara. Kanker payudara adalah salah satu penyakit mematikan yang bisa menyerang para wanita. Tentunya Anda ingin terhindar dari penyakit ini, bukan?. Pada kesempatan ini waras sehat akan membagikan cara mencegah kanker payudara secara alami.

Cara Mencegah Kanker Payudara dengan Mudah dan Alami

cara mencegah kanker payudara

Perlu Anda ketahui bahwa ada kasus kanker payudara yang tidak mampu dicegah. Hal ini dilihat dari penyebabnya, jika kanker yang terjadi disebabkan oleh faktor keturunan atau genetik maka tidak akan bisa dihindari. Nah, Berikut ini cara mencegah kanker payudara secara alami, yaitu:

1. Berolahraga

Loading...

Berolahraga secara teratur merupakan cara mencegah kanker payudara yang ampuh. Untuk itu maka luangkan waktu Anda minimal 2 kali dalam seminggu untuk melakukan aktivitas olahraga. Anda bisa lakukan olahraga yang ringan seperti joging atau bersepeda dan berenang secara teratur dan rutin

Baca juga: 3 Jus Untuk Mencegah Kanker Payudara Serviks dan Resep Cara Membuatnya

2. Kurangi Lemak

Lemak Jenuh merupakan salah satu penyebab dari kanker, termasuk kanker payudara yang dialami oleh wanita. Cara mencegah kanker payudara yang tepat selanjutnya adalah dengan Mengurangi konsumsi lemak jenuh. Mengurangi makan makanan yang mengandung lemak jenuh yang berbahaya seperti pada makanan junk food dan lain sebagainya.

3. Konsumsi Buah dan Sayuran

Salah satu cara mencegah kanker payudara yang efektif yaitu dengan rajin mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran . Perbanyak makan jenis sayuran dan buah yang mengandung banyak vitamin C dan serat tinggi dan yang mengandung antioksidan seperti jeruk, anggur dan lainnya, serta perbanyak konsumsi sayuran hijau seperti kembang kol, brokoli dan lain sebagainya. Selain itu konsumsi juga jenis makanan kacang-kacangan dan makan makanan atau minuman yang berbahan dasar dari kacang kedelai, seperti tempe, tahu dan susu kedelai, dan lainnya.

Cara Mencegah Kanker Payudara Dengan Usaha Sendiri Mendeteksinya Secara Dini

Selain Anda melakukan hal tersebut diatas, Perlu juga Anda memeriksa kemungkinan adanya gejala kanker payudara. Berikut ini adalah bagaimana cara mendeteksi secara dini kemungkinan terjadinya kanker payudara. Setiap wanita diharuskan untuk bisa mendeteksi diri dari gejala-gejala kanker payudara, berikut ini adalah cara-cara mencegah kanker payudara dengan mendeteksi gejalanya, yaitu:

1. Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI). 

Cara mencegah kanker payudara yang paling efektif yaitu dengan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI). Setiap wanita sangat dianjurkan  untuk melakukan SADARI secara teratur, sebulan sekali setelah selesai haid atau menstruasi. Bagi yang telah mati haid atau menopause hendaknya dilakukan pada tanggal tertentu yang mudah diingat dari setiap bulannya. Berikut ini cara mendeteksi gejala-gejala kanker payudara pada wanita, yaitu:

  • Adanya benjolan di payudara.
  • Keluar cairan yang tidak normal dari puting susu. Cairan dapat berwarna nanah, darah, dan cairan encer, atau keluar air susu pada ibu yang tidak sedang menyusui.
  • Perubahan bentuk dan besarnya payudara.
  • Kulit, puting susu, dan areola (bagian hitam pada puting) melekuk ke dalam atau keriput.

2. Pemeriksaan Oleh Tenaga Medis

cara mencegah kanker payudara selanjutnya yaitu dengan melakukan pemeriksaan payudara oleh tenaga medis, seperti dokter atau bidan. Dengan pemeriksaan yang teliti, sering didapat dipemeriksaan, suatu benjolan di payudara merupakan tumor ganas atau jinak.

3. Menggunakan Mammogram

Cara mencegah kanker payudara secara dini perlu dilkukannya pemeriksaan payudara dari gejala kanker yaitu menggunakan alat, Alat ini bernama Mammogram. Mammogram merupakan pemeriksaan radiologi menggunakan sinar x untuk memeriksa payudara. Gambar diambil dari arah atas dan samping untuk masing-masing payudara. Adanya gambar hadil pemeriksaan dengan mammogram ini, untuk mengetahui ada tidaknya gejala kanker payudara Anda, dan sedini mungkin bisa melakukan cara mencegah kanker payudara menjadi lebih  parah.

Demikianlah ulasan tentang tips dan cara mencegah kanker payudara pada wanita  semoga bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Pengobatan Kanker Tanpa Kemoterapi Operasi atau Obat-obatan Medis

Loading...

2 thoughts on “Cara Mencegah Kanker Payudara Pada Wanita Secara Alami”

Leave a Comment