cara mencegah perut kembung saat berpuasa

4 Cara Mencegah Perut Kembung Saat Berpuasa yang Benar dan Tepat

Cara mencegah perut kembung saat berpuasa yang benar dan tepat. Mengalami perut kembung memang sangat membuat tidak nyaman saat puasa. Perut terasa kencang, penuh dan berasa banyak gas dalamnya. Penyebab kondisi perut kembung saat puasa sering dikarenakan mengkonsumsi makanan yang salah saat buka dan sahur, misalnya makan makanan berminyak, masih panas dan minum minuman dingin yang terlalu manis. jenis makanan dan minuman tersebut akan menjadikan perut terasa banyak gas seperti maag atau gangguan asam lambung. Apakah Anda juga sering mengalami kondisi tersebut?. Dalam kesempatan ini akan memberikan cara untuk mengatasi perut kembung saat puasa.

Loading...

Ada beberapa cara mencegah perut kembung saat berpuasa dengan mudah yang bisa dilakukan. Diantaranya dengan lebih berhati hati saat buka, Minumlah  teh atau air putih hangat dan makanan ringan, dan mulai makan yang berat setelah sholat tarawih. Memang minuman dan makanan menjadi penyebab perut kembung saat puasa yang paling umum. Ada beberapa jenis minuman dan makanan yang menjadi pemicu perut kembung tersebut, antara lain produk susu, gorengan, kacang-kacangan, buah tinggi fruktosa, dan sayur kol. Lantas bagaimana cara ampuh untuk mengatasinya?. Silahkan simak ulasan lengkap tentang cara mencegah perut kembung saat berpuasa yang paling jitu dan mudah dibawah ini.

Cara Mencegah Perut Kembung Saat Berpuasa

cara mencegah perut kembung saat berpuasa

Memang banyak penyebab perut kembung saat puasa. Selain salah mengkonsumsi makanan, faktor stres juga merupakan penyebab kembung tersebut. Stres yang tinggi atau sedang mengalami tekanan pikiran akan mempengaruhi kinerja lambung menjadi buruk dan membuat perut menjadi kembung dan bergas. Ada juga jenis minuman yang bisa membuat perut kembung saat puasa yaitu berbuka dan sahur dengan minum susu. Susu bisa mempengaruhi asam lambung naik, khususnya untuk orang yang memiliki gangguan asam lambung. Nah, jika mengalaminya maka tak perlu khawatir. Berikut ini adalah cara mencegah perut kembung saat berpuasa, yaitu:

1. Minum Air hangat dan Manis

Loading...

Saat berbuka dan sahur sangat dianjurkan dengan mengawali minum air hangat. Anda bisa minum teh manis hangat atau air putih yang hangat. Air hangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya asam lambung naik dan menetralisir asamnya yang berlebihan di lambung dengan cepat dan alami. Oleh karena itu minum air hangat sangat penting sebagai upaya atau cara mencegah perut kembung saat berpuasa.

2. Hindari Minuman Bersoda

Minuman bersoda memang menggoda untuk meminumnya saat buka puasa. Tampilannya yang segar memikat banyak orang untuk meneguknya saat maghrib atau buka. Namun tahukah Anda jika minuman bersoda termasuk jenis minuman penyebab perut kembung. Hal itu karena soda mampu membuat gas di dalam perut yang terlihat dengan bersendawa setelah meminumnya. Nah, cara mencegah perut kembung saat berpuasa yang efektif yaitu menjauhi minuman bersoda saat buka apalagi waktu sahur.

Baca juga: 5 Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa di Bulan Ramadhan

3. Makan Sedikit dan Sering

Ternyata makan banyak dalam satu waktu saat berbuka puasa atau sahur bisa membuat perut kembung selama berpuasa. Oleh karena itu, cara mencegah perut kembung saat berpuasa yang benar yaitu dengan makan sedikit-sedikit tapi sering saat buka dan setelahnya hingga sahur. Perhatikan juga saat makan sahur, jangan makan terlalu banyak dan hindari minuman penyebab kembung seperti minuman bersoda.

4. Jangan Langsung Tidur Setelah Sahur

Cara mencegah perut kembung saat berpuasa yang benar yaitu dengan menghindari langsung tidur setelah sahur. Nabi muhammad memerintahkan untuk bersahur diakhirkan atau mendekati imsak atau subuh. Hal itu merupakan anjuran agar setelah sahur dilanjutkan dengan melakukan sholat subuh. Ternyata terbukti salah satu yang bisa membuat perut kembung saat puasa yaitu tidur setelah sahur. Selain menjadi penyebab perut kembung saat puasa, Langsung tidur setelah sahur menyebabkan perut menjadi buncit.

Demikianlah ulasan tentang cara mencegah perut kembung saat berpuasa secara benar. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat bagi pembaca semua, khususnya yang sedang menjalankan ibadah puasa. Salam sehat!!

Baca juga: Cara Mengatasi Kulit Kering dan Bibir Pecah Pecah Saat Puasa dengan Mudah

Loading...

Author

Ketika apa yang saya tulis disini memberikan informasi yang bermanfaat, disaat itu impian saya terwujud, ketika apa yang kalian baca disini menjadi inspirasi hidup, saat itu pula harapanku jadi Nyata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *