Cara Mencuci Rambut Yang Benar Agar Rambut Sehat Menawan

Cara Mencuci Rambut Yang Benar Agar Rambut Sehat Menawan.  Rambut merupakan bagian wanita yang penting untuk diperhatikan selain wajah. Rambut memerlukan perawatan agar terlihat sehat dan indah, hitam berkilau. Rambut adalah mahkota bagi wanita. Pepatah itu bukan tanpa arti, oleh karena itu penting bagi Anda melakukan perawatan rambut. Untuk mendapatkan rambut sehat dan menawan, tentu Anda harus merawatnya, dan perawatan rambut tidak harus ke salon karena Anda bisa melakukannya sendiri di rumah.

Loading...

Cara mencuci rambut yang baik dan benar tentu ada aturan yang harus dilakukan, seperti mencuci rambut sebaiknya berapa kali sehari, penggunaan shampo dan cara melakukannya. Banyak manfaat dari mencuci rambut ini, diantaranya membuat rambut bersih dari kutu dan telurnya, dan bebas dari rambut dan kulit kepala yang kotor. Nah, untuk lebih jelasnya bagaimana cara mencuci rambut yang benar ?, simak beberapa tips di bawah ini.

Cara Mencuci Rambut Yang Baik dan Benar

Rambut anda harus dicuci secara teratur, berikut ini cara cerdas dan benar mencuci rambut:

1. Pilih dan setia pada sampo yang tepat

Kunci utama menjaga kesehatan rambut Anda adalah memilih sampo yang tepat, dan kemudian tidak melakukan gonta-ganti sampo lagi. Sampo yang tepat adalah sampo yang diformulasikan sesuai jenis rambut dan kulit kepala Anda. Misalnya, Jika rambut Anda cenderung kering, gunakan sampo untuk dry hair atau sampo dengan kandungan Extra conditioner sebagai cara mencuci rambut yang tepat. Jika rambut Anda berminyak, gunakan sampo yang oily hair dan hindari sampo dengan conditioner. Setelah menemukan sampo yang tepat dan enak dirasakan di kepala Anda, Usahakan Anda jangan gonta-ganti lagi, Sebab setiap kali ganti sampo, kulit kepala Anda harus menyesuaikan lagi.

Loading...

cara mencuci rambut

2. Teratur mencuci rambut

Cara mencuci rambut yang benar adalah dengan teratur. Terlambat mencuci rambut berarti Anda membiarkan penumpukan kotoran pada kulit kepala Anda. Ini akan mengakibatkan folikel rambut mengalami iritasi, dan akhirnya membuat rambut Anda tidak sehat. Namun, terlalu sering mencuci rambut bukanlah cara mencuci rambut yang benar. Hal ini akan membuat minyak alami yang dihasilkan dari folikel rambut tercuci bersih, sehingga rambut akan lebih mudah rusak.

Baca juga: 15 Cara Menghitamkan Rambut agar Berkilau Secara Alami dan Permanen

Buatlah jadwal mencuci rambut. Misalnya, jika Anda berkendaraan dengan mobil ber-AC ke tempat kerja, dan bekerja dalam ruangan ber-AC, maka cara mencuci rambut 3 hari sekali sudah cukup. Sebaliknya, Jika Anda sering bepergian, selalu berkeringat, misalnya, menggunakan sepeda motor atau bus, atau Anda seorang atlet yang berlatih setiap hari, maka maka mencuci rambut setiap sore mungkin diperlukan. Hindari mencuci rambut pada pagi hari (setelah bangun tidur) cara mencuci rambut ini jangan dilakukan, karena tidak begitu diperlukan, dan malah dapat mengakibatkan rambut kurang sehat.

Tips Mudah Cara Mencuci Rambut yang Baik dan Benar

Banyak orang kurang mengerti, cara mencuci rambut yang benar. Berikut langkah-langkah mencuci rambut yang mudah diikuti:

Cara Membersihan Rambut yang Benar

  • gunakan sampo sedikit saja, mungkin hanya setengah sendok teh saja.
  • Cucilah rambut Anda dengan rata, jangan ragu untuk “mengaduk” rambut Anda.
  • Tidak perlu khawatir dengan busanya yang sedikit.
  • Bilaslah hingga bersih.
  • Langkah pertama bertujuan untuk membuang kotoran-kotoran berat dari rambut, sehingga pada langkah berikutnya, nutrisi dari sampo lebih efektif bekerja.

Cara Mencuci Rambut yang Benar

  • Gunakan sampo lebih banyak, misalnya 1 sendok teh.
  • Sekali lagi, cucilah rambut Anda secara merata.
  • Usahakan agar kulit kepala Anda terkena sampo juga.
  • Setelah didapat busa yang banyak, diamkan selama 2 sampai 3 menit. Ini bertujuan agar nutrisi sampo dapat meresap masuk ke kulit kepala dan melapisi helai-helai rambut dengan baik
  • Bilaslah sebersih-bersihnya.

Cara Pembilasan Rambut Yang Benar

Pembilasan yang bersih di akhir langkah pertama dan kedua adalah sangat penting. Sebab jika pembilasan tidak sempurna, maka busa sampo yang tertinggal malah akan menimbulkan iritasi kulit kepala, sehingga menimbulkan ketombe sebagai sarana alami kulit kepala melindungi diri dari iritasi.

Pertama kali melakukan cara mencuci rambut dengan pembilasan yang bersih dan benar ini, mungkin kulit kepala Anda akan terasa agak panas. Rasa tersebut timbul karena sampo sedang bekerja dengan lebih efektif.

Cara Mengeringkan Rambut Yang Benar

Selain pembilasan yang benar, usaha yang harus Anda lakukan dalam cara mencuci rambut yang benar adalah mengeringkan rambut Anda. Tentunya dengan cara yang benar pula. Bagaimana cara mengeringkan rambut dengan benar?.

  • Jangan mengeringkan rambut yang sangat basah dengan hair dryer, sebaiknya gunakanlah handuk bersih terlebih dahulu. Biarkan sebagian besar air diserap oleh handuk dulu. Gunakanlah hair dryer hanya untuk menghilangkan kelembapan rambut. Ini pun harus Anda set pada mode panas yang rendah untuk mencegah terjadinya rambut yang pecah-pecah. Mengeringkan rambut basah langsung dengan hair dryer berpotensi meninggalkan molekul-molekul sampo pada kulit kepala dan rambut, dan ini bisa menyebabkan iritasi yang kemudian menjadikannya ketombe.
  •  Hindari menggunakan gel atau minyak rambut pada rambut berminyak Anda. Menambahkan gel atau minyak rambut pada jenis rambut yang berminyak akan menyebabkan folikel rambut menjadi tersumbat. Ini juga mengakibatkan iritasi, dan akhirnya menyebabkan ketombe.

Demikianlah bahasan cara mencuci rambut yang benar untuk mendapatkan rambut sehat menawan. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Tips Merawat Rambut Secara Alami Aman Dan Tebukti Ampuh

Loading...

1 thought on “Cara Mencuci Rambut Yang Benar Agar Rambut Sehat Menawan”

  1. Informasi yang bagus ..
    dengan membaca artikel ini saya semakin tahu bagaimana cara mencuci rambut dengan benar ..
    dan tips bisa untuk mencegah masalah2 pada rambut .. Nice !!

    Reply

Leave a comment