4 Cara Mencegah Penuaan Dini Pada Wajah Secara Alami

Cara mencegah penuaan dini pada wajah secara alami. Penuaan dini masih menjadi masalah yang dikhawatirkan oleh pria ataupun wanita. Usia adalah faktor utama yang mempengaruhi kulit, sebab dengan bertambahnya usia, produksi minyak kulit menjadi semakin menurun. Akibatnya kulit menjadi mengendor, tak sekenyal ketika kita berusia 20-an tahun. Ketika usia mendekati 30 tahun, seseorang akan mengalami perubahan pada kulitnya, terutama bagi orang yang kurang menjaga kesehatan kulitnya. Ciri penuaan dini bisa dilihat dari kondisi kulit seperti adanya kerutan kulit dan kulit mengendur. Penyebab penuaan dini pada wajah bisa disebabkan oleh tingkat stres, dan jarang melakukan perawatan kulit wajah. Mengatasi penuaan dini pada wajah pria dan wanita bisa dilakukan secara alami, yaitu dengan melakukan perawatan kulit wajah, dan pola hidup sehat.

Loading...

Cara mencegah penuaan dini perlu dilakukan dengan segera agar menghindari kondisi raut muka menjadi tua sebelum masanya. Banyak kasus ditemukan dalam masyarakat dimana orang sudah terlihat tua dari umur yang semestinya. Seperti usia 19 tahun, namun sudah terlihat seperti bapak-bapak yang berumur 30an tahun. Namun Anda tak perlu khawatir dan takut dengan penuaan dini tersebut. Sebelum hal itu terjadi maka ada beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk mengatasinya. Untuk lebih jelasnya tentang cara mencegah penuaan dini secara alami, sebaiknya Anda simak di bawah ini.

Cara Mencegah Penuaan Dini dengan Alami

cara mencegah penuaan dini

Di zaman modern ini, banyak sekali cara yang dapat ditempuh untuk mengendalikan atau mencegah penuaan dini. Untuk memperlambat proses penuaan diri, Anda tentu harus melakukan perawatan kulit, khususnya kulit wajah. Berikut ini beberapa tips cara mencegah penuaan dini Secara alami, yaitu:

1. Menggunakan Ramuan Obat Tradisional

Loading...

Cara mengatasi penuaan dini pada wajah pria dan wanita secara alami yaitu dengan memakai ramuan obat awet muda. Anda bisa membuat ramuan obat tersebut dengan mudah. Berikut ini cara mencegah penuaan dini dengan obat ramuan tradisional, yaitu:

  • Siapkan untuk membuat resep ramuan pencegah penuaan ini. Bahan-bahannya adalah 10 butir kemiri, 1 gelas santan kental, atau susu jenis full cream, dan 1 sendok makan parutan jahe.
  • Haluskan kemiri dengan setengah gelas santan kental(atau susu) dalam blender. Setelah halus dan lembut, campurkan sisa santan bersama parutan jahe, aduk hingga rata.
  • Oleskan campuran ke seluruh tubuh Anda. Diamkan beberapa menit, setelah terasa kering, gosok secara berlahan ke tubuh untuk mengangkat sel kulit mati. Basuhlah tubuh Anda dengan air hangat untuk mendapatkan tekstur kulit lembut dan kenyal.
  • Perlu diingat, hindari pemakaian sabun, karena sabun akan membuat kulit Anda menjadi kering.

Cara mencegah penuaan dini dengan alami menggunakan ekstrak kemiri ini bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit dan membantu menjaga kekenyalan kulit. Santan selain melembutkan, juga berguna membuat kulit tampak lebih cerah, sedang jahe bermanfaat untuk merangsang sel kulit sehingga makin terlihat segar dan cerah. Kombinasi dari semua bahan dan manfaat tersebut merupakan cara mencegah penuaan dini paling efektif dan merupakan sumber energi yang baik bagi kulit Anda.

Baca juga: 12 Cara Menghilangkan Flek Hitam pada Secara Alami Ampuh dan Cepat

2. Memakai Lulur Susu

Cara mencegah penuaan dini secara alami selanjutnya dengan perawatan kulit menggunakan lulur susu. Banyak sekali produk kecantikan yang menggunakan bahan dari susu, karena manfaat susu bagi kesehatan dan kecantikan sangat baik. Tahukah Anda bahwa susu bubuk atau susu tepung dalam kemasan bisa digunakan untuk cara mencegah penuaan dini dan perawatan kulit sehari-hari. Kandungan susu kaya zat asam beta hydroxy alami, dan karena ini susu juga digunakan untuk campuran bahan lulur. campuran ini berkhasiat tidak hanya untuk mengangkat sel kulit mati saja, namun juga dapat mencerahkan kulit hingga terlihat halus, lembut dan tidak bersisik.

Cara mencegah penuaan dini dengan lulur susu sangat ampuh dan efektif karena susu mengandung protein. Protein dalam susu juga bermanfaat sebagai penyuplai nutrisi yang berguna melembabkan sekaligus melapisi kulit agar halus dan kenyal. Berikut ini cara mengatasi penuaan dini pada wajah pria dan wanita dengan lulur susu, yaitu:

  • Ambil bubuk lulur secukupnya, larutkan dengan sedikit air (bisa menggunakan lulur instan atau lulur cair dalam kemasan). Tambahkan sedikit perasan jeruk nipis atau lemon. Larutkan hingga tercampur dengan rata. Masukkan 2 sendok makan susu bubuk ke dalam larutan lalu aduk hingga mengental.
  • Oleskan secara merata ke seluruh permukaan kulit termasuk wajah anda. Berilah perhatian pada bagian daerah persendian, siku, atau lipatan kulit yang umumnya diabaikan. Tunggu beberapa saat, dan biarkan setengah kering. Gosok berlahan, sesekali lakukan pijatan ringan dengan gerakan memutar. Pastikan sisa lulur dan kotoran yang menempel pada kulit mengelupas.
  • Bersihkan seluruh bagian tubuh dengan menggunakan air hangat, dan akhiri dengan pemakaian pelembab ke seluruh kulit tubuh Anda. Itulah cara mencegah penuaan dini dengan lulur susu

3. Mandi Garam

Cara mencegah penuaan dini secara alami berikutnya yaitu dengan menggunakan garam. Mineral pada garam bisa membuat air mandi terasa lembut, selain bermanfaat membuat kulit menjadi bersih dan halus, berendam di air garam bisa membantu Anda untuk melepaskan racun dalam tubuh. Hal ini berguna untuk mandi dan detox. Jenis garam yang digunakan seperti garam inggris, garam laut, atau garam dari laut mati. Berikut ini cara mengatasi penuaan dini secara alami dengan mandi garam adalah sebagai berikut:

  • Campurkan dua gelas garam laut, dengan dua gelas baking soda ke dalam wadah mangkuk besar. aduk hingga tercampur rata. Tuangkan setengah atau lebih campuran tadi ke dalam bak mandi atau bathtub dengan air hangat. Tambahkan dua sendok makan glycerol atau minyak essensial lainnya yang Anda sukai untuk menjaga kulit dari kekeringan.
  • Gunakan untuk berendam atau guyurkan keseluruh tubuh hingga dingin. Mandi dengan cara ini akan membuat kulit anda terasa sejuk. Perlu diingat, bagi penderita tekanan darah tinggi (hipertensi), masalah jantung, atau pun diabetes mellitus, sebaiknya jangan melakukan mandi garam ini.

Cara mencegah penuaan dini dengan mandi garam ini patut Anda coba dan Anda akan miliki khasiat kulit sehat, dan awet muda. Penuaan identik dengan kulit kendur dan keriput. Untuk mengurangi keriput atau pun kerutan pada wajah Anda bisa coba ramuan yang satu ini. Tentu saja dengan ramuan alami yang bermanfaat untuk memperlambat penuaan dan membuat kulit wajah menjadi kencang.

4. Bedak Anti Penuaan Dini

Cara mengatasi penuaan dini pada wajah secara alami sangat mudah. Anda cukup membuat bedak alami dari bahan herbal dan kemudian memakainya. Cara mencegah penuaan dini dengan ramuan penghilang kerutan diwajah yaitu:

  • Sediakan 1 gelas tepung kacang hijau, 1 gelas tepung beras, dan 1 butir telur ayam kampung.
  • Aduk semua bahan tersebut hingga tercampur rata menjadi satu, lalu jemur.
  • Setelah itu, ditumbuk halus dan diayak.
  • Gunakan sebagai bedak pada malam hari sebelum Anda tidur.

Demikianlah beberapa tips cara mencegah penuaan dini secara alami. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi pembaca semua, selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: 5 Cara Facial Yang Benar di Rumah dengan Mudah Tanpa Harus ke Salon

Loading...

Leave a Comment